Thursday 9 January 2014

CRM memiliki peranan penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan. Terlebih bagi sebuah perusahaan baru. CRM sendiri merupakan sebuah model untuk mengelola interaksi perusahaan dengan pelanggan saat ini dan di masa depan. Kegiatan ini melibatkan penggunaan teknologi untuk mengatur dan mensinkronisasi penjualan, pemasaran, layanan terhadap pelanggan dan juga dukungan secara teknis. CRM dilakukan agar hubungan perusahaan dengan pelanggan bisa berjalan dengan baik. Berikut ini adalah 3 cara untuk meningkatkan Customer Relationship Management :

1. Percakapan secara langsung

Di jaman yang sudah berkembang seperti sekarang ini, banyak orang yang akan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer atau gadget mereka lainnya. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap jalinan hubungan antara Anda dengan pelanggan. Ketika Anda mampu berkomunikasi dengan baik melalui media, itu bukan berarti Anda mampu melakukan sebuah pendekatan secara nyata. Menurut Brett Hagler, salah seorang pendiri Hucksley, "pendekatan secara langsung akan membawa jumlah tertinggi sebuah kepercayaan konsumen terhadap kita".

2. Gunakan feedback untuk menumbuhkan kepercayaan

Menumbuhkan sebuah kepercayaan kepada pelanggan terhadap kita, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan feedback yang diberikan. Kritik dan saran dari pelanggan Anda adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. Ketika Anda mampu menjadi pendengar yang baik bagi setiap kritik dan saran pelanggan Anda, itu juga akan menumbuhkan rasa percaya dari pelanggan terhadap Anda dan perusahaan. Terlebih ketika Anda mampu mewujudkan saran yang diberikan.

3. Jujurlah

Kejujuran adalah kunci nomor satu dalam kesuksesan sebuah komunikasi. Karena sekali Anda berkata yang tidak sebenarnya, maka disitulah pelanggan tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap Anda. Jangan memberikan berbagai macam janji terhadap pelanggan, yang sekiranya itu tidak mungkin terjadi. "Secara keseluruhan, kami percaya bahwa kunci untuk mengelola hubungan pelanggan adalah dengan jujur terhadap pelanggan tentang apa yang diharapkan dari produk Anda" kata Grossberg.

  Sumber : mashable.com  


Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 3 Tips Meningkatkan CRM (Customer Relationship Management) Perusahaan Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment