Saturday 4 January 2014

Menjual sebuah korek api secara online mungkin terdengar cukup mengherankan. Karena biasanya korek api dijual di toko – toko kecil atau minimarket. Namun Mohammad Hasan Yusuf memiliki pasar yang berbeda. Beliau mencoba untuk mengikuti arus perkembangan teknologi yaitu melalui media online. Dan mulai terciptanya dzippo.com. Berikut ini adalah hasil wawancara dengan Mohammas Hasan Yusuf.

Halo Mas Yus, bisa diceritakan awal muda anda memulai usaha ini?

Latar belakang jiwa dagang saya mulai menekuni dunia online ini sejak 2006, tepatnya setelah saya lulus kuliah dan saya tetap ingin berkecimpung di dunia dagang. Saya ingin merubah mindset orang – orang terdekat dan disekitar saya bahwa bisnis online ini tidak memandang waktu, cuaca, dan kondisi tertentu, selama kita ready bisnis ini akan tetap berkembang. Jadi saya mengkombinasikan product – product di toko offline linajaya2 dan saya online kan khusus untuk product zippo Original U.S.A tersebut. Awalnya saya hanya import 3-4pcs zippo dan saya pasarkan disekitar saya termasuk teman – teman dekat. Setelah akhirnya saya online kini saya bias menjual rata – rata 300 – 400 pcs setiap bulannya , dan saya yakin kedepannya akan lebih cerah

Bagaimana dengan latar belakang pendidikan anda?

Saya Lulusan Teknik Otomotif (UNY) Yogyakarta. Sebenarnya latar belakang pendidikan saya memang tidak berhubungan dengan profesi saya saat ini, namun mungkin karena basic yang saya miliki yaitu keturunan pedagang. Jadi kini saya menjadi seorang pedagang.

Selama Mas Yus menjalani bisnis ini, pengorbanan terbesar apa yang sudah dilakukan untuk menjadi seorang Enterpreneur?

Pengorbanan terbesar saya untuk menekuni bisnis online ini yaitu saya harus rela meninggalkan toko linajaya1 milik orang tua saya yang sekarang dikelola adik saya, dan saya juga harus merelakan toko linajaya2 untuk dikelola istri saya, sekarang saya bisa fokus ke online product – product dari zippo lighter tersebut.

Mengenai Dzippo sendiri. Bisa dijelaskan produk apa saja yang ditawarkan? Dan Ide Pendiriannya dari mana?

Awalnya saya hanya pemakai zippo lighter dan memang perokok berat. Ketika itu sudah tidak terhitung lagi berapa kali korek api gas (seharga 1000 – 2000 rupiah) saya meledak di mobil di saku di lemari dan lain sebagainya. Semua sudah pernah saya alamai dan entah berapa kali itu terjadi, namun puncak kejengkelan saya dengan korek api gas biasa yaitu ketika suatu ketika saya menyalakan korek tersebut dan mau menyalakan rokok tiba – tiba korek tersebut langsung meledak sekali pencet dan langsung mengenai muka, jenggot, kumis mata dan rambut saya. Sejak saat itu saya langsung berangkat beli korek zippo ini di kota Kediri dan pada waktu itu mahalpun tetap saya beli.

Setelah beli 1pcs dikediri saya kurang puas saya beli lg via online di Bali dan Jakarta, hasilnya sama masih kemahalan, akhirnya saya nekat search di Google dan beli langsung dari USA. Walaupun saat itu saya minta dibelikan sodara yg punya paypall. Akhirnya  teman – teman saya merasa iri, karena saya memakai product zippo ini dan berkelanjutan sampai sekarang saya akhirnya jadi mengimport product – product zippo untuk saya pasarkan di seluruh Indonesia.

Sejak kapan Anda memulai menjalankan bisnis ini?

Pertengahan 2011 saya memulai mendirikan took online dzippo.com tersebut.

Bisnis Anda memang terbilang cukup unik, namun pastinya ada memiliki pesaing di pasaran. Lalu sentuhan apa yang membuat bisnis anda beda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Product Zippo Lighter ini sudah melegenda sejak lama, seiring dengan berkembangnya zaman komunitas penggemar zippo smakin hari juga smakin bertambah. Dalam hal ini model dan finishing zippo tentunya bermacam – macam ada ribuan bahkan jutaan model zippo original ini. Saya memberikan service khusus/special pemesanan product – product zippo yang tidak ada dalam catalog zippo resmi yaitu zippo – zippo collectible yang memang sangat mantap untuk dikoleksi dengan harga terjangkau. Perburuan untuk mendapatkan product zippo ini yang menjadikan seni & kepuasan tersendiri bagi sang pemilik zippo tersebut.

Selama kurang lebih 2 tahun, prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis ini? Lalu Pengalaman apa yang paling berkesan selama menekuni Dzippo.com ini?

Puncaknya saya menekuni bisnis ini yaitu bulan maret 2013 kemarin setelah sebelumnya saya hanya berjualan saja tanpa menghitung – hitung laba, pada bulan tersebut saya benar – benar menghitung laba bersih dari penjualan saya tersebut, ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Saya sendiri heran, laba saya bisa 2-3kali lipat gaji DPRD Kab. Kediri. Dalam hal ini teman saya ada yang menjabat jadi DPRD setempat Alhamdulillah saya sangat – sangat bersyukur dan tentunya akan smakin saya kembangkan dikemudian hari.

Untuk Mas Yus sendiri, bagaimana anda menilai ruang lingkup market sekarang? Dan bagaimana bisnis anda mengubahnya?

Ruang lingkup market zippo sanga – sangat potensial karena 80% lelaki adalah perokok aktif,  dan jumlah tersebut akan sangat – sangat banyak jika dilihat dari luasnya wilayah Indonesia. Tantangan terbesar bisnis saya ini adalah Pabean atau bea masuk dalam negeri, dalam hal ini saya harus benar – benar extra bisa menjalin kerjasama dengan pihak berwenang di daerah saya (Kediri).

Untuk kedepannya, ada rencana apa yang dimiliki Dzippo.com?

Rencana kedepannya dzippo.com akan mendirikan toto – toko offline di daerah – daerah lain didalam dan luar pulau jawa.

Jika berbicara tentang tokoh yang menjadi motivasi Anda siapakah dia? Atau Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Orang tua adalah tokoh inspirasi utama perjalanan saya. Do'a orang tua akan sangat – sangat berarti dan membantu dalam kelanaran bisnis saya tersebut.

Yang terakhir, saran terbaik apa yang dapat anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Setiap pekerjaan pasti ada tantangan, rintangan, dan haluan, itu wajib dan harus di lalui jadi menurut saya tekunilah usaha anda walau itu merupakan hal yang sepele. Lama – lama anda akan menjadi ahlinya dalam bidang tersebut.

Wah, sangat menarik sekali cerita dari Mas Yus ini. Terima kasih telah bersedia berbagi cerita bersama kami. Semoga dzippo.com selalu sukses :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Founder Dzippo.com, Mochammad Hasan Yusuf dari Teknik Otomotif Menjadi Pesaing Anggota Dewan



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment