Friday 3 January 2014

Dewihijab.com merupakan salah satu toko online yang bergerak di bidang fashion, terutama fashion bagi muslimah. Maulidiyyatul Laili (20) adalah salah satu owner dari dewihijab.com. Bersama rekannya yang masih sama – sama belia, mereka berdua berani memasuki dunia wirausaha. Beberapa waktu yang lalu, Maulidiyyatul Laili dengan senang hati membagi kisahnya bersama Dewihijab.com.

Halo mbak Lidiya, Bisa diceritakan awal mula Anda masuk ke dalam dunia enterpreneur?

Saat bulan puasa tahun lalu, banyak EO yang mengadakan lomba hijab fotografi dan saya mencoba mengikuti beberapa dari event itu. Dari situ saya melihat bahwa perkembangan busana muslim untuk wanita semakin meningkat dengan banyaknya komunitas hijabers saat ini.
Niat berjualan hijab di benak saya saat itu sangat besar, tapi seperti biasa, modal menjadi kendala. Dengan modal sebuah Fanpage di Facebook dan uang 100ribu (waktu itu 1/6 dari uang jajan saya selama satu bulan), saya dan rekan saya sudah bisa membuka online shop. Bermula dari situ kami coba kembangkan ke banyak media lain seperti website, blog, twitter dan media social lain.

Untuk mbak Lidiya sendiri, Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya masih kuliah S1 Jurusan Teknik Kimia di ITS (Institur Teknologi Sepuluh November).

Bisa diceritakan, Apa Pengorbanan terbesar Anda untuk menjadi seorang enterpreneur seperti sekarang ini?

Pada saat awal mulai bisnis, saya dan rekan saya harus berusaha untuk focus pada bisnis, dimana saat itu saya masih kuliah semester 3 dan rekan saya masih harus bekerja dan kuliah semester awal. Saat itu saya masih ingat, saat jadwal kuliah padat di pagi hari sampai sore, saya harus melayani puluhan customer pada saat itu juga. Jadi saat dosen menerangkan, saya ribet dengan HaPe dan buku data penjualan saya. Sebenarnya saya tahu resiko yang saya tanggung yaitu nilai atau IP yang nanti pasti akan turun, karena dari pihak keluarga menginginkan saya focus untuk kuliah, dan bisnis hanya untuk sampingan. Dan diujung semester memang benar, IP saya turun drastis, meskipun omset sedikit naik.
Selain itu juga setiap hari setelah pulang kuliah saya dan rekan saya harus bergantian mengambil barang pesanan customer di supplier saya di Surabaya. Saat itu saya masih ingat, dengan untung yang masih minim per produk sekitar 10.000 rupiah saja, saya harus bolak balik dari kampus -> kos -> ke supplier, tentu biaya yang saya keluarkan lebih dari itu. Saat itu saya juga masih mengandalkan uang Beasiswa Bidik Misi yang turun setiap 3 bulan sekali. Tapi Alhamdulillah sekarang semua bisa jadi cerita unik di kehidupan saya.

Untuk ide awal sendiri, Mbak Lidiya mendapatkan ide dari mana?

Ide awalnya yaitu dikarenakan seorang wanita pasti tidak jauh jauh dari dunia fashion, dari hobby yang suka jalan2 ke mall meskipun itu nggak shopping, tapi paling suka update model busana2 terbaru. Nah dari hobby itulah jadi bisnis ini, selain itu, melihat dari trend busana muslim ke depan yg akan semakin berkembang pesat ini menjadi peluang yang sangat bagus.

Sejak kapan dan Bagaimana Dewihijab.com memulai bisnisnya hingga sampai seperti sekarang ini?

Dewihijab.com sendiri sudah berdiri sekitar 1 tahun lebih, tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2012. Awal memulai, saya dan rekan saya mengunjungi semua mall yang ada di Surabaya, kami coba cari toko yang bersedia produknya kami jualkan, dengan catatan ada diskon untuk kami. Karena tidak dapat hasil apapun saya coba searching di internet, kami menemukan supplier di daerah bandung dengan modal awal 100.000 kami akan mendapatkan harga reseller. Tidak hanya berhenti disitu saja, kami terus mencari supplier2 lain agar produk yang kami jual banyak. Dan kami bisa mendapatkan 3 supplier. Dirasa lama-lama semakin rumit sistem reseller ini, kami inisiatif paling tidak menjadi agen dari brand busana muslim dan hijab, dan alhamdulillah sekarang sudah bisa menjadi agen dan distributor dari berbagai brand busana muslim dan hijab. Produk yang kami tawarkan adalah produk2 dengan brand ternama, kualitas bagus, dan harga terjangkau (sesuai dengan kualitas). Dan InsyaAllah tahun depan kami sudah ada Brand sendiri.

Bisa diceritakan sedikit mengenai bisnis anda? Apa saja yang anda tawarkan?

Bisnis yang bergerak di bidang fashion muslimah ini menawarkan jenis produk yaitu busana muslim, hijab dan perlengkapan lainnya.

Bisnis di dunia fashion tentu saja memiliki banyak saingan, lalu sentuhan apa saja yang membuat bisnis anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Apapun bisnisnya InsyaAllah tidak akan jauh dari pentingnya kepuasan Customer. Kami mencoba memberikan rasa aman kepada customer yang ingin berbelanja di toko online kami. Jaminan uang kembali, pengiriman tepat waktu, kualitas produk dan yang paling penting kualitas pelayanan.

Pengalaman pernah mengikuti suatu event merupakan salah satu prestasi, lalu apa prestasi terbaik yang pernah diraih bisnis anda?

Alhamdulillah saat ini kami sudah ada Kantor untuk menampung 3 tim kami yang sudah berhasil memasarkan produk busana muslim karya khas Indonesia ke berbagai Negara. Terhitung sampai bulan ini kami sudah berhasil mengirim puluhan paket busana muslim ke Singapore, Malaysia, Taiwan, Jepang, Hongkong dan Negara lainnya. Ini pula yang memaksa tim kami untuk memperbaiki system pembayaran dan pengiriman untuk Customer dari mancanegara.

Diusia anda yang masih sangat muda, pengalaman paling berkesan apa yang anda alami selama menjalankan bisnis ini?

Yang paling menarik dari bisnis menurut saya adalah bisa menambah relasi baru. Alhamdulillah saat ini sudah banyak distributor-distributor produk ternama yang saya kenal, ini juga sangat membantu bagi bisnis saya karena Alhamdulillah sudah banyak pemilik brand-brand lain yang menawarkan produknya untuk dipasarkan di Dewihijab.com.

Bagaimana anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis anda mengubahnya ?

Saya yakin semua pemilik toko busana muslim baik online maupun offline mengetahu betapa ketatnya persaingan produk busana muslim. Berkaca dari saat ini tim kami sudah mencoba untuk meningkatkan kualitas produk ke kelas produk hasil karya Designer ternama yang saat ini belum terlalu banyak pesaingnya. Sehingga kami tidak perlu menjaga persaingan dengan cara menurunkan harga atau kualitas barang.

Saat menjalani usaha ini tantangan dan kendala apa saja yang pernah anda hadapi dan bagaimana anda mengatasinya?

Sebagai mahasiswa yang sedang belajar berbisnis, modal sudah merupakan tantangan yang lumrah dihadapi. Dengan tantangan ini, saya dipaksa belajar untuk mengatur perputaran cashflow yang terbatas dan Alhamdulillah sampai sekarang Dewihijab.com tetap tumbuh menjadi toko online busana muslim dengan produk terlengkap di Surabaya.

Bisa diceritakan apa rencana ke depan Dewihijab.com untuk mengembangkan bisnisnya?

InsyaAllah tahun depan kami berencana membangun sebuah butik offline dan juga InsyaAllah kami akan membuat produk busana muslim dan hijab dengan brand kami sendiri. Untuk memperlebar jangkauan pasar, kami juga akan lebih sering mengikuti Bazar busana muslim.

Untuk Mbak Lidya pribadi, siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda dalam berbisnis? Atau apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

"Jangan tunda satu hari pun dan jangan pertanyakan satu hal pun". Quote ini saya dapatkan saat mengikuti seminar dari Ippho Santosa beberapa bulan lalu di Malang. Makna sebenarnya dari quote adalah larangan untuk menunda melakukan ide yang kita miliki untuk melakukan bisnis. Lakukan apapun hal terkecil yang bisa kita lakukan saat ini.

Untuk yang terakhir, Saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur ?

Saya rasa di luar sana banyak teman-teman calon pengusaha lain yang memiliki ide jauh lebih baik. Tapi mungkin masih terlalu banyak hal yang dipertimbangkan. Memang untuk bisnis diperlukan pertimbangan matang, tapi yang sebenarnya yang lebih penting adalah action. Dengan action kita jadi tahu langkah apa yang bisa kita lakukan selanjutnya.

Terimakasih Mbak Lidiya sudah mau berbagi cerita dan pengalamannya kepada kami. Sungguh salut terhadap Mbak Lidiya yang di usia muda ini sudah bisa berprestasi melalui usaha yang dijalani. Semoga Dewihijab.com terus dan selalu sukses :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Kisah Mahasiswa Muda Berprestasi dari Maulidiyyatul Laili, Owner Dewihijab.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment