Monday 19 May 2014

Unik dan inovatif adalah kunci kesuksesan dari penjualan setiap produk yang ditawarkan oleh Saryulis Herwan atau Ewis(24). Pria lulusan Sarjana Teknik ini selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya. Ini yang membuat banyak pelanggan datang karena mendapat cerita baik dari mereka yang sudah pernah membeli produk dari toko online Flashdiskkarakter.com ini. Ada banyak cerita inspiratif dan strategi terbaik yang dikerahkan oleh Saryulis Herwan ini. Dan Mebiso berkesempatan untuk mewawancarai beliau beberapa waktu yang lalu. Dan berikut inilah uraiannya:

Selamat sore Bapak Ewis, bisa diceritakan dulu nih Pak apa sebenarnya Flashdickkaraker itu sendiri?

FlashdiskKarakter.com adalah Toko Online yang menjual Flashdisk Karakter Unik Kartun, seperti superhero, makanan, musik, jersey bola, perhiasan, dan lain sebgaianya, dengan ratusan model, bentuk dan desain unik, lucu dan keren.

Ide awal bisnis saya ini muncul dari kebosanan saya menggunakan flashdisk yang bentuknya biasa-biasa saja dan seperti itu-itu saja. Saat itu saya sangat ingin memiliki flashdisk karakter jersey bola klub kesayangan saya, dan tiba-tiba ide untuk menjual flashdisk karakter ini muncul karena saya berfikir pasti banyak pengguna flashdisk lainnya yang juga sudah bosan dengan bentuk flashdisk seperti itu-itu saja.

Dan sampai saat ini produk yg paling populer dan paling diminati oleh pelanggan yaitu produk flashdisk karakter kartun seperti minion, doraemon, domo, line, dan masih banyak lagi. Ada juga produk flashdisk jewelry dimana rata-rata pembelinya adalah wanita.

Wah sangat unik ya Pak Flashdisk yang bapak jual ini. Lalu bagaimana cara Bapak dalam memasarkan produk Bapak ini?

Saat pertama menjual flashdisk karakter ini saya hanya memasarkannya dari BBM dan Mouth-to-mouth saja. Saat itu respon dari teman sangat bagus dan pesanan pertama datang dari teman-teman yang kemudian merambah ke teman-temannya, sehingga saya semakin termotivasi untuk mengembangkan dan mamasarkan produk flashdisk karakter ini ke seluruh indonesia. Akhirnya saya membuat situs toko online FlashdiskKarakter.com dan mulai memasarkannya melalui TokoBagus, Berniaga, Elevenia, Detik, Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Fanspage FB, Twitter, dan lain sebagainya. Sehingga produk FlashdiskKarakter.com saat ini semakin dikenal dan sudah tersebar ke seluruh Indonesia.

Wah strategi pemasaran Bapak yang menggunakan kemajuan teknologi sangat berpengaruh besar ya Pak. Tapi sebenarnya apa sih latar belakang Bapak saat mulai masuk menjadi seorang enterpreneur ini?

Saya sudah mulai berwirausaha dari semenjak duduk di bangku kuliah. Saat itu saya pernah membuka usaha distro pakaian kecil – kecilan bersama adik sepupu saya, tapi belum genap satu tahun usaha ini bangkrut. Awal mula saya mengenal bisnis online yaitu pada Tahun 2010. Saat itu saya suka browsing dan melihat beberapa iklan bisnis online yang katanya bisa menghasilkan uang dari internet, dan saat itu saya penasaran ingin mencobanya walaupun saat itu saya belum tau apa-apa tentang bisnis online. Tetapi saya melihat orang bisa sukses di bisnis online ini, tentunya saya juga pasti bisa sukses.

Bagaimana menurut Bapak tentang pengorbanan yang pernah Bapak lakukan untuk menjadi seorang enterpeneur ini?

Pengorbanan terbesar saya menjadi enterpreneur yaitu saat saya mengambil keputusan untuk menyimpan ijazah Sarjana Teknik saya dan lebih memilih menjadi enterpreneur untuk mengembangkan usaha Toko Online saya. Walaupun saat itu orang tua saya tidak setuju, ragu, bahkan terkesan prihatin melihat saya berjualan karena mereka lebih menginginkan saya menjadi PNS atau karyawan perusahaan.

Jika begitu tentu ada banyak tantangan atau kendala yang sudah pernah Bapak hadapi dalam menjalankan bisnis ini? Apa saja itu Pak?

Tantangan dan kendala yang saya hadapi adalah ketika banyak pesanan tetapi tidak cukup stok barang yang ada. Selain itu ada juga pelanggan yang ingin membuat flashdisk custom untuk usahanya dengan desain yang rumit sehingga membuat biaya produksi menjadi mahal sehingga membebankan pelanggan. Untuk mengatasi stok barang kosong kami akan terus memasukkan barang-barang baru terus menerus supaya stok barang tidak kosong dan untuk kendala harga pesanan flashdisk customnya kami akan menawarkan desain yang lebih sederhana tetapi tetap memberi kesan desain seperti yang diinginkan sehingga harga produksinya lebih terjangkau.

Wah lalu apa nih yang membedakan bisnis atau toko online Bapak dengan toko online lain yang menjual produk sama dengan Bapak?

Flashdisk karakter ini memiliki banyak mereknya bahkan ada yang tanpa merek, sehingga memiliki kualitas buruk dan rentan kerusakan. Kami di FlashdiskKarakter.com menjamin kualitas flashdisk terbaik yang merupakan teknologi terbaik jepang dengan garansi 2 Tahun. Jadi jika flashdisknya rusak atau tidak bisa menyimpan data silahkan kirimkan kembali barang ke alamat kami, dan flashdisk anda akan diganti dengan yang baru, disini kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

Selain itu kami juga menerima pemesanan souvenir unik berupa flashdisk custom model karet (Rubber) atau flashdisk kartu. Dimana flashdisk tersebut bisa kita cetak nama dan logoo perusahaan sesuai yang diinginkan, atau buat kawula muda yang ingin membuat souvenir untuk Komunitas atau Fans Club seperti Arema Fans Club, Milan Fans Club, Fans Club Barcelona, Member Card dll disinilah tempatnya.

Hebat sekali Pak. Produk yang terlihat tidak begitu menarik, namun karena inovasi dari Bapak bisa menjadi yang paling dicari. Lalu bagaimana nih kiat Bapak dalam menyeimbangkan kualitas produk dengan harga produk yang Bapak jual?

Kami tetap mengutamakan kualitas produk kami, dan kami tidak ingin mengganti merek chipset flashdisk abal-abal untuk menurunkan harga jual produk kami karena kami yakin pelanggan akan lebih puas dengan jaminan kualitas terbaik.

Jika begitu prestasi apa saja yang sudah pernah Bapak raih dari pencapaian dan berjalannya bisnis ini?

Pencapaian terbaik bagi saya itu adalah saat awal mula saya menjalankan usaha dan membuat toko online FlashdiskKarakter.com ini. Di bulan kedua usaha saya langsung mendapatkan omzet diatas 10 juta, untuk seorang pemula yang baru menjalankan usahanya 2 bulan tentunya ini merupakan prestasi terbaik saya saat itu, sehingga saya semakin termotivasi untuk lebih mengembangkan usaha FlashdiskKarakter.com ini.

Wah sungguh pencapaian yang diluar dugaan ya Pak. Lalu apa pengalaman paling berkesan menurut Bapak?

Pengalaman paling berkesan adalah ketika pelanggan kami puas dengan produk kami dan kemudian mereka mempromosikan pada teman-temannya, sehingga teman-temannya juga banyak yang kemudian order di toko online kami, karena kepercayaan terhadap produk dan toko online kami semakin meningkat dan terpercaya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya? 

Ruang lingkup market produk kami memang sangat tertarget.  Pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran merupakan target market dari produk kami. Mereka adalah pengguna-pengguna flashdisk yang selalu membutuhkan benda itu untuk menyimpan data penting mereka. Dan kami menargetkan untuk bisa menjangkau semua pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran seluruh Indonesia untuk bisa menggunakan produk kami ini.

Lalu apa nih rencana Bapak kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana ke depan untuk mengembangkan bisnis ini adalah merekrut karyawan untuk meningkatkan pelayanan dan marketing. Kemudian menambah stok barang dan menambah koleksi karakter flashdisk prodk kami, serta terus meningkat pelayanan-pelayanan untuk pelanggan sehingga pelanggan merasa puas berbelanja di FlashdiskKarakter.com

Jika boleh tahu siapa yang paling memotivasi Anda dalam menjalankan bisnis Ini? Dan apa quote favorit Anda yang mendukung semangat berbisnis?

Salah satu Tokoh yang jadi motivasi saya yaitu Ippho Santosa, dimana beliau adalah seorang pengusaha yang terus menggabungkan kekuatan doa, sedekah, dan lain sebagainya. Berbanding lurus dengan kesuksesan usaha kita. Salah satu Quote beliau yang paling berkesan untuk saya yaitu "Bekerja keras, Bermimpi keras, Berdoa Keras, Bersyukur Keras, maka Rezekipun mengalir Deras".

Wah benar – benar menjadi penyemangat ya Pak? Dan apa nih saran yang ingin Anda sampaikan kepada para pemilik bisnis online lain di luar sana?

Buat anak muda yang ingin menjadi pengusaha, mulailah sedini mungkin, walaupun gagal, kita masih punya waktu untuk belajar & mengulang.  Setiap orang itu punya jatah gagal masing-masing, maka habiskan jatah gagal tersebut selagi muda.

Beranilah untuk memulai. Kita memang tidak lebih pintar dari orang lain, tetapi kita bisa bekerja lebih keras dari orang lain. Jatuh, berdiri lagi, Kalah, mencoba lagi, Gagal, bangkit lagi, jangan pernah menyerah. Tidak ada perjuangan yang berakhir dengan sia-sia, pasti akan ada hasil dan pelajaran berharga dari perjuangan itu.

Wah terimakasih Pak atas waktunya mau berbagi cerita inspiratif dan saran yang mudah – mudahan bermanfaat untuk kita semua. Dan untuk Flashdickkarakter.com semoga selalu sukses :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Berdiri dari Kepercayaan Pelanggan adalah Kunci Sukses Toko Online FlashdiskKarakter.com ala Saryulis Herwan



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment