Monday 26 May 2014

Sebagai seorang lelaki tentunya banyak yang tidak memperhatikan bagaimana merawat dan memastikan bahwa penampilan adalah yang utama. Namun ini tidak berlaku bagi Baktyar Sukoco, pria lulusan S1 Komunikasi ini memilih untuk menjadi enterpreneur online yang menjual berbagai jenis produk kecantikan dan kesehatan. Memang benar jika produk seperti ini notabennya adalah produk khusus wanita. Tapi siapa sangka, jika produk kecantikan dan kesehatan yang dijualnya mampu membawa pria berusia 25 tahun ini suskes sebagai seorang enterpreneur. Dan bagaimana kisah Bapak Baktyar beserta bisnisnya yang sudah merambah ke luar negeri untuk pemasarannya ini?

Selamat sore Bapak Baktyar. Apa itu Egistore, bisa diceritakan terlebih dahulu Pak?

Bisnis online saya merupakan sebuah toko online yang memasarkan produk – produk luar kategori kesehatan dan kecantikan kulit. Kami menjual produk – produk ini sudah hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Dan untuk produk yang paling banyak diminati adalah produk whitening dalam bentuk krim wajah dan injeksi vitamin. Saya masih ingat pada awal saya berdagang saya membuat laporan keuangan, keuntungan saat itu mulai 3jt-5jt perbulan, dan meningkat terus setiap tahunnya, max pendapatan tertinggi 30jt.

Sebelumnya mengapa Bapak mau menjual produk yang berhubungan dengan kecantikan, yang notabennya berhubungan dengan kaum wanita?

Memang benar bisnis seperti ini biasanya adalah bisnis yang identik dengan kaum wanita. Tapi latar belakang saya mendirikan bisnis ini adalah karena saya merupakan lelaki yang berkulit hitam. Saya merasa tidak pede dengan kulit saya ini, terlebih karena keluarga dan teman – teman memiliki kulit yang putih. Ini  membuat saya bertekad untuk memutihkan kulit saya dengan segala cara. Dan setelah berhasil pada diri saya, kemudian saya promosikan pada khalayak, salah satunya yaitu melalui bisnis online ini.

Untuk proses pemasarannya sendiri, apa saja yang Bapak gunakan dalam kegiatan ini?

Untuk promosi saya menggunakan media online, salah satunya yaitu dengan adanya toko online. Saya menggunakan Jagoanstore yang pertama dan pastinya, saya juga menggunakan sosial media untuk selalu terhubung dengan semua customer saya. Bahkan sampai akrab dan sudah seperti saudara sendiri. Dan untuk penjualan Egistore sendiri sudah sampai ke seluruh wilayah Indonesia, yaitu Sabang sampai dengan Merauke. Kami juga sudah menerima pengiriman ke luar negeri, seperti ke Malaysia, Singapura, dan Saudi Arabia.

Wah sudah Go Internasional ya Pak. Lalu bagaimana cerita Bapak sendiri kok bisa sampai memilih menjadi enterpreneur online ini?

Pada awalnya saya adalah blogger. Saya pernah menulis sebuah artikel tentang memutihkan kulit dengan metode injeksi vitamin, dan mendapatkan respon ribuan pembaca. Sehingga dari situ saya mulai menjual produk injeksi vitamin C merek lokal. Hari demi hari saya lewati, network saya semakin luas, saya mendapat tawaran kerjasama dengan berbagai supplier di dalam bahkan luar negeri. Hubungan tersebut saya manfaatkan dengan baik, sehingga saya menjadi orang kepercayaan mereka. Bahkan saya boleh mengambil produk terlebih dahulu dan bayar belakangan. 4 tahun bisnis saya berjalan, saya merambah ke bisnis kuliner, nyengir cafe (2013) di Mampang Prapatan, sehingga membuat kesibukan saya jadi bertambah, tanggung jawab bertambah, tapi Alhamdulillah rejeki juga meluas.

Hebat juga ya Pak, padahal usia Bapak juga masih sangat muda. Lalu apa sih yang menurut Bapak paling Bapak korbankan untuk bisa menjadi enterpreneur?

Pengorbanan terbesar saya adalah harus meninggalkan keluarga tercinta, yaitu orang tua dan keluarga besar di Sidoarjo, Jawa Timur. Saya memutuskan berhijrah dan fokus jadi wirausaha tahun 2009.

Nah kembali pada Egistore Pak. Bagaimana kiat Anda dalam menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Saya berkomitmen hanya menjual produk yang asli, dan selalu setia melayani pelanggan seperti layanan konsultasi, tidak ada paksaan untuk harus membeli karena tugas saya hanya melayani pelanggan sebaik baiknya, beli atau tidak itu bagi saya adalah nomor 2.

Jika begitu adakah sentuhan yang membedakan bisnis Bapak dengan bisnis lain yang hampir sama dengan Egistore?

Sudah saya katakan diatas, saya rela melayani pelanggan saya bahkan sampai larut malam demi pencitraan yang baik dan integritas. Selalu setia melayani pelanggan seperti layanan konsultasi, tidak ada paksaan untuk harus membeli krn tugas sy hanya melayani pelanggan sebaik baiknya, beli atau tidak itu no 2. Itulah yang membuat saya berbeda dengan toko toko lain. :)

Apanih Pak prestasi terbaik yang sudah pernah Bapak dapatkan saat menjadi seorang enterpreneur ini?

Prestasi dalam penjualan tidak bisa dibohongi, bisa diukur dari omset dan jumlah pelanggan yang mencapai 1500 (saya ukur dari daftar customer di BBM dari dulu sampai dengan sekarang, tidak termasuk customer yang melakukan pembelian melalui sms, dan online).

Lalu pengalaman apa yang membuat Anda merasa paling berkesan melakukannya?

Yang paling berkesan bagi saya adalah saya dapat memberangkatkan kedua orangtua, karyawan dan tentunya diri saya sendiri untuk ibadah umroh.

Wah hebat sekali Pak. Selanjutnya tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi selama menjalani bsinis ini?

Masalah pasti selalu ada, entah ada kesalahan teknis di pengiriman, stok yang tak kunjung datang, munculnya saingan baru yang lebih murah. Dan sebagai solusi saya selama ini adalah bersabar, tawakal dan hadapi dengan SEDEKAH.

Apanih rencana Anda kedepannya untuk mengembangkan Egistore ini?

Untuk bisnis Egistore tidak ada rencana, tp kedepannya saya ingin membangun dan mengembangkan bisnis dibidang lain seperti garmen.

Wah berarti masih ingin mengepakkan sayap di bisnis lainnya ya Pak? Nah, siapa nih yang paling memotivasi Anda untuk menjadi seorang enterpreneur?

Bagi saya motivator yang sangat berpengaruh adalah Nabi Muhammad SAW, Ipho Santosa dan Ust Yusuf Mansur is the best!!. Dan saya juga memiliki quote yang membuat saya lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis ini, yaitu "saya bisa kalo saya mau".

Adakah saran yang ingin Anda sampaikan kepada para enterpreneur lain di luar sana?

Janganlah takut memulai jadi pengusaha, berhentilah berkata "saya tidak punya modal", karena semua orang bisa jadi pengusaha.

Nah sebagai pelaku bisnis online, adakah tips yang ingin Anda share kepada para pelaku bisnis online lainnya Pak?

Jadikanlah sosial media sebagai wadah yang bermanfaat misalnya untuk berbisnis, jangan jadikan tempat untuk mengeluh, mengumpat, pamer, narsis, alay dan lainnya. Sosial media bukanlah customer service. InsyaAllah akan membawa manfaat bagi kehidupan kita. Aaamin.

Wah terimakasih Pak Baktyar yang sudah meluangkan waktunya bercerita seputar bisnis onlinenya dengan Mebiso. Semoga Bapak dan Egistore selalu dan semakin sukses selalu :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Peduli dengan Penampilan Membawa Baktyar Sukoco Sukses Menjadi Enterprener Online Melalui Egistore.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment