Friday 30 May 2014

Sebuah bisnis yang bergelut di bidang produksi kaos atau T-Shirt saat ini sudah sangat banyak. Namun produsen T-Shirt dengan inovasi yang unik dan berbeda tidak banyak, salah satu yang melakukannya adalah sebuah produsen T-Shirt asal kota Pahlawan Surabaya. Toko ini menyebut nama dirinya yaitu Kataka.us. Danny Darmawan Harjono(32) adalah orang yang berada di belakang suksesnya toko online yang fokus memproduksi berbagai jenis kaos dengan keunikan dan inovasi yang berbeda dari pada biasanya. Nah, untuk mengetahu apa dan bagaimana Bapak Danny memulai berbisnis online ini, mari kita simak bersama ulasan ceritanya disini.

Halo Bapak Danny, bisa diperkenalkan terlebih dahulu apa iku Kataka.us?

Brand saya "Kata Kaus" dengan alamat website di kataka.us, menawarkan produk berupa T-Shirt. Arti dari "Kata Kaus" sendiri adalah "Apa yang dikatakan oleh sebuah kaos/T-Shirt". Dalam hal ini, saya mencoba menunjukkan kepada orang-orang bahwa sebuah kaos/T-Shirt, dapat mengekspresikan banyak hal.

Latar belakang saya mendirikan bisnis ini adalah saat saya mengamati dengan meningkatnya permintaan orang-orang akan sebuah produk T-Shirt yang unik, saya mencoba untuk memulai memproduksi T-Shirt dengan menggunakan sistem printing, atau yang lebih dikenal dengan nama Direct to Garment (DTG). Manusia selalu ingin tampil beda, oleh karena itu Kata Kaus memberikan jawaban atas permintaan tersebut. Dan untuk saat ini produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat adalah T-Shirt ber-genre MotoGP.

Bagaimana Anda memasarkan produk ini dan menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang dihasilkan?

Untuk saat ini saya hanya memasarkan produk di Kataka.us ini melalui media online saja, yaitu lewat website sendiri dan beberapa situs jual beli. Dan untuk pemasarannya saya mengirimkan barang dari Surabaya, customer saya ada yang dari ujung Sumatera hingga Papua.

Sedangkan untuk menyeimbangkan harga dan kualitas produk, menurut saya kualitas adalah jaminan utama dari Kata Kaus. Saya selalu memeriksa dengan teliti setiap detail dari T-Shirt yang akan dikirimkan. Begitulah cara saya agar keseimbangan antara kualitas, harga dengan kepercayaan customer tetap terjaga.

Lalu apa sebenarnya latar belakang Bapak saat masuk ke dunia enterpreneur ini?

Latar belakang saya masuk ke dunia enterpreneur adalah saat saya merasa bosan dengan rutinitas di kantor sebagai seorang karyawan. Saya kemudian mulai mencoba berjualan online dengan memasarkan produk-produk orang lain. Setelah merasakan seninya berjualan online, saya tertarik dan menjadi lebih tertantang untuk memulai usaha dengan produk dan brand sendiri. Bagi saya memulai berbisnis online tentu akan mengeluarkan banyak pengorbanan, dan salah satu yang saya rasakan adalah dari segi materi.

Sentuhan apa yang Bapak berikan untuk membedakan bisnis ini dari bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Saya berkomitmen untuk memberikan service terbaik, pre dan after sales, kepada seluruh customer dan calon customer saya. Ini yang menurut saya dapat menjadi pembeda antara Kataka.us dengan toko online sejenisnya.

Menurut Bapak prestasi dan pengalaman terbaik apa yang sudah pernah Bapak raih selama menjalani bisnis ini?

Bagi saya prestasi terbaik saya adalah saat pertama kali dapat memproduksi T-Shirt yang benar-benar layak jual dan dipakai oleh customer. Sedangkan untuk pengalaman, bagi saya adalah ketika mendapatkan ilmu baru, mulai dari bisnis, desain, dan produksi. Karena ilmu seperti ini bukan hanya saya dapatkan di bangku pendidikan ilmu formal saja, namun melalui pengalaman juga memberikan ilmu terbaik bagi saya.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini dan tantangan seperti apa yang pernah Bapak alami saat menjalani bisnis ini?

Market Indonesia sangat besar. Masyarakat Indonesia termasuk yang sangat konsumtif dan mengikuti tren. Kata Kaus dapat mengubah tren dengan membuat desain-desain yang unik dan variatif.

Sedangkan untuk tantangan bisnis sendiri, yaitu adanya keterbatasan pengetahuan akan teknik produksi menjadi salah satu kendala di awal pengembangan bisnis. Dengan belajar dan banyak eksperimen, saat ini sudah mampu teratasi.

Apa rencana Bapak kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Kami berencana untuk membuka sebuah gerai offline di beberapa kota besar di seluruh Indonesia.

Siapa tokoh yang paling berpengaruh atau banyak memotivasi Anda selama perjalanan bisnis Anda ini?

Saya sangat mengidolakan sosok Thomas Alva Edison dengan seluruh cara pandangnya menyikapi sebuah kegagalan. Itu yang menjadi motivasi tersendiri bagi saya selama menjalani bisnis ini.

Adakah saran yang ingin Anda sampaikan untuk para pelaku bisnis online di luar sana?

Saran dari saya adalah sebagai pelaku bisnis, kita jangan pernah merasa takut untuk gagal, harus selalu mau untuk belajar dan improve.

Selain saran adakah tips yang ingin Anda berikan seputar bisnis online ini?

Kepercayaan, service, dan kualitas adalah modal utama dalam jual beli online. Tinggal bagaimana seorang seller mampu men-traslate tiga hal tersebut kepada customernya. Jika berhasil, bisnis online akan berjalan lancar.

Wah terimakasih banyak Bapak Danny atas waktunya berbagi cerita dan tips seputar bisnis onlinenya. Semoga Kataka Kaus semakin dan selalu sukses. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Kataka.us, Memberi Warna dan Ide Unik untuk Sebuah Kaos ala Danny Darmawan



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment