Wednesday 25 December 2013

Untuk membangun trafik blog, anda perlu ketelatenan. Pertama, Anda dilarang memiliki ekspektasi yang terlampau tinggi di awal kemunculan blog anda. Berikutnya, berikut tips yang dapat anda ikuti untuk membangun trafik blog anda:

1. Tulis posting yang ingin dibaca orang lain

Melalui tulisan yang enak dibaca, anda meninggalkan kesan yang baik pada pengunjung anda. Poin ini harusnya sudah jadi hal yang basic bagi pelaku online marketing. Namun kenyataannya, kami masih menemukan banyak sekali online marketer yang terlalu intens mengejar SEO (Search Engine Optimization), dan sembarang menyisipkan keyword. Mengejar SEO boleh-boleh saja. Namun Anda harus memahami bahwa tujuan akhir dari SEO sendiri adalah menarik user yang tentunya, punya tingkat toleransi yang berbeda-beda.

2. Optimasi posting anda di batas yang wajar

Anda harus tahu konsep targeted blog dulu. Yaitu sebuah blog yang di dalamnya berisi tulisan-tulisan yang khusus dibuat untuk market tertentu. Misalnya blog traveler, blog politik, atau blog ilmu server. Targeted blog bisa dikatakan lebih efisien karena keyword yang anda target bisa lebih mudah didefinisikan dan akan lebih sering ditembak daripada blog yang temanya terlalu luas. Jadinya, usaha SEO blog anda tetap lancar tanpa harus "memaksakan kehendak" di dalam posting anda.

3. Daftarkan blog dan RSS Feed-nya ke website direktori

Setelah blog anda go online, anda bisa mulai mendaftarkan URL blog dan RSS feed blog anda ke website direktori manapun yang bisa anda temukan. Misalnya dmoz.org, dir.yahoo.com, googlering.com, dan sebagainya. Melalui web direktori, anda memperbanyak jalur infrastruktur mesin pencari untuk menemukan website anda. Pada URL berikut http://ow.ly/9ua2I, anda akan menemukan daftar 55 website direktori tempat submit RSS feed blog anda.

4. Membangun backlink ke blog Anda

Selain melalui website direktori, beberapa metode berikut cukup ampuh untuk membangun backlink ke blog anda: posting comment ke blog lain, tawarkan untuk bertukar link dengan blog lain yang bertema sama, dan link back ke halaman home anda pada setiap halaman yang ada di website anda.

5. Rajin mengirim Ping setiap kali update posting blog

Beberapa layanan seperti feedburner.google.com, blo.gs, dsb, didesain secara spesifik untuk melacak update sebuah blog. Namun layanan-layanan ini sering mengalami delay, terutama jika blog anda jadwal updatenya tidak menentu. Nah, lewat http://pingomatic.com/, anda bisa  menotifikasi sejumlah layanan-layanan ini dengan mengirim sebuah "ping". Melalui ping tersebut, anda memberi tahu layanan-layanan ini bahwa anda mengupdate blog anda, sehingga mereka bisa mengeceknya.

6. Ciptakan Buzz tentang blog anda

Anda bisa menciptakan buzz dengan berbagai cara. Misalnya menciptakan kontroversi seputar blog anda atau topik di dalamnya, mendistribusikan stiker bemper atau merchandise lain dengan URL dan tagline blog anda, atau menulis press release tentang sesuatu yang penting dan kaitkan dengan blog anda. Dengan menciptakan sebuah buzz tentang blog anda pada media lokal dan online, anda akan mendapat sebuah komponen viral untuk promosi website anda.

7. Posting artikel blog Anda ke website artikel direktori

Edit posting blog anda ke dalam bentuk artikel, kemudian submit pada website artikel direktori. Contohnya: ezinearticles.com, ideamarketers.com, articlesphere.com, articlez.com, dan sebagainya. Tujuan utamanya bukan untuk menambah backlink seperti yang dilakukan pada website direktori biasa. Namun lebih ke arah usaha menciptakan buzz tentang blog anda. Jadi, sebisa mungkin hindari penyisipan backlink agar tidak menyalahi aturan masing-masing website artikel direktori.

8. Tangkap subscriber melalui email

Mungkin aneh bagi blogger untuk mengirimkan update melalui email. Namun email sendiri masih jadi pilihan pertama bagi kebanyakan orang untuk menerima berita dan informasi. Dengan layanan gratis seperti Feedburner, kini feedburner.google.com, anda bisa mengatur subscriber anda dan memungkinkan mereka untuk mengatur subscription mereka melalui satu interface Google. Selamat mencoba :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 8 Tips Membangun Trafik Blog Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment