Thursday 19 December 2013

Pada tahun pertama BayiKecil.com didirikan (2011), Irene Wiratmo berhasil mendatangkan 200 pelanggan bagi toko online miliknya. Hingga kini, BayiKecil.com telah berkembang menjadi sebuah toko online dengan kehadiran online yang cukup besar dan telah melayani semakin banyak pembeli di seluruh Indonesia. Kepada tim Mebiso, Irene membagikan pengalamannya mendirikan BayiKecil.com.

T: Selamat malam Bu Irene, bisa diceritakan tentang toko online anda dan apa jenis produk yang anda tawarkan?

I: Jenis produk yang dipasarkan di Bayikecil.com adalah produk pakaian bayi dan anak-anak dengan beragam model yang fashionable dengan harga terjangkau. Kami lebih memfokuskan produk-produk buatan lokal, hasil produksi dari kerabat atau relasi kami, meskipun ada juga beberapa produk yang kami jual adalah produk import.

T: Bagaimana awalnya ketika anda masuk ke dunia enterpreneur?

I: Pada tahun 2011, saya mulai menggeluti bisnis online yang bergerak dalam bidang penjualan retail pakaian bayi, karena pada waktu itu saya melihat prospek yang begitu besar dan terus berkembang pada bisnis online di seluruh dunia khususnya di Indonesia yang tingkat pertumbuhan anaknya terus meningkat setiap tahunnya. Kemudian di tahun 2012, saya memulai website saya yang baru yaitu Bayikecil.com yang bergerak dalam penjualan baju bayi tapi dengan sistem penjualan yang bisa menjangkau para reseller dan juga customer retail sekaligus.

T: Apa pengorbanan terbesar yang pernah anda rasakan ketika menjadi enterpreneur?

I: Pengorbanan terbesar bagi saya dalam dunia entrepreneur adalah di saat awal-awal mendirikan usaha. Cukup sulit untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan yang percaya dengan bisnis saya karena masih belum memiliki banyak reputasi. Maka saya harus mengorbankan hampir 24 jam waktu saya setiap hari untuk mempromosikan bisnis saya di berbagai media dengan berbagai cara.

T: Bagaimana sekarang, apa prestasi terbaik menurut anda?

I: Prestasi terbaik bagi saya adalah ketika usaha yang saya rintis ini mendapat respon yang sangat positif di tahun pertama Bayikecil.com berdiri dan terus berkembang sampai saat ini.

T: Apa tantangan dan kendala yang selama ini anda hadapi?

I: Tantangan jual beli online yang sampai sekarang saya rasa masih kami hadapi adalah ketika melayani para customer maupun reseller yang masih belum memiliki akses atau cara pembayaran yang mudah dan cepat seperti internet banking maupun mobile banking. Terkadang ada beberapa customer kami yang masih menyetor uang secara tunai di bank untuk melakukan pembayaran kepada kami. Menurut saya selain hal tersebut cukup menyita waktu dan tenaga mereka, kita dari sisi penjual juga sering kesulitan untuk track pembayaran.

T: Apa nilai tambah yang anda berikan pada Bayikecil.com? 

I: Yang membuat Bayikecil.com berbeda dengan bisnis-bisnis lain di bidangnya adalah kami lebih memfokuskan penjualan melalui reseller-reseller yang berjumlah ratusan dan sudah tersebar di seluruh Indonesia. Di samping itu, kami juga menerima pemesanan dari para customer retail.  Sistem yang telah kami buat selama ini telah cukup baik untuk menjangkau para reseller sekaligus para customer retail secara seimbang.

T: Apa rencana anda di masa depan untuk mengembangkan Bayikecil.com?

I: Di Bayikecil.com, saya ingin menambah lebih banyak variasi produk-produk perlengkapan bayi atau anak-anak seperti tas, sepatu, dan perlengkapan lainnya dengan produk yang variatif dan harga yang terjangkau.  Kami juga akan menambah reward-reward bagi para reseller kami maupun customer setia kami. Hal lain yang juga saya rasa perlu dilakukan yakni memperbaiki sistem Bayikecil.com supaya bisa lebih cepat dan lebih efisien dalam melayani customer dan reseller kami yang cukup banyak setiap harinya. Baik yang meminta informasi tentang produk, maupun yang melakukan pemesanan.

T: Menurut pengalaman Anda, Apa saran terbaik yang dapat anda berikan seputar dunia enterpreneur?

I: Jangan pernah takut untuk mencoba dan bereksperimen dalam mengembangkan sistem pada bisnis yang kita rintis.

T: Terimakasih bu Irene telah bersedia meluangkan waktu anda untuk berbagi kisah dengan Mebiso. Sukses selalu untuk Bayikecil.com :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara Singkat bareng Irene Wiratmo, Owner BayiKecil.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment