Wednesday 30 April 2014

Email marketing memang menjadi suatu kebutuhan dalam proses pemasaran suatu bisnis. Selain membuat sebuah website, membuat iklan baik media cetak maupun media elektronik, kita juga mengirimkan penawaran dan promosi bisnis melalui sebuah email. Email penawaran memang sedikit berbeda dengan email yang sudah kita tahu sebelumnya. Dari segi susunan kata dan kalimat, konten yang mengisipun juga berbeda dengan email biasanya. Setiap penulis email ini harus tahu apa saja yang membuat email marketing berbeda dan mampu menarik perhatian audiens untuk membacanya dan bahkan terpengaruh dengan isi dari email marketin tersebut. Ada hal yang memang kita harus ketahui sebelum membuat dan mengelola email marketing untuk bisnis kita.

1. Bagaimana email disampaikan kepada audiens

Setiap orang pasti tahu bagaimana bedanya antara email biasa dengan email marketing yang memang ditulis untuk tujuan promosi penjualan. Penulis email marketing ini memang harus tahu bagaimana ini bekerja, bagaimana setiap pesan yang mereka kirimkan benar – benar disampaikan dengan tepat, dari dasar – dasar server mail dan DNS melalui SMTP yang menjadi transportasi pengiriman email. Ini memang terlihat tampak sangat teknis untuk seseoran yang tugasnya memang hanya mengirimkan email penawaran bisnis. Tetapi siapa sangka, pengetahuan seperti ini yang justru harus dimiliki oleh mereka, karena memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai bidang yang berkaitan. Pengirim email harus tahu bagaimana email tersebut disampaikan kepada audiens. Baik secara teknis ataupun bahasa marketing yang bisa menarik perhatian audiens.

2. Bagaimana email marketing akan ditampilkan

Sekalipun hanya berupa sebuah halaman atau template sederhana yang tidak membutuhkan banyak konten, email marketing juga membutuhkan sebuah desain yang mampu membuat tampilannya menarik. HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang juga digunakan untuk membuat sebuah email. Bahasa HTML yang digunakan untuk email jelas berbeda dengan apa yang digunakan untuk membuat sebuah website. Keterbatasan dalam mendesain sebuah email untuk bisa menjadi menarik harus mampu dimanfaatkan dengan baik dan menjadi lebih untuk audiens yang membacanya.

Pertumbuhan teknologi digital yang salah satunya berwujud pada sebuah perangkat mobile, akan mengadopsi bagaimana desain first mobile yang resposif. Ini juga yang membuat sebuah tapilan email mampu menarik perhatian, sekalipun dibuka pada perangkat yang lebih kecil. Setiap pengirim email harus memahami apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan, dan apa yang harus dan tidak harus dilakukan. Mereka juga harus tahu bagaimana cara menampilkan konten email pada platform yang berbeda, dan cara mendesain halaman yang responsif.

3. Statistik dasar

Email adalah sebuah media data yang disampaikan kepada orang banyak. Kita harus mampu memanfaatkan setiap data yang dikirim dan diterima melalui email penawaran tersebut. Ini berkaitan dengan langkah selanjutnya yang akan kita lakukan untuk mengerjakan langkah pemasaran selanjutnya. Anda harus punya data siapa saja yang akan menerima email tersebut dari satu waktu ke periode waktu berikutnya. Anda juga harus tahu apakah ada dari mereka yang memberikan balasan atau menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi selanjutnya. Ini yang nantinya akan Anda gunakan untuk mengerjakan step selanjutnya. Perlu kiranya kita membuat sebuah statistic sederhana untuk sebuah email marketing yang kita buat.

4. Keamanan dan privasi

Sebuah email marketing akan selalu menangani jumlah data yang akan terus tumbuh setiap periode waktunya. Anda juga akan membuat keputusan penting terkait dengan pengumpulan, penyimpanan, transfer dan penggunaan setiap data pada email tersebut. Pengirim email marketing harus tahu bagaimana mengamankan setiap data penting yang memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sering kali ada sebuah keputusan signifikan yang dibuat anatara kebijakan dan praktik privasi dan keamanan data tersebut. Kita harus bijak dalam menggunakan setiap data yang didapatkan dari email marketing tersebut.

Sebenarnya untuk menulis sebuah email marketing yang berisikan penawaran bisnis, kita tidak harus mengerti dan membuat setiap kode HTML untuk email tersebut. Tapi setidaknya kita memang harus sedikit tahu tentang apa yang menyusun email tersebut. Jadi jika suatu ketika ada sebuah kesalahan yang terjadi, maka kita juga bisa tahu apa yang membuatnya salah.

Baca juga:

6 Jenis Email Marketing yang Dapat Digunakan untuk Bisnis Anda

10 Statistik untuk Menunjang Upaya Marketing Bisnis Anda

10 Tantangan Ketika Mengelola SDM pada Bisnis UKM



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 4 Hal yang Harus Diketahui Tentang Email Marketing



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment