Tuesday 29 April 2014

Kita tahu dalam sebuah perjalanan bisnis, kita akan selalu menginginkan sebauh kesuksesan. Sukses dalam arti mendapatkan banyak relasi, mendapatkan laba yang berlipat dan bertahan serta memenangi setiap kompetisi pada pasar bisnis. Sukses yang banyak dimaksud adalah mereka yang bekerja keras baik tenaga maupun pikiran untuk mendapatkan ide gila demi bisnis mereka. Tidak sedikit pebisnis yang rela melakukan apapun untuk bisa menjadi sukses yang mereka bayangkan. Tapi perlu kita tahu, ada dari sebagian mereka yang ingin sukses malah memilih untuk mencari cara untuk gagal. Bukan berarti tidak ingin sukses atau sedang bercanda tentang sebuah kata sukses. Mereka ini yang selalu berfikir untuk gagal dulu lalu kemudian menggapai sukses yang bukan hanya menurut pemikiran seorang. Lalu bagaimana mereka melakukan itu? Apa manfaatnya berfikir untuk gagal?

1. Berfikir lebih positif

Banyak dari kita yang akan berfikir gagal setelah berfikir sukses terlebih dahulu. Saat kita berfikir untuk terus menjadi sukses dengan ambisi yang tidak terkendali, kita akan sadar bahwa akan dihadapkan oleh sebuah masalah yaitu menjemput kegagalan. Karena sebuah kegagalan itu pasti muncul dalam pekerjaan apapun. Sebaliknya, ketika ada mereka yang berfikir untuk lebih dulu merasakan gagal untuk menjemput kesuksesan, akan selalu berfikir positif dalam menghadapi setiap kegagalan yang ia dapatkan. Bahkan mungkin tidak ada yang namanya berfikir negatif atau curiga terhadap setiap pekerjaan yang ia kerjakan. Dalam beberapa kasus, berencana untuk gagal akan membantu kita belajar bagaimana mengantisipasi setiap kejadian yang mungkin akan terjadi.

2. Membantu untuk menjadi lebih objektif

Bisnis seperti halnya seorang bayi yang baru saja lahir, kita akan mencurahkan semua pikiran, tenaga, uang dan hati kita untuk membesarkan dan membuat bayi tersebut sukses. Kita juga akan selalu mempersiapkan diri untuk setiap kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi ketika si bayi mulai tumbuh. Kita memang tidak ingin terjadi sebuah kegagalan atau kecelakaan dalam bisnis kita, itu sebabnya kita akan mencoba berfikir lebih keras terhadap semua hal yang kemungkinan akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kita. Kita akan dipaksa untuk melihat kemungkinan baik dan buruk yang akan terjadi. Ini akan membantu kita untuk menjadi lebih objektif dalam menghadapi setiap permasalahan. Setiap solusi yang muncul atas suatu permasalahan juga harus mampu membangun menjadi lebih besar lagi, bukan hanya sekedar memecahkan satu masalah saja. Menjadi lebih objektif juga membantu kita untuk mampu mengatur setiap emosi yang muncul saat mulai mengembangkannya. Kita tidak akan siap untuk menerima kegagalan, saat itu saja tidak kita siapkan dari sekarang.

3. Tidak cepat puas

Ketika sebuah target untuk mencapai sukses sudah tertanam sangat dalam dan menjadi prioritas pertama kita untuk mengembangkan sebuah usaha, percayakah kita, bahwa kita akan merasa cepat puas saat satu target itu tercapai. Ini sebabnya, kita juga perlu menargetkan dan memikirkan apa saja yang kira – kira akan gagal saat mulai untuk kita kerjakan. Kegagalan akan memunculkan rasa untuk terus belajar dan pantang menyerah saat melakukan suatu pekerjaan. Saat kita mulai berfikir tentang sebuah kegagalan, kita tidak akan mudah puas saat mencapai satu target kesuksesan yang kita buat. Sukses bukan hanya masalah mencapai target bisnis yang sudah dibuat, lebih jauh kita berfikir ketika sukses adalah ketika kita mampu untuk terus tidak merasa puas atas apa yang kita lakukan.

Jangan terlalu cepat berpuas diri saat sudah mencapai sukses, ingat saat pertama kita mulai membuat rencana bisnis dan menjalankannya. Ingate betapa sulitnya untuk sukses dan ingat juga bagaimana kegagalan menyambut kita. Dengan begitu, rasa puas akan jauh dari pemikiran kita, dan kita akan terus berjalan untuk menciptakan kesuksesan lainnya.

4. Lebih mudah untuk melangkah

Saat kita memiliki pemikiran untuk gagal, kita akan memiliki pemikiran untuk mencari jalan keluar untuk setiap masalah tersebut. Anda bahkan tidak akan sempat berfikir, bagaimana Anda dapat berjalan dengan cepat untuk melalui kegagalan usaha Anda, saat Anda saja tidak siap untuk menerima kegagalan tersebut. Setiap pemilik bisnis harus sudah memikirkan bagaimana bisnisnya akan melangkah dan menemui sebuah kegagalan. Ketika sudah kita fikirkan dari awal, kita akan mudah untuk mengantisipasi dan berusaha untuk mencari jalan keluar dari setiap kegagalan yang ada.

Bagaimana dengan Anda? Kita tidak harus selalu mempersiapkan diri untuk mencapai sukses. Kita juga harus tahu dan mulai berfikir apa saja yang akan menyandung kita saat kita melangkah bersama bisnis kita. Penting ketika kita juga berfikir tentang sebuah kegagalan dalam bisnis yang kita jalani, untuk bisa menemukan cara yang baru dan berbeda dalam mengatasinya.

Semangat :)

Baca juga:

10 Tips Sukses Berbisnis Fashion Di Toko Online

12 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kita Contoh

5 Rahasia Sukses CEO Ternama Dunia



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Bisnis itu Harus Memilih Gagal Dulu untuk Kemudian Sukses



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment