Tuesday 29 April 2014

Menjadi seorang Ibu rumah tangga dan enterpreneur memang tidak mudah. Saat harus mengurus anak yang masih kecil, dan dibarengi dengan keinginan untuk terus bekerja, maka pilihan mendirikan bisnis online adalah jalannya. Ibu Elke contohnya, wanita yang merupakan Sarjana Matematika ITS Surabaya ini awalnya memang bekerja sebagai seorang pegawai. Namun karena memang tanggungjawab mengurus anak, akhirnya beliau memutuskan untuk bekerja di rumah. Tapi ini tidak ia jadikan beban sama sekali. Beliau merasa sangat senang dan menikmati profesinya saat ini. Keramahan hatinya juga yang membuat ia sukses menggaet dan menjadi kawan bagi para pelanggannya. Ia menyadari bahwa dunia digital membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan pasar saat ini. Itu sebabnya ia tidak ingin mengabaikan kesempatan ini.

2

Selamat sore Ibu Elke, bisa diceritakan terlebih dahulu Bu tentang Momiooshop.com?

Iya, Momiooshop.com sendiri merupakan sebuah toko online yang menyediakan segala macam barang kebutuhan baby. Dari mulai kereta dorong untuk bayi, mainan untuk anak kecil, gendongan untuk bayi dan lain sebagainya. Tapi saya tidak menyediakan produk fashion untuk anak kecil. Karena biasanya jika menjual produk fashion, akan ada yang bertanya banyak tentang produk fashion tersebut, mulai dari bahannya dari apa, dan lain sebagainya. Ini membuat saya kewalahan untuk menjawab. Karena sampai saat ini saya masih menghandle semuanya sendiri. Momiooshop.com sendiri sudah berdiri kurang lebih sejak 3 tahun yang lalu.

Bagaimana sebenarnya latar belakang ibu mendirikan bisnis ini?

Sebenarnya keinginan saya untuk membuka toko online barang baby ini sudah cukup lama. Karena sayapun sebenarnya sangat menyukai anak kecil. Keinginan untuk mendirikan bisnis ini, bahkan mungkin muncul pada saat saya masih bekerja di sebuah Televisi Nasional di Jakarta. Sebelumnya pekerjaan saya juga mobile, jadi sering pergi ke luar kota. Namun setelah saya memiliki seorang anak dan sayapun memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya saat itu.

Karena dari awal saya memang tipe orang yang tidak bisa hanya diam dirumah tanpa melakukan apapun, akhirnya saya memutuskan untuk mendirikan bisnis online ini. Jadi saya bisa bekerja sekaligus mengurus anak saya dirumah.

Kenapa Ibu lebih memilih untuk mengurus semuanya sendiri?

Saat ini saya memiliki 1 orang yang membantu saya dalam menjalanan bisnis ini. Tapi saya belum menemukan orang yang bisa menjadi asisten bagi saya. Bukan tidak percaya dengan orang. Tapi jika suatu saat ada orang yang datang dan saya rasa cocok, pasti akan langsung saya jadikan asisten. Karena menjadi seorang customer service dan juga pemilik bisnis online ini juga cukup membuat saya kewalahan.

Lalu sudah sampai kemana saja produk Momiooshop ini dipasarkan?

Jika pemasarannya sudah hampir seluruh wilayah di Indonesia. Saya juga sudah bisa memasarkan produk di luar negeri. Ini juga berkat kemudahan saya dalam berbahasa asing, jadi untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan dari luar negeri, saya tidak menemukan kesulitan.

Apa sih yang membedakan bisnis ibu ini dengan bisnis lainnya?

Mungkin jika dari saya sendiri dari segi bisnis plannya. Saya cukup detail ketika ingin membangun bisnis ini. Dari produk yang ingin dijual, pasar yang ingin dituju, dan lain sebagainya. Sejak dulu saya juga memiliki motivasi untuk perkembangan Momiooshop sendiri, yaitu Eksklusif, Fun, dan Kreatif.

Eksklusif disini, karena saya menjual produk yang memang benar – benar eksklusif di kelasnya. Saya tidak ingin menjual produk yang hanya bagus saat dilihat di internet. Saya ingin memberikan customer yang mereka inginkan dan butuhkan melalui produk saya.

Kemudian Fun, saya selalu berusaha untuk mengakrabkan diri dengan semua customer – customer saya. Saya tidak ingin menjadi penjual yang hanya menjawab seadanya saja apabila ada pelanggan yang bertanya. Bahkan sampai sekarang pelanggan sudah menganggap saya seperti kawan mereka sendiri. Contohnya yaitu pada saat malam hari, terkadang ada pelanggan yang menghubungi saya, bukan untuk memesan, melainkan untuk bertanya seputar tips ataupun resep. Dan itu yang membuat saya senang, bisa menjadi kawan dari pelanggan – pelanggan saya.

Dan yang terakhir adalah kreatif. Saya berusaha untuk membuat tampilan website toko online saya se kreatif mungkin. Untuk bannerpun, saya masih mengamalkan apa yang pernah saya dapatkan dulu. Saya membuat sendiri banner yang ada di website Momiooshop.com. Karena saya ingin lebih menonjolkan sisi kreatif dari dalam diri saya.

Wah, hebat sekali bu. Lalu menurut Ibu prestasi terbaik apa yang sudah pernah ibu dapatkan?

Untuk prestasi bagi saya adalah saat saya mendapatkan kenalan banyak orang dari toko online saya. Saya berusaha untuk terus akrab dengan semua pelanggan saya. Sehingga mampu menciptakan suasana yang nyaman dan itupun membuat mereka yang terus mencari saya, bukan saya yang mencari mereka. Bagi saya semua pelanggan sudah menjadi sangat berkesan.

Menurut Ibu sendiri, bagaimana dengan lingkup pasar dari bisnis Ibu ini?

Lingkup pasar untuk bisnis ini masih sangat besar. Karena dunia online akan menjadi tren yang terus berkembang ke depannya. Mungkin untuk babyshop sendiri sangat banyak di pasaran. Tapi saya tidak takut untuk bersaing bersama mereka. Saya juga tidak menganggap mereka semua adalah kompetitor saya. Bagi saya mereka adalah teman saya dan Momiooshop juga sudah berteman baik dengan banyak babyshop di pasaran.

Terkadang kami juga menyediakan produk yang di babyshop lain tidak ada. Jadi bisa dibilang kami juga bisa menjadi dropship atau reseller untuk babyshop lainnya. Begitupula sebaliknya. Ini yang membuat hubungan Momiooshop dengan babyshop lainnya terjalin begitu bagus.

Apa sih rencana Ibu kedepannya untuk mengembangkan Momiooshop ini sendiri?

Saya ingin membuka sebuah toko offline. Jadi biar lebih menjangkau pasar yang luas. Saya ingin menjadikan Momiooshop lebih baik dari saat ini, mungkin salah satunya dari segi management yang saat ini masih saya handle sendiri. Untuk membuat toko offline juga tidak mudah. Ada banyak yang harus dipertimbangkan, selain modal, tempat dan juga saat ini saya masih memiliki anak kecil. Jadi saya masih ingin lebih fokus untuk anak saya.

Apakah ada kepikiran untuk kembali bekerja di luar rumah Bu?

Ada kepikiran saat anak saya sudah besar dan bisa mulai ditinggal, saya ingin mulai bekerja kembali seperti dulu. Ini karena memang saya dasarnya tidak bisa diam dan ingin selalu bekerja.

Nah, yang terakhir nih Bu. Saran apa yang bisa Anda sampaikan untuk enterpreneur lain di luar sana?

Untuk enterpreneur yang memiliki banyak mimpi, kita harus mau melangkah saat kita sudah memiliki mimpi untuk maju. Kegagalan pasti akan datang, tapi jangan berhenti melangkah, atau hanya melangkah di tempat saja. Karena itu tidak membuat kita berkembang menjadi yang lebih baik. Jangan biarkan orang lain yang menggapai mimpi Anda. Pastikan diri Anda sendiri yang menggapai mimpi tersebut.

Wah, terimakasih Bu sudah mau meluangkan waktu untuk interview singkat ini. Semoga Momiooshop sukses selalu ya Bu :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Menjadi Ramah adalah Kunci Sukses Ibu Elke Mendapatkan Banyak Pelanggan Momiooshop



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment