Wednesday 30 April 2014

Berbisnis memang tidak mudah, terlebih saat memutuskan untuk merambah dunia online dengan menyasar pasar yang tidak seperti bisnis online lainnya. IndoTrading memang sebuah media atau direktori bisnis khusus untuk perusahaan. Handy Chang(34) sendiri berujar, jika bisnisnya ini berbeda dengan situs jual beli yang biasanya. Karena mereka hanya membataskan diri pada perusahaan, bukan individual yang sudah banyak dipasaran seperti sekarang ini. Pria yang mengidolakan Jack Ma dari alibaba.com sebagai orang yang paling memotivasinya dalam menjalankan bisnis ini, ingin terus memberikan edukasi yang banyak kepada para pemilik bisnis UKM di Indonesia. Lalu bagaimana kisah sukses dari IndoTrading.com sendiri? Berikut ini kami uraikan hasil wawancara kami dengan Bapak Handy:

Bisa diceritakan tentang apa itu Indotrading Pak?

Kami adalah Media atau Direktori Bisnis khusus Perusahaan. Jadi berbeda dengan situs jual beli pada umumnya, dimana setiap orang mau menjual apapun bisa, Disini kami membataskan diri hanya kepada perusahaan. Individual tidak diizinkan mengiklankan produknya disini. Jadi kami menyasar sektor premium.

Untuk latar belakang berdirinya IndoTrading.com sendiri adalah karena saya sempat mengalami frustasi ketika mencari barang dan jasa ataupun di situs jual beli lainnya. Banyak sekali individu yang menjual produknya, sehingga ketika kita mau mencari barang hanya dari perusahaan kesulitan. Jadi saya berpikir kenapa tidak membuat suatu situs jual beli khusus perusahaan? Dan hingga pada akhirnya saya mendirikan IndoTrading.com ini.

IndoTrading jelas berbeda dengan bisnis online pada umumnya, karena kami menyasar sektor premium, yaitu meliputi pemilik bisnis dana pengusaha atau UKM.

Lalu bagaimana dengan cerita awal Bapak masuk sebagai seorang enterpreneur?

Pertama masuk di dunia enterpreneur yaitu  ketika masih kerja di Australia, dan ketika ada waktu luang

terutama pada hari Sabtu dan Minggu, saya mencoba untuk berbisnis di dunia maya. Dan ternyata sukses, hingga akhirnya ketagihan sampe sekarang. Dan menurut saya untuk menjadi seorang enterpreneur tentu saja akan ada yang dikorbankan, kalau bagi saya pengorbanan terbesar terletak pada waktu untuk membangun dan membuat sukses bisnis ini.

Bagaimana dengan latar belakang pendidikan Bapak sendiri?

Kebetulan saya merupakan lulusan S1 di Malaysia (Help University) dan S2 di UniSA(University of South Australia).

IndoTrading.com berbeda dengan bisnis online yang biasa ditemui. Jadi bagaimana cara Anda memasarkan produk yang Anda tawarkan?

Kami kebanyakan memasarkan melalui media online dan juga pada acara bisnis, seperti gathering dan expo.

Menjadi sebuah bisnis online yang memiliki pasar premium, prestasi apa saja yang sudah pernah Anda peroleh dari perjalanan IndoTrading ini sendiri Pak?

Menurut saya, sampai dengan saat ini untuk prestasi terbaik IndoTrading adalah ketika IndoTrading.com mendapatkan investasi dari Rebright Partners, yaitu sebuah modal Ventura dari Jepang. Itu jelas membuat kami bangga dan terus berusaha untuk mencapai prestasi lainnya.

Apa sih pengalaman paling berkesan untuk Anda selama menjalani bisnis ini?

Mungkin pengalaman berkesan bagi saya adalah saat saya mengalami kerugian dan harus nombok dalam membayar gaji karyawan setiap bulannya. Tapi bagi saya itu memang resiko yang suatu saat akan dialami oleh enterpreneur.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup pasar untuk bisnis ini?

Sekarang masih banyak perusahaan yang menggunakan media tradisional dalam memasarkan produknya. Kami berusaha mengedukasi bahwa zaman sudah berubah, dan jika tidak sekarang memasarkan produk dan branding perusahaan Anda dalam internet, maka kedepannya akan sangat susah bersaing dengan kompetitor Anda. Itu yang kami lakukan kepada para klien kami.

Menjadi sebuah bisnis yang tidak sama dengan bisnis online yang sudah ada, apa tantangan dan kendala terbesar yang pernah Anda hadapi?

Tantangan bagi saya adalah saat saya mengedukasi pasar, karena Indonesia masih terbelakang sekali dalam kemajuan Internet. Meskipun sudah sangat pesat, tapi tingkat penetrasi internet di kalangan pebisnis masih kecil. Dan itu menjadi pelajaran bagi saya untuk bisa mengedukasi masayrakat Indonesia dengan lebih semangat.

Sebenarnya untuk kendala dan tantangan sudah banyak sekali yang saya hadapi, jadi saya menganggapnya juga sudah biasa. Dan ini juga menjadi penyemangat saya dalam menjalankan bisnis ini agar lebih sukses kedepannya.

Lalu apa rencana Bapak sendiri untuk mengembangkan bisnis ini?

Untuk rencana kedepannya yaitu kami akan merambah ke kota – kota besar di Indonesia dan mengedukasi lebih banyak para pemilik bisnis UKM di Indonesia.

Nah untuk yang terakhir nih Pak. Saran apa yang dapat Bapak sampaikan kepada para pelaku dunia bisnis online di luar sana untuk bisa mencapai sukses?

Keep the Spirit Going. Jangan hanya semangat di awal, tapi mesti tetap Semangat. Dengan adanya semangat, saya yakin semua masalah akan terselesaikan sendirinya.

Wah benar sekali Pak. Kalau tidak semangat, kita tidak akan bisa sukses dan berkembang. Terimakasih sebelumnya Pak untuk kesempatannya berbagi cerita bersama kami. Semoga IndoTrading selalu dan terus sukses :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Mengedukasi Pemilik Bisnis UKM di Indonesia adalah Usaha Mencapai Sukses ala Handy Chang, CEO IndoTrading.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment