Saturday 23 August 2014

Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu – Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh. Salah satu manfaat kalsium adalah mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalsium juga baik untuk perkembangan gigi. Adanya kalsium juga membantu memperlancar peredaran darah maupun menormalkan tekanan darah. Selain itu juga membantu mengurangi gejala PMS atau pramenstrual sindrom pada wanita. Salah satu sumber kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi adalah susu dan produk olahannya seperti keju. Namun apakah sumber kalsium satu-satunya hanya susu dan produk olahannya? Pasalnya tidak semua orang menyukai minum susu bahkan ada pula yang alergi.

Nah, bagi sahabat dicintai.com yang kurang suka dengan susu masih banyak Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu yang bisa dikonsumsi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susuu

1. Kacang Kedelai dan Sari Kedelai. Satu cangkir kacang kedelai mengandung sekitar 261 mg kalsium. Sedangkan sari kedelai atau biasa disebut susu kedelai mengandung sekitar 300 mg kalsium. Selain itu kandung protein pada makanan ini juga tinggi bahkan lebih tinggi dari susu sapi.

2. Buah Jeruk. Buah jeruk tidak hanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi tetapi juga memiliki kandunga kalsium. Setidaknya ada sekitar 60 mg kalsium yang ada pada buah jeruk. Anda bisa memasukkannya dalam menu sehari-hari. Bisa dikonsumsi langsung maupun dibuat jus.

3. Buah Pisang. Buah satu ini terkenal dengan kandungan potasium yang tinggi. Buah pisang juga dikenal sebagai isotonik alami. Nah, pada buah ini juga memiliki kandungan kalsium. Toh, buah pisang juga relatif buah yang mudah dicari. Baca juga Pisang, Buah Tropis Kaya Manfaat.

Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu

4. Brokoli. Sayuran ini termasuk sayuranyang banyak mengandung kalsium. Setidaknya terdapat 180 mg kalsium. Bisa dibuat sop, ca brokoli atau cukup direbus saja.

5. Lobak. Sayuran umbi akar ini per batangnya mengandung kalsium sekitar 200 mg. Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin A. Bisa dibuat sop, tumis, kimci dan sebagainya.

6. Oatmeal. Salah satu jenis sereal yang sering digunakan sebagai menu sarapan ini dikenal bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah tingginya kolesterol jahat. Kandungan seratnya yang cukup tinggi sangat baik untuk pencernaan. Selain itu juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Setidaknya mengandung sekitar 105 mg dalam satu mangkuk oatmeal. Baca juga Contoh Menu Sarapan Pagi Cepat Saji.

7. Ikan Salmon dan Ikan Sarden. Ikan salmon memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Dalam 3 ons ikan salmon memiliki kandungan kalsium sekitar 181 mg. Sementara ikan sarden dikatakan mampu memenuhi 33 persen kalsium yang diperlukan tubuh.

8. Buncis. Jenis kacang-kacangan ini biasa dibuat tumis atau salad. Tidak banyak yang menyadari bahwasanya dalam 100 gram buncis memiliki kandungan kalsium sekitar 65 mg. Jadi tidak perlu ragu memasukkan buncis pada menu makanan sehari-hari.

Masih banyak jenis makanan lain yang mengandung kalsium selain produk olahan susu misalnya kacang almond, wijen dan lainnya. Artinya jika Anda memang alergi susu dan produk olahannya atau kurang suka mengonsumsi susu maka tidak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh melalui makanan lainnya. Karena ada banyak Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu yang bisa dikonsumsi. Baca juga Lebih Sehat dengan Diet Raw Food.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu

Baca selengkapnya di --> Sumber Kalsium Selain Produk Olahan Susu



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment