Monday 4 August 2014

IoTHPPunya perangkat smartwatch, smart TV, atau mungkin kulkas pintar?

Era Internet of Things (IoT) ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi dan perangkat pintar berbasis internet yang mampu berbagi data, mengontrol jarak jauh benda-benda fisik, dan memberikan manfaat lainnya. Contohnya seperti perangkat-perangkat yang disebutkan di atas.

Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh Hewlett-Packard (HP) menemukan bahwa hampir 75% dari 10 jenis perangkat yang diuji – termasuk termostat, smart TV, dan webcams, diketahui rentan terhadap peretasan. Studi tersebut mengklaim setiap perangkat memiliki 25 buah celah keamanan.

Kerentanan perangkat-perangkat tersebut utamanya terkait dengan kurangnya kekuatan password dan lemahnya protection software. Delapan dari sepuluh perangkat tidak memiliki password yang cukup kuat dan jumlah tersebut berisiko membuat informasi pribadi pengguna diretas melalui layanan cloud.

Dalam keterangan studinya, HP menuliskan bahwa kemunculan perangkat-perangkat IoT belum fokus pada persoalan keamanan. Oleh karena itu, perusahaan teknologi informasi berbasis di Palo Alto, California, ini memutuskan untuk memulai OWASP (Open Web Application Security Project) Internet of Things Top 10 Project.

Tujuan program ini adalah untuk mengedukasi aspek utama dari keamanan perangkat IoT yang harus diketahui oleh masyarakat. Caranya dengan memberikan daftar 10 risiko keamanan paling kritikal dalam IoT.

Program semacam ini mungkin tidak asing bagi pengembang software sebelum era IoT. Linux adalah salah satu contoh sistem operasi komputer yang dikembangkan secara bebas oleh para pengembang software.

Kode Linux dapat dimodifikasi, dikembangkan, dan didistribusikan oleh siapa saja. Program OWASP membuka peluang bagi siapa saja untuk mengembangkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik.

OWASP IoT Top 10 Project HP bisa menjadi sebuah terobosan baru dalam aspek keamanan perangkat IoT yang belum banyak difokuskan oleh perusahaan teknologi. Secanggih apapun perangkat IoT, aspek keamanan menjadi sangat krusial bagi konsumen.

Garners memperkirakan akan ada 26 miliar objek IoT di dunia hingga tahun 2020. Pada tahun 2009, baru ada sekitar 9 juta perangkat yang terjual.

Menurut Anda sendiri, seberapa pentingkah keamanan sebuah perangkat? Apakah aspek keamanan menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam membeli perangkat berbasis internet?

(Berbagai sumber)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Awas, 75% Perangkat Pintar Masih Rentan Diretas

Baca selengkapnya di --> Awas, 75% Perangkat Pintar Masih Rentan Diretas



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment