Artikel ini akan menjelaskan tentang delapan cara bagi perusahaan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada customer mereka dengan menggunakan sosial media dan juga sekaligus membangun hubungan yang lebih baik dengan para customer.
1. Pay it Forward
Hotel DoubleTree dikenal dengan kue/biskuit yang mereka sajikan ketika customer datang untuk check-in.
Pada hari perayaan Chocolate Chip Cookie setiap tahunnya, mereka tidak hanya menawarkan kue kepada siapapun yang mengunjungi salah satu dari sekian banyak hotel mereka, tapi juga mereka menggunakan sosial media untuk mengundang orang lain menyebarkan rasa cinta dengan bergabung dalam sosial media mereka dan ikut menjawab pertanyaan, "Who else deserves some Cookie Care?" di Facebook, Twitter, dan Instagram, termasuk bergabung dalam hastag #CookieCare
DoubleTree mengirimkan beberapa kaleng kue dan menghargai fans yang ikut bermain dengan permainan mereka di sosial media. Ini adalah cara yang bagus untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada banyak orang.
2. Berikan kembali
TOMS Shoes memiliki bisnis model One for One – artinya untuk setiap pasang sepatu yang anda beli, mereka akan mendonasikan sepasang sepatu lagi ke anak-anak yang membutuhkan. Visi ini sangat terkenal di kalangan customer mereka.
Untuk membesarkan awareness tentang dampak sepasang sepatu gratis bagi anak yang membutuhkan ini, TOMS menciptakan acara Satu Hari Tanpa Sepatu. Sekali setahun, TOMS mendorong semua orang untuk tidak menggunakan alas kaki sama sekali untuk "meningkatkan global awareness bagi kesehatan dan pendidikan anak-anak yang membutuhkan."
Ketika perusahaan ini menanyakan customer mereka terkait hal ini, customer mereka menjawab dengan sangat antusias. Untuk menunjukkan rasa terima kasih, TOMS mengumpulkan footage dan gambar dari partisipan di seluruh dunia dan menampilkan semuanya dalam bentuk video ucapan terima kasih.
Dengan meng-highlight customer dan perbedaan yang mereka ciptakan, TOMS bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kembali ke komunitas mereka.
3. Akui kesalahan anda
Zappos dikenal dengan pelayanan mereka yang sangat luar biasa bagus. Walaupun begitu, mereka tidak bisa terlepas dari suatu kesalahan. Ketika customer mereka ada yang tidak senang dan mereka mempostingnya di Facebook, Zappos meresponnya dengan cepat untuk meminta maaf dan memberikan sebuah kupon.
Tidak ada yang sempurna, tapi mengakui dan berkata "Kami meminta maaf!" adalah cara terbaik untuk menangani kesalahan dan menunjukkan kepada customer bahwa mereka adalah orang yang penting bagi perusahaan.
Kerendahan hati dan ketulusan bisa menunjukkan bahwa anda menghargai dan menghormati customer anda.
4. Ucapkan terima kasih
Perusahaan yang besar pun sangat kegirangan ketika mereka mencapai suatu pencapaian besar. Ketika brand fashion Burberry mencapai satu juta follower di Twitter, mereka mengirimkan kartu ucapan terima kasih berbentuk virtual ke 3.000 follower Twitter mereka.
Dan apa yang dilakukan oleh Burberry ada hasilnya. Sekarang follower perusahaan ini sudah melebihi angka tiga juta follower di Twitter.
Setiap ucapan terima kasih mereka buat satu per satu dan ditujukan untuk per individu, serta ditulis oleh Chief Creative Officer Burberry dengan gaya penulisan yang indah untuk menunjukkan betapa berharganya follower mereka.
5. Dorong customer untuk memberikan cerita pribadi mereka
Selama Olimpiade London 2012, P&G menciptakan Facebook Page "Thank You, Mom," dan termasuk juga sebuah aplikasi yang memungkinkan user untuk meng-upload foto keluarga mereka dan menulis pesan ke ibu mereka.
Kampanye P&G ini sangat menarik hati siapapun yang menyaksikannya karena begitu banyak orang yang memiliki cerita mereka sendiri tentang ibu mereka yang membuat perbedaan yang besar pada kesuksesan hidup mereka.
Memberikan tempat untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada publik atas semua yang telah dilakukan oleh ibu mereka memberikan orang rasa solidaritas yang besar. Dan P&G berhasil melakukan hal ini.
6. Respon secara personal
Honda mempunyai customer base yang loyal. Sama seperti perusahaan lainnya, Honda menghargai suatu loyalitas. Ketika mereka menciptakan kampanye #HondaLove dan mengundang customer untuk berbagi cerita dan foto Honda mereka di sosial media, mereka siap dan mau melakukannya.
Honda menemukan cara untuk mengucapkan terima kasih dengan suatu respon personal (manusia ke manusia, bukan auto-response).
Walaupun membutuhkan waktu untuk mengekspresikan rasa terima kasih dengan respon yang personal, Honda berhasil menunjukkan customer dan fans mereka bahwa Honda memang benar-benar mendengar dan tertarik dengan pengalaman dan kontribusi dari para customer.
7. Give a Shout-Out
Chrome Industries adalah perusahaan yang membuat messenger bags, backpack, dan gear lainnya untuk pesepeda "yang tinggal dan mengendarai sepeda di sekitar kota." Perusahaan ini membutuhkan waktu untuk menemukan customer mereka yang loyal, lalu setelah itu mereka mengirimkan jersey Chrome Industries yang limited edition ke customer mereka untuk dipakai di sekitar kota ketika mereka sedang mengendarai sepeda.
Mereka menampilkan foto fans dan customer yang berbagi foto memakai jersey limited edition tersebut di akun Instagram mereka menggunakan hashtag #covetedjersey.
Dengan meng-highlight customer yang secara konsisten terlibat dengan brand anda dan mereka men-share-nya di sosial media mereka sendiri – adalah cara hebat untuk berterima kasih karena selama ini telah mendukung perusahaan anda.
8. Dorong suatu partisipasi
Website Epic Mom yang dimiliki oleh Vail Ski Resort memberikan suatu saran kepada suatu keluarga tentang travel, aktivitas, dan bahkan sosial media.
Dengan mengetahui bahwa ibu menghargai waktu dengan keluarga mereka dan suka berbagi kenangan. Kontributor Epic Mom, Jen Leo menulis artikel yang bagus tentang bagaimana menggunakan Instagram untuk berbagi foto petualangan keluarga (khususnya saat mereka bermain ski)
Dalam artikel ini juga ada gambar orang lain yang telah berbagi foto di Instagram menggunakan hashtag Vail Resort dan mereka menaruh link balik ke akun Instagram Vail Resort. Pembaca akan merasa terundang untuk ikut berkontribusi foto mereka dan menggunakan hashtag itu agar orang lain juga melihat foto mereka.
Kesimpulan
Inilah manfaatnya menjadi orang yang baik dan saling menghargai. Mengucapkan rasa terima kasih dan benar-benar mendengarkan keluh kesah customer adalah cara terbaik untuk memupuk hubungan yang mendalam dengan mereka. Hubungan yang baik dengan para customer bisa mengubah mereka menjadi orang yang akan mempromosikan bisnis anda ke teman-teman mereka atau bahkan masyarakat lainnya.
Sumber: socialmediaexaminer.com
Baca juga artikel sosial media yang menarik lainnya:
8 Ide Facebook Contest Yang Anda Dapat Lakukan Pada Timeline Anda Hari Ini Juga
Cara promosi di Facebook : 55 Tips Jitu Memposting di Facebook
Belajar Marketing di Media Sosial : Rahasia di Balik Empat Kontes Instagram Yang Sukses
sumber : 8 Cara Meningkatkan Relationship Dengan Para Customer Anda Menggunakan Sosial Media
Baca selengkapnya di --> 8 Cara Meningkatkan Relationship Dengan Para Customer Anda Menggunakan Sosial Media
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment