Friday, 19 September 2014

Facebook Logo

User Experience adalah salah satu elemen yang penting untuk meningkatkan retention pada suatu website atau aplikasi mobile. Berbagai cara dilakukan perusahaan teknologi untuk memanjakan para penggunanya. Itulah yang terus dilakukan Facebook demi meningkatkan pengalaman pengguna selama mereka menggunakan raksasa sosial media ini. Satu bulan terakhir ini Facebook telah melakukan beberapa perbaikan, seperti menyingkirkan konten yang memancing klik dan menawarkan fitur pencarian postingan yang sudah lama.

Dan baru-baru ini Facebook kembali mengumumkan bahwa mereka akan lebih sering menampilkan cerita/konten dari teman dan page yang anda "like" di news feed. "Tujuan kami melakukan ini adalah untuk menampilkan konten yang tepat pada waktu yang tepat kepada semua orang agar mereka tidak melewatkan konten yang penting bagi mereka," jelas Facebook pada pengumuman terbarunya ini. Perbaikan ini dilakukan karena mereka melihat bahwa ada postingan dari teman atau page yang saling berhubungan tetapi hanya menarik pada waktu yang tertentu saja. Contohnya ketika mereka menonton acara olahraga yang sama atau menonton acara TV yang sama. Selain itu juga terkadang ada konten dari satu atau dua hari lalu muncul di news feed, padahal konten itu sudah tidak relevan lagi dengan hari ini. Inilah masalah yang sedang diselesaikan oleh Facebook.

Untuk itulah Facebook melakukan perbaikan pada dua faktor dalam menentukan apakah konten itu relevan atau tidak dengan anda. Apa saja dua faktor penentu ini?

Trending Topic

Menurut Facebook, salah satu cara untuk menampilkan konten yang hanya menarik dalam waktu tertentu saja adalah menampilkan cerita yang lagi trending sesaat setelah mereka muncul, jadi anda bisa segera tahu apa yang dikatakan oleh teman atau page tentang cerita/konten yang sedang trending tersebut. Ini berarti apabila teman anda atau page saling terhubung dengan postingan yang sedang trending itu, postingan itu akan memiliki tingkat kecendrungan yang tinggi untuk muncul di news feed anda.

Facebook mengatakan bahwa mereka telah melakukan ujicoba awal pada kasus ini dan mereka melihat peningkatkan engagement sebanyak 6%.

trending headline

Melihat ketika orang me-like atau berkomentar 

Faktor kedua untuk menentukan konten yang relevan bagi anda adalah ketika orang me-like atau berkomentar pada suatu konten. "Saat ini salah satu tanda yang kami perhatikan untuk menentukan seberapa tinggi suatu konten muncul di news feed adalah jumlah like pada suatu postingan. Dengan update ini, kami akan melihat kapan orang mulai memutuskan untuk me-like, berkomentar, dan men-share konten tersebut," tutur Facebook.

Jika ternyata ada banyak orang yang me-engage postingan tersebut, itu berarti konten itu menarik dan akan memiliki tingkat kecendrungan yang tinggi supaya bisa muncul di bagian atas news feed. Secara tidak langsung ini juga menunjukkan bahwa konten yang engaging itu hanya menarik dalam waktu tertentu saja. Inilah yang menjadi faktor bahwa konten tersebut akan diutamakan Facebook.

Apakah ini akan mempengaruhi Facebook Page saya?

Sebagai penutup, Facebook mengungkapkan, "kami akan mulai merilis update ini secara bertahap, jadi jangan berharap bahwa update ini akan berpengaruh secara signifikan pada distribusi konten di news feed. Jika suatu page mem-posting konten yang berkaitan dengan trending topic atau suatu konten menghasilkan engagement yang cepat, maka kemungkinan besar konten itu akan masuk ke bagian atas news feed, namun seiring berjalannya waktu konten tersebut akan menghilang dari peredaran karena sudah tidak relevan dengan waktunya lagi.

Baca juga artikel Facebook lainnya:

Facebook Mengumumkan Dua Peningkatan Terbaru Pada Sistem Advertising Mereka

Facebook Menjelaskan Kenapa Organic Reach Mereka Menurun Selama Beberapa Bulan Belakangan Ini

Facebook Memiliki Fitur Baru yang Memungkinkan User Mengubah Profil Iklan Mereka



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Facebook Akan Lebih Sering Menampilkan Konten Dari Teman dan Page Yang Anda "Like" di News Feed

Baca selengkapnya di --> Facebook Akan Lebih Sering Menampilkan Konten Dari Teman dan Page Yang Anda “Like” di News Feed



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment