Monday 29 September 2014

Uji Coba, ERP Mulai Berlaku di Jl. Rasuna Said, JakartaElectronic Road Pricing (ERP) mulai diberlakukan di Jakarta. Sistem jalan berbayar ini di Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, mulai diuji coba oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Selasa (30/9/2014).

Sama seperti di Jalan Sudirman, Jakarta, uji coba ERP di Kuningan ini juga akan dilakukan selama tiga bulan. Kepala Dinas Perhubunggan DKI Jakarta, M. Akbar, membenarkan penerapan uji coba dilakukan pada Selasa (30/9/2014).

Sebanyak 100 on board unit (OBU) dipasang di 100 kendaraan yang terdiri dari kendaraan milik masyarakat, petugas Dinas Perhubungan, dan karyawan perusahaan.

Menurut Akbar, sama halnya seperti di Jalan Sudirman, uji coba di Kuningan juga untuk melihat operasional alat yang dipasang. Berdasarkan hasil evaluasi, kendala yang dihadapi adalah masih banyak kendaraan yang menggunakan pelat nomor modifikasi, sehingga tidak dapat terbaca alat ERP.

Dengan adanya uji coba ini, bisa dilihat kelemahan dari alat, sehingga bisa disempurnakan. Selain itu, alat juga akan disesuaikan dengan bentuk pelat nomor di Indonesia. Untuk dapat menjalankan sistem ini akan dibentuk badan otoritas ERP. Nantinya, lembaga ini akan menindak bagi kendaraan yang melanggar jalur ERP.

” Sistem akan disempurnakan untuk memahami karakter huruf di Indonesia. Jika pelat nomornya tidak terbaca, maka fisik kendaraan bisa disimpan datanya oleh sistem. Ketika nanti melintas lagi sistem bisa menandai, sehingga otoritas ERP itu bisa penangkapan di jalan,” ucapnya.

Menurut Akbar bentuk gerbang ERP Kapsch Swedia di Jalan Sudirman berbeda dengan milik Q-free asal Norwegia. Jika milik Kapsch gerbangnya seperti bentuk gawang. Sementara gerbang ERP yang dipasang di Kuningan berbentuk L terbalik. Namun secara prinsip seluruhnya tidak terlalu berbeda. Seperti penggunaan OBU, kamera dan sensor.

Area penerapan ERP dibagi dalam tiga area.

Area I, Blok M-Stasiun Kota, Jl Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jl Rasuna Said-Tendean, Tendean-Blok M serta Jl Asia Afrika-Pejompongan.

Area II, Dukuh Atas – Manggarai – Matraman – Gunung Sahari serta Jatinegara – Kampung Melayu – Casablanca – Jl Satrio – Tanah Abang.

Area III, Grogol – Roxi – Harmoni, Tomang – Harmoni – Pasar Baru, Cempaka Putih – Senen – Gambir, Cawang – Pluit – Tanjung Priok, Cawang – Tanjung Priok, Sunter – Kemayoran.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Uji Coba, ERP Mulai Berlaku di Jl. Rasuna Said, Jakarta

Baca selengkapnya di --> Uji Coba, ERP Mulai Berlaku di Jl. Rasuna Said, Jakarta



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment