Friday 26 September 2014

Pesona Wisata Pertapaan Pringgodani Blumbang, Tawangmangu – Pringgodani merupakan tempat pertapaan wilayah kekuasaan Prabu Brawijaya V atau Raja Majapahit yang terakhir pada masa pelariannya. Pringgodani ini adalah tempat pertapaan petilasan Eyang Koconegoro. Sebenarnya, pringgodani ini lebih di kenal sebagai tempat wisata religi bagi penganut aliran kepercayaan.

Masyarakat setempat bercerita bahwa kata “Pringgodani” merupakan gabungan dari kata-kata: Pring, Nggon, dan Ndani. Pring (Bahasa Indonesia = bambu) karena pring atau bambu adalah benda yang bisa dibuat apa saja, seperti manusia yang bisa berbuat apa saja; sedangkan kata nggon adalah bahasa Jawa yang artinya tempat, dan ndani adalah singkatan dari kata Jawa ndandani, yang berarti memperbaiki.

Secara keseluruhan, pringgodani berarti tempat bagi manusia untuk memperbaiki diri. Sedangkan nama Koconegoro atau sering juga disebut Eyang Panembahan Koconegoro hanyalah mitos. Sebab nama tersebut hanyalah sebuah perumpamaan, yakni: eyang artinya yang dituakan (yang tua), panembahan berarti tempat, koco berarti cermin, dan negoro artinya diri kita. Jadi, dapat diartikan sebagai tempat yang dituakan (dikeramatkan) dan bermanfaat untuk bercermin (memperbaiki) diri kita.

Berikut di bawah ini beberapa informasi tentang pesona keindahan tempat wisata Pertapaan Pringgodani di Blumbang, Tawangmangu:

Lokasi 

Pertapaan Pringgodani ini terletak di Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Akses menuju lokasi Pertapaan Pringgodani

Akses transportasi untuk menuju pertapaan Pringgodani tersebut dapat anda capai dengan menggunakan kendaraan umum atau angkutan umum dari Terminal Tawangmangu dengan jarak sejauh kurang lebih 5 km. lalu anda turun di gapura Mbok Lastri. Selanjutnya, perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 2 km.

Perjalanan

Waktu tempuh untuk menuju ke pertapaan Pringgodani kurang lebih sekitar 2 jam setengah sampai 3 jam perjalanan dengan jarak tempuh sejauh 3 km. Jalan untuk menuju ke pertapaan Pringgodani tersebut sangat sulit untuk di lewati, jalannya berundak dan jalurnya berliku-liku.

Tarif  

Pengunjung yang akan menelusuri pertapaan Pringgodani tersebut akan di kenakan tiket sekitar Rp. 5.000,-.

Keindahan wisata

Di sekeliling tempat yang akan anda lalui terdapat pemandangan alam yang hijau dan juga udara yang sangat sejuk. Selain itu, terdapat hutan lindung di kawasan Pringgodani yang terlihat begitu hijau dan juga menyegarkan mata anda. Air Terjun Pringgodani akan memberikan kesan tersendiri bagi para penikmatnya.

Masyarakat setempat juga meyakini bahwa berbagai tempat yang di keramatkan di lokasi tersebut sering di jadikan sebagai tempat ritual, salah satunya yaitu sendang pengantin. Banyak orang yang berasal dari berbagai macam daerah pernah melakukan ritual di pertapaan Pringgodani ini.

Demikian beberapa informasi yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai tentang pesona wisata Pertapaan Pringgodani di desa Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Pesona Wisata Pertapaan Pringgodani Blumbang, Tawangmangu

Baca selengkapnya di --> Pesona Wisata Pertapaan Pringgodani Blumbang, Tawangmangu



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment