Memaksimalkan potensi dan meningkatkan growth pada suatu startup untuk mencapai hasil yang gemilang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meskipun tidak banyak, namun ada beberapa startup yang rela menggelontorkan uang hingga ratusan miliar hanya untuk beriklan di TV dalam rangka meningkatkan traffic dan brand awareness pada startup tersebut. Mereka semua termasuk startup yang boros dan tidak bisa memaksimalkan potensi dunia internet dalam hal meningkatkan traffic dan brand awareness.
Untuk itulah, pada acara Game of Growth pada hari kamis yang lalu, Achmad Zaky, CEO Bukalapak membagikan beberapa rahasianya dalam meningkatkan growth pada Bukalapak. Zaky mengakui bahwa dengan budget yang sangat terbatas, ia bisa meningkatkan peringkat website Bukalapak hingga menjadi website ke-30 terbesar di Indonesia, menurut data di Alexa. Selain itu, Bukalapak juga menguasai beberapa keyword dengan volume pencarian yang tinggi, seperti "situs jual beli," "jual sepeda," dan masih banyak lagi selama keyword itu masih berhubungan dengan e-commerce. Jadi, bagaimana Bukalapak bisa melakukan semua ini?
1. Search Engine Optimization (SEO)
"Banyak orang di Indonesia menganggap bahwa SEO itu adalah suatu kerjaan untuk 'mengakali' Google agar website kita masuk ke halaman pertama di hasil pencarian. SEO memiliki kesan yang negatif bagi orang Indonesia, padahal di negara luar, SEO sudah menjadi suatu keahlian tersendiri yang dimiliki oleh suatu individu," jelas Zaky.
Pada dasarnya elemen utama pada SEO itu terletak pada informasi, semakin banyak informasi yang anda miliki pada suatu website, semakin tinggi peringkat website anda di mata suatu search engine. Tapi perlu diingat bahwa informasi dan konten yang disediakan haruslah berkualitas karena jika tidak, peringkat ataupun traffic website anda tidak akan naik secara signifikan. Sebagai contoh dalam kasus suatu toko online, semakin banyak produk yang anda masukkan ke dalam website, semakin tinggi kemungkinan bahwa produk itu akan muncul di hasil pencarian.
Zaky mengatakan," saat ini Bukalapak memiliki satu juta produk yang live di website dan sekitar 3-5juta produk tidak live, namun semua produk tersebut sudah masuk ke dalam database Google. Jadi ketika anda mencari suatu produk di Google, Bukalapak termasuk website yang akan sering muncul di hasil pencarian Google karena kami memiliki banyak produk tersimpan di database Google."
Semakin banyak konten, semakin tinggi peringkat website tersebut. Hal seperti ini juga terjadi di TripAdvisor, situs review hotel dan tempat-tempat wisata. Bagaimana TripAdvisor melakukannya? Yang dilakukan situs ini adalah melakukan crawling ke berbagai website untuk mengambil konten yang berhubungan dengan review hotel dan memasukkannya ke TripAdvisor. Ini menyebabkan konten di TripAdvisor membengkak dan memicu orang lain untuk ikut juga menulis review di situs ini. Dan lama-kelamaan situs ini memiliki traffic dan peringkat yang sangat tinggi dalam hal pencarian hotel dan tempat-tempat wisata di dunia.
Zaky lalu juga menambahkan bahwa hal ini juga terjadi di Kaskus dimana admin-nya memiliki ratusan akun duplikat yang mana setiap akun ikut mem-posting konten dan lalu men-share-nya di berbagai sosial media. Ini menyebabkan Kaskus memiliki konten yang banyak dan traffic yang masuk pun juga ikut meningkat. Reddit pun juga melakukannya.
Ini lah kenapa Kaskus dan Detik termasuk website terbesar di Indonesia. Mereka memiliki konten dalam jumlah yang sangat besar.
(Baca Juga: Belajar Customer Development Bersama Achmad Zaky @Bukalapak)
2. Word of Mouth/Sosial Media
Omongan dari orang-orang, baik secara langsung maupun melalui sosial media juga ikut mempengaruhi pertumbuhan pada suatu website. Jika anda bisa menciptakan sesuatu yang unik yang bisa membuat orang penasaran pada produk anda, maka produk anda akan menjadi buah bibir di masyarakat. Menurut Zaky, "hal inilah yang termasuk faktor kesuksesan Angry Birds dan juga Flappy Bird. Tidak hanya itu, D'Cost juga menjadi omongan di masyarakat karena harga es teh mereka yang terkenal murah, yaitu hanya Rp500," ungkapnya.
Zaky menambahkan bahwa word of mouth juga menjadi faktor kesuksesan Bukalapak dimana di masa awal Bukalapak, situs jual beli ini menjadi website yang terkenal dengan berjualan sepeda beserta suku cadangnya. Ketika Indonesia sedang demam sepeda fixie, Bukalapak menjadi situs rekomendasi ketika ada seseorang yang sedang ingin membeli sepeda ataupun suku cadangnya. Momen inilah yang menjadi awal majunya Bukalapak hingga menjadi besar seperti saat ini.
Ia juga menyarankan," startup haruslah memiliki suatu keunikan pada produknya karena produk yang unik akan menjadi bahan omongan di kalangan banyak orang."
Saat ini Bukalapak memiliki sistem transfer yang secara otomatis akan langsung melakukan konfirmasi apabila customer sudah membayar dan sistem ini juga menjadi bahan omongan tentang Bukalapak.
3. Virality
Zaky mengatakan bahwa virality bisa membuat biaya marketing anda hampir menyentuh angka nol. Sebenarnya virality tidak jauh berbeda dengan word of mouth, namun virality berjalan dengan sistematis dan benar-benar didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan dampak yang sangat luas dan juga besar.
Sosial media menjadi faktor utama kenapa virality ini bisa terjadi khususnya di Indonesia. Dengan besarnya jumlah pengguna sosial media di Indonesia, Bukalapak tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Itulah kenapa Bukalapak membuka fitur Facebook dan Twitter Connect dimana ketika produk anda sudah di-upload ke Bukalapak, produk tersebut akan secara otomatis juga di-posting ke Facebook dan juga Twitter anda.
Dan bisa dipastikan bahwa tema-teman anda, baik di Facebook maupun Twitter akan melihat postingan anda ini dan mengunjungi link tersebut.
Zaky mengatakan bahwa virality (link yang beredar di sosial media) berkontribusi 20% dari total traffic yang masuk ke Bukalapak. Sedangkan sekitar 30% berasal dari word of mouth dan sekitar 50-60% bersumber dari SEO atau organik traffic.
Dropbox juga memiliki cara yang menarik untuk meningkatkan jumlah user, yaitu dengan sistem referensi. Cara kerjanya adalah jika anda sebagai user mau mereferensikan Dropbox ke beberapa teman anda, baik melalui email ataupun sosial media, maka jumlah kapasitas penyimpanan anda di Dropbox meningkat sekian persen. Cara ini terbukti menjadi awal pertumbuhan Dropbox.
(Baca Juga: 5 Kasus Growth Hack Yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya)
4. Sales/Agent
"Jangan remehkan orang sales, mereka adalah orang yang memberikan hasil yang nyata kepada bisnis anda."
Begitulah pendapat Zaky mengenai betapa pentingnya sales untuk menjual produk/layanan pada bisnis anda. Sales juga merupakan salah satu faktor banyaknya jumlah merchant di Bukalapak. Dengan membuat sistem dan pola yang jelas, anda sebagai pemilik bisnis bisa menetapkan target kepada sales.
Sebagai contoh pada kasus di Bukalapak, Zaky menetapkan target bahwa setiap orang sales orang sales harus bisa mendaftarkan 100 merchant untuk bergabung di Bukalapak setiap bulannya. Namun terkadang hasilnya pun bisa di luar dugaan, yaitu mencapai 150 merchant. Zaky mengatakan apabila anda sudah tahu rumus yang tepat dalam mencari customer, anda pasti bisa melipatgandakan hasil yang diciptakan oleh tim sales.
Tapi bagaimana jika anda belum bisa membayar orang sales untuk melakukan pekerjaan ini?
Mungkin anda harus bergerilya seperti apa yang dilakukan Zaky di masa awal Bukalapak. "Di masa awal Bukalapak saya merangkap pekerjaan menjadi orang sales dimana saya menghubungi 1000 pengguna Kaskus untuk mengajak mereka bergabung ke Bukalapak setiap harinya. Jika setiap harinya ada 10 orang yang bergabung, berarti ada 300 orang yang bergabung ke Bukalapak setiap bulannya. Ini bukanlah jumlah yang kecil," jelas Zaky.
Ia menambahkan bahwa apabila 300 merchant ini puas, mereka akan menyebarkan berita ini ke teman-temannya, dan di sinilah word of mouth terjadi. Melalui word of mouth, merchant yang bergabung pun semakin banyak, ini berarti produk yang masuk pun juga semakin banyak. Secara otomatis, sudah bisa dipastikan bahwa SEO website Bukalapak akan meningkat dengan tajam hingga menciptakan suatu virality. Dan ini semua akan terjadi secara berulang-ulang. Tidak heran sekarang Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli yang terbesar di Indonesia.
Lalu Zaky menutup poin keempat ini dengan, "apabila selama setahun bisnis anda masih mengandalkan sales secara penuh untuk meningkatkan jumlah user/revenue, itu menunjukkan bahwa ada yang salah pada bisnis anda karena poin 1-3 tidak terjadi pada bisnis anda."
5. Paid Advertising
Iklan berbayar khususnya di TV bukanlah prioritas utama di Bukalapak untuk saat ini. Dalam memanfaatkan iklan berbayar, Bukalapak menggunakan Google Adwords untuk meningkatkan brand awareness dan juga traffic karena kinerja Adwords lebih menonjol dibanding channel lainnya.
Selama beriklan, anda harus bisa mengukur ROI (Return On Investment) yang akan anda terima nantinya. Anda juga harus tahu biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan satu customer dan juga besarnya dampak yang dihasilkan pada iklan tersebut.
Ke depannya, Zaky mengatakan bahwa Bukalapak ingin mencoba untuk beriklan di TV. Ia ingin tahu secara langsung seberapa besar dampak yang bisa dihasilkan melalui iklan di TV, karena ia mendengar dari beberapa temannya yang sudah pernah beriklan di TV bahwa puncak traffic yang dihasilkan melalui beriklan di TV hanya 100 visitor dengan biaya beriklan yang mencapai Rp250 juta. Tentu ini bukanlah ROI yang anda harapkan sebagai pemilik bisnis.
Tapi tentulah ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum kita bisa menentukan hasil dari iklan di TV secara pasti.
Saat ini total visitor di Bukalapak sudah mencapai 300.000 dengan 2.000.000 pageview setiap harinya.
Baca Juga:
22 Cara Gratis Untuk Mendapatkan Banyak User Pada Aplikasi atau Produk Anda
Cara Meningkatkan Waktu Kunjungan Website Tanpa Perlu Mengerti SEO
sumber : Achmad Zaky Membagikan Rahasianya Dalam Melakukan Growth Hacking di Bukalapak
Baca selengkapnya di --> Achmad Zaky Membagikan Rahasianya Dalam Melakukan Growth Hacking di Bukalapak
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment