Thursday 19 December 2013

Muhammad Nashihun, ST (36 tahun) adalah owner Plaza GPS, sebuah toko online yang menjual alat pemetaan dalam berbagai range versi dan harga untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya adalah GPS. Meskipun penggunaan GPS kini sudah menjangkau berbagai golongan, GPS bisa dikatakan masih tergolong ke dalam benda yang tidak lazim di masyarakat jika dibandingkan baju, beverage, atau smartphone. Maka pemasarannya tentu membutuhkan effort yang ekstra. Pada suatu kesempatan, Annas (Muhammad Nashihun) membagikan ceritanya menjadikan Plaza GPS sebagai one stop toko alat pemetaan di Indonesia.

T: Halo pak Annas, di dalam gpsmurah.com tersedia range produk yang sangat luas. Bagaimana anda memulai dan berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis anda?

A: Sebelum bekerja sebagai full time enterpreneur, saya kerja sebagai karyawan di bisnis penjualan GPS khusus pemetaan yang harganya ratusan juta. Padahal banyak pula jenis GPS yang lebih dibutuhkan orang awam sekedar untuk penunjuk jalan, atau biasa disebut GPS Navigasi. Harganya murah, berkisar antara 1 jutaan. Ketika bertemu customer, seringkali mereka menanyakan GPS type ini. Dari sinilah saya melihat ada peluang, karena belum banyak orang jual. Akhirnya tahun 2006, saya mulai membeli domain www.gpsmurah.com dengan modal awal hanya 200 ribu. Saya buat web semacam blog saja, tapi respon sangat luar biasa. Bisnis kita handle dari rumah selama dua tahun pertama. Alhamdulillah tahun berikutnya kita bisa menempati tempat yang lebih layak di Mall di Tangerang.

T: Berarti anda pernah jadi karyawan. Seperti apa proses perpindahan anda ke dunia enterpreneur?

A: Tahun 2002, saya merantau ke Jakarta sebagai karyawan. Sebagai karyawan, saya harus berangkat subuh dan pulang malam hari. Tapi pendapatan pas-pasan dan tidak pernah bisa menabung. Ketika saya menikah, saya tidak mungkin mempertahankan kondisi seperti ini. Saya ingin sekali punya waktu dan pendapatan yang cukup untuk mensejahterakan keluarga. Karena saya punya background di dunia survey dan pemetaan, maka saya punya ide untuk membuka toko online yang menjual alat-alat pemetaan. Saya minta istri saya yang handle dari rumah. Alhamdulillah tahun 2006 saya mulai buka dan marketnya cukup bagus.

T: Menurut pengalaman anda, apa hal yang paling membedakan antara karyawan dan enterpreneur?

A: Seorang enterpreneur harus berani ambil resiko. Ada kalanya kita harus berspekulasi dalam mengambil keputusan. Kalau menjadi karyawan, kita dalam posisi safety player di mana yang menanggung kerugian adalah bos kita. Sedangkan seorang enterpreneur harus siap menanggung resiko terburuk.

T: Dan apakah Anda pernah punya pengalaman harus menanggung resiko terburuk itu?

A: Pernah. Pada waktu itu saya masih awal buka usaha. Ada orderan seratus juta lebih sampai saya harus kuras tabungan. Kita sudah orderin ternyata pembelinya gak jadi beli. Padahal barang tersebut termasuk barang yang susah dijual. Tapi dari situ kita bisa banyak belajar, harus lebih hati-hati dan waspada.

T: Apa yang menjadikan gpsmurah.com beda dengan bisnis lain yang mungkin punya konsep yang sama dengan bisnis anda?

A: Jualan GPS itu memerlukan support khusus. Kebetulan background pendidikan saya sesuai dengan bidang ini. Jadi banyak customer nyaman untuk konsultasi lebih dulu dengan kita sebelum memutuskan untuk membeli.

T: Apa latar belakang pendidikan Anda? 

A: Saya lulusan S1 Teknik Geodesi UGM Yogyakarta.

T: Apa prestasi gpsmurah.com yang menurut anda paling memuaskan?

A: Ketika banyak vendor yang percaya pada kita. Seiring dengan perkembangan usaha kita, banyak vendor-vendor menawarkan kita sebagai distributor resmi. Bahkan mereka bisa  memberikan termin pembayaran dengan waktu yang lebih longgar. Hal ini sangat membantu sekali. Banyak juga produsen-produsen internasional menawarkan produknya untuk kita pasarkan.

T: Apa rencana ke depan yang anda miliki untuk mengembangkan gpsmurah.com?

A: Untuk pengembangan bisnis, saya ingin memperbanyak cabang-cabang di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Walaupun  bisnis online bisa menjangkau tanpa batas jarak, tapi saya menilai keberadaan kantor perwakilan akan sangat mendukung bagi perkembangan bisnis kami di masa depan.

T: Menurut Anda, apa saran terbaik yang dapat anda berikan seputar dunia enterpreneur?

A: Dalam berbisnis, kita harus selalu menjaga kepercayaan. Kepercayaan customer dan rekanan itu nomor satu. Tanpa itu, bisnis kita akan hancur. Maka kita harus selalu menjaga reputasi kita.

T: Baik sekali Pak Annas. Terimakasih telah berbagi cerita anda dengan Mebiso. Semoga sukses selalu untuk gpsmurah.com :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Berbagi Cerita Enterpreneur Sebagai Sebuah Karir dengan Pemilik Plaza GPS



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment