Friday 27 December 2013

Membuat website toko online e-commerce tidak lagi sesulit dahulu, telah tersedia banyak template gratisan yang bisa kita gunakan semau kita. Kita hanya perlu sewa hosting, selanjutnya install theme gratisan tersebut. Atau kalau mau buat toko online blospot, juga tersedia banyak template gratisan yang bisa dengan mudah digunakan.

Tapi yang gratisan selalu tidak lebih baik dari yang berbayar, tetap saja membeli desain website/blog pilihan tepat untuk anda yang mau serius bisnis di internet. Karena Theme atau template gratisan biasanya banyak digunakan orang, anda sebaiknya melakukan sedikit modifikasi agar tampilan website anda nampak berbeda dari punya orang lain. Kalau anda tidak bisa melakukan modifikasi tampilan, maka jasa modifikasi bisa anda sewa.

Saya penyuka theme atau template gratisan, meskipun saya sendiri menjual jasa pembuatan blog blogspot dan website wordpress murah plus konsultasi dalam pengelolaannya. Beberapa minggu belakangan saya berburu theme gratis untuk membuat website toko online. Saya menemukan beberapa buah theme gratis yang cukup menarik. Terbanyak dari theme tersebut adalah theme wordpress.org.

Hanya saja kebanyakan theme gratis selalu ada kekurangan. Misalnya:

  • Keranjang belanja yang tidak tampil bagus. 
  • Desain template yang ala kadarnya. 
  • Sulit dimodifikasi.
  • Opsi fasilitas shipping yang tidak mendukung untuk penyedia jasa pengiriman dalam wilayah Indonesia. 

Tidak tersedianya fitur shipping atau opsi pengiriman paket dalam negeri mungkin wajar mengingat theme atau template tersebut dirancang untuk kebutuhan orang barat sana, jadi kebanyakan darinya hanya mendukung jasa pengiriman tertentu misalnya untuk wilayah USA atau pengiriman paket internasional semisal Fedex, UPS dan sebagainya. Inginnya saya ada theme yang terkoneksi dengan jasa pengiriman dalam negeri seperti yang biasa saya gunakan misalnya TIKI online, JNE atau Pos Indonesia.

Website www.softaculous.com yang adalah software installer yang mempermudah pengguna menginstal software di hosting web hanya dengan beberapa kali klik saja. Ia menyediakan beberapa buah software ecommerce gratis. Salah satunya adalah software website ecommerce AbanteCart. Abantecart adalah software website toko online ecommerce yang bisa digunakan gratis. Anda hanya perlu sewa jasa hosting dan selanjutnya dengan softaculous anda bisa dengan mudah install abantecart di hosting web yang anda sewa.

Hanya saja seperti yang saya kemukakan diatas bahwa salah satu kekurangan dari abantecart adalah hanya menyediakan opsi pengiriman paket internasional atau antar negara. Menu yang tersedia di akun admin tidak menyediakan opsi pengiriman melalui jasa paket dalam negeri. Anda terpaksa menyiasatinya dengan cara tertentu agar tetap bisa memberikan kemudahan kepada konsumen toko online anda.

Tapi selain kekurangan disisi fitur pengiriman (shipping methods), AbanteCart memiliki cukup banyak kelebihan seperti:

  • Desain yang menarik.
  • Bisa input produk dengan mudah. 
  • Tersedia pula fasilitas manajemen data konsumen. 
  • Data stok produk. 
  • Bisa dengan mudah menampilkan atau tidak menampilkan produk tertentu hanya dengan satu kali klik.  Jadi produk yang sudah habis stok bisa dengan mudah anda buat tidak tampil di website.

Terlepas dari kekurangan diatas saya tertarik mencobanya dan merekomendasikan abantecart kepada peserta belajar blog dan bisnis online yang saya selenggarakan.

Mungkin anda punya pilihan yang lebih baik dari software abantecart, silahkan anda informasikan di kotak komentar.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Cara Bisnis Online, Cara membuat blog, pemasaran online

Baca selengkapnya di --> Membuat website toko online dengan abantecart



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment