Jerman bersorak di akhir pertandingan Piala Dunia pada Senin dini hari (14/7) menandai kemenangan tim Der Panser. Dari perspektif bisnis, kemenangan Jerman adalah kemenangan merek sponsornya.
Piala Dunia bukan hanya pertaruhan reputasi bagi tim yang bertanding, tetapi juga pertaruhan reputasi dan uang bagi merek yang mendukung timnya. Miliaran dolar dipertaruhkan untuk pemasaran dan sponsorship. Mendukung tim yang benar, membawa kemenangan pula bagi merek.
Adidas sebagai sponsor resmi FIFA dan kedua tim finalis – Argentina dan Jerman, sudah barang tentu memetik keuntungan. Ditambah lagi merek asal Jerman ini juga memproduksi bola Brcuza khusus untuk ajang ini.
Peluncurannya dilakukan secara luas melalui media sosial. Sehari setelah ajang Piala Dunia berakhir Adidas membuat rekor kesepakatan senilai US$ 1,3 juta selama 10 tahun dengan Manchester United.
Bukan hanya Adidas yang menikmati spotlight atas kemenangan Jerman. Nike, meskipun bukan sponsor Piala Dunia, tapi apparel ini menjadi endorser salah satu pemain tim Jerman, Mario Gotze.
Terlebih, berdasarkan Visible Measure video iklan Nike dalam kampanye bertajuk Risk Everything merupakan video bertema Piala Dunia yang paling banyak ditonton dengan total sekitar 240,6 juta kali dilihat.
Di bawah Nike, video iklan yang paling banyak ditonton adalah Samsung dengan 124,4 juta kali, Adidas dengan 90,3 juta kali, Kia dengan 27,8 kali, dan Beats by Dre 24,5 juta kali.
Satu lagi merek yang turut merasakan kemenangan Jerman adalah merek bir putih Budweiser. Merek ini tidak secara langsung memberikan sponsorship kepada timnas Jerman. Tapi, diuntungkan melalui brand ambassador-nya, Rihanna, yang mendukung timnas Jerman.
Rihanna beberapa kali membuat kemeriahan di jagat Twitter dengan foto-foto selfie-nya saat menonton langsung pertandingan final Jerman Vs Argentina.
Aksi merek-merek di ajang olahraga berskala dunia tahun ini memberikan pelajaran bagi kita para pengusaha UKM bagaimana sebuah momen menjadi begitu signifikan bagi pemasaran. Merek yang menang, mereka yang mengambil posisi yang tepat di saat yang tepat.
Nah, tinggal kita mempersiapkan apa kira-kira strategi yang bisa kita pakai dalam rangka memanfaatkan momen Piala Dunia di Rusia pada 2018 mendatang.
(Berbagai sumber)
sumber : Kemenangan Jerman, Kemenangan Bagi Brand Sponsornya
Baca selengkapnya di --> Kemenangan Jerman, Kemenangan Bagi Brand Sponsornya
Share Artikel ini! »»
|
|
Tweet |
0 comments:
Post a Comment