Friday 23 May 2014

Sebuah bisnis yang mampu mencapai sukses tentu tidak terlepas dari bagaimana pemimpinnnya bekerja dan memberikan hidupnya untuk bisnis tersebut. Ini yang juga membuat seseorang mampu dijuluki sebagai seorang pemimpin bisnis yang sukses. Namun kesuksesan ini bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Ada banyak yang harus dilakukan dan dimiliki oleh seseorang saat mereka ingin menjadi seorang pemilik bisnis yang sukses. Berikut ini adalah hal yang mereka butuhkan untuk bisa menjadi pemilik bisnis yang sukses, dan manakah yang sudah Anda berikan untuk perjalanan bisnis Anda sebagai seorang pemimpin?

1. Ketegasan

Sebagai seorang pemilik bisnis dan pemimpin perusahaan, kita diharuskan memiliki rasa yang kuat, bahkan sekalipun untuk sebuah tim kecil. Rasa disini dapat berupa ketegasan kita dalam mengambil dan memutuskan sesuatu. Karena bagaimanapun setiap pemilik bisnis akan selalu dihadapkan dengan berbagai keputusan sulit setiap harinya. Pemilik bisnis juga harus mampu mendengarkan nasehat yang diberikan kepadanya, sekalipun itu dari karyawan. Ia juga harus memiliki pikiran yang terbuka untuk setiap masalah, agar mampu mencari solusi untuk masalah yang dihadapinya.

2. Kreativitas

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu ada hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik bisnis sekalipun. Hal itu adalah kreativitas dalam menciptakan ide – ide baru untuk bisnis mereka. Setiap pemilik bisnis harus memiliki ide yang bukan hanya sekedar unik, tapi juga inovatif yang terkadang juga didapatkan dari luar pemikiran mereka sendiri. Pemilik bisnis juga harus mampu mencari solusi untuk setiap masalah yang ia hadapi dan tidak dimiliki oleh orang lain. Intuisi kreatif sangat penting dalam membangun pondasi bisnis yang sukses. Mereka harus mampu memiliki ide yang besar dan solusi yang unik dan dikemas dalam sebuah cara yang cerdas.

3. Keberanian

Siapapun yang telah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, tentu harus memiliki rasa berani yang tinggi. Karena bisa dibilang dunia bisnis tidak semudah dan seramah dengan apa yang banyak dibayangkan. Setiap pemilik bisnis harus memiliki sikap berani, baik dalam mengambil keputusan ataupun mencari cara sekalipun itu dirasa tidak mungkin untuk dilakukan. Setiap pemilik bisnis harus berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan dari apa yang mereka putuskan.

4. Semangat

Tidak ada yang bisa mengurangi kinerja sebuah perusahaan kecuali mereka mengurangi semangat mereka sendiri. Ini juga harus dimiliki oleh seorang pemilik bisnis. Jika kita ingin sukses dalam membangun sebuah bisnis, hal yang paling dan harus dilakukan adalah menumbuhkan rasa ingin sukses dan semangat yang besar. Ini lebih cenderung pada pemikiran positif yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Karena ketika mereka memulai bisnis benar – benar dari bawah, dan mereka bersemangat untuk membangun bisnis tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis itu akan bisa berkembang dan membawanya menggapai kesuksesan.

5. Akal

Terkadang apa yang kita kerjakan dan dapatkan berada diluar rencana yang sebelumnya kita buat. Itu sebabnya siapapun pemilik bisnis harus mampu berfikir dan bereaksi dengan cepat terhadap satu situasi yang tidak diduga sebelumnya. Ini tidak membuat kita harus mampu berfikir apa yang akan terjadi di awal. Tapi yang jelas adalah kita harus memiliki pemikiran untuk selalu siap dalam menghadapi ujian dalam bisnis kita suatu saat nanti.

6. Kejujuran

Kejujuran menjadi salah satu kunci kesuksesan setiap orang, siapapun dan apapun pekerjaannya. Karena saat kita sudah mulai tidak jujur dalam bekerja, maka bersiaplah untuk mendapatkan masalah dari apa yang kita perbuat sebelumnya. Kejujuran ini bisa dimulai dari diri sendiri, rekan kerja, karyawan, pelanggan, provider atau yang lainnya. Jangan memberikan janji atau menetapkan tujuan yang belum benar – benar Anda yakini dapat dicapai. Kitapun juga tidak bisa memberikan janji terhadap pelanggan melalui promosi yang kita lakukan.

7. Sosialisasi

Menjadi seorang pemilik bisnis bukan hanya harus mampu mengembangkan bisnisnya secara terus menerus sekalipun sudah dikatakan sukses. Tapi mereka juga harus mampu mengambangkan komunikasi mereka dengan sesama pemilik bisnis atau orang – orang lain sekitarnya. Karena bagaimanapun sosialisasi dalam kehidupan sungguh sangat dibutuhkan. Sekalipun Anda sudah menjadi seorang pengusaha sukses, tapi Anda tentu membutuhkan seorang rekan, relasi dan juga teman untuk berbagi. Ini nantinya akan membantu kita dalam mempromosikan bisnis kita dengan lebih mudah.

8. Dedikasi

Menjalankan sebuah bisnis bukanlah sebuah tugas yang bisa kita lakukan di tengah – tenagh jalan. Jika kita memang ingin sukses membangun sebuah bisnis, maka kita harus mampu dan mau untuk mencurahkan segenap waktu, tenaga dan pikiran kita untuk bisnis ini. Kita memang harus berusaha mengoptimalkan setiap jadwal kerja dengan tidak mengganggu keseimbangan kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Tapi tetap pastikan kita untuk bisa fokus dalam pencapaian target harian, minggu dan bulanan.

9. Berpikir ke depan

Siapa yang bisa sukses jika hanya berfikir pada satu titik dan tidak memiliki fikiran ke depan. Seorang pemilik bisnis harus selalu berfikir ke banyak arah. Mereka harus berfikir ke depan untuk dapat mencari jalan keluar dan mencari inovasi terbaru untuk bisnisnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah perencanaan masa depan. Pemilik bisnis harus selalu update terhadap perkembangan dunia bisnis ataupun teknologi yang sedang terjadi di masyarakat. Ini akan membantu dalam membuat rencana pengembangan bisnis kita nantinya.

10. Fleksibel

Fleksibilitas disini lebih ditekankan kepada kemampuan kita untuk bisa berfikir lebih praktis dan berbeda, terlebih saat kita melakukan suatu hal yang diluar rencana kita sebelumnya. Pemilik bisnis akan lebih dihargai oleh pelanggan atau mitar bisnis Anda, ketika Anda menunjukkan fleksibilitas daripada Anda keras kepala mencoba untuk membuktikan apa yang Anda yakini sendiri.

Baca juga:

6 Hal yang Bisa Membantu Anda Mencapai Sukses

12 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kita Contoh

10 Ciri Seorang Enterpreneur Sukses



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 10 Hal yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment