Saturday 31 May 2014

Head to Toe adalah sebuah toko online yang menjual berbagai jenis kebutuhan wanita akan produk kecantikan dan kesehatan. Menjadikan ini sebagai peluang bisnis adalah salah satu cara Sani Halim Pranoto(22) untuk mencapai sukses. Wanita lulusan Macquarie University bidang Accounting ini memang bukan pertama kali mengenal dunia bisnis. Karena sejak kecil, ia sudah diperkenalkan dengan bisnis keluarga dan pernah juga membuka sebuah bisnis saat menempuh pendidikan di bangku kuliah, tepatnya di Australia. Dan saat ini ia fokus mengembangkan bisnis online miliknya yaitu Headtotoe.asia. Bagaimana kisahnya? Ini dia ulasannya:

Selamat sore Ibu Sani, bisa diceritakan terlebih dahulu bagaimana awal mula Anda masuk ke dunia enterpreneur? Serta pengorbanan apa yang pernah Anda lakukan untuk menjadi seorang enterpreneur?

Saya mulai mengenal dunia entrepreneur sejak saya kecil, dimana kemampuan saya terus diasah seiring seringnya saya terlibat dalam menjaga toko nenek. Kemampuan ini semakin diasah ketika saya SMA dimana saya terkadang dipercaya untuk menjaga toko ketika orang tua saya sedang berlibur. Ketika, saya di Australia saya juga sempat bekerja. Ini yang membuat saya menjadi terlatih untuk menjadi seorang enterpreneur.

Bagi saya pengorbanan untuk menjadi seorang enterpreneur adalah ketika bekerja extra dengan kata lain kerja hingga larut malam, terus memutar otak untuk peluang-peluang yang ada, dan menyisihkan waktu kosong untuk terus belajar (seminar, membaca buku).

Namun sebelumnya, apa sih Headtotoe itu sendiri Bu?

Headtotoe merupakan bisnis online saya yang bergerak di industri beauty, mulai dari hair care, makeup hingga waxing.

Latar belakang dari bisnis ini sendiri yaitu dari nspirasi pertama kali saya, yaitu ketika saya sedang browsing dan menemukan online shop dari toko kesehatan ternama di Australia yang menjual berbagai kebutuhan kecantikan. Ketika saya kembali ke Indonesia, saya jarang menemukan online shop yang benar-benar memenuhi kebutuhan makeup, hair care, etc, dimana kebanyakan yang saya temukan bergerak dibidang clothing dan accessories. Dari situlah, saya mulai membuat konsep online shop yang khusus memenuhi berbagai kebutuhan kecantikan.

Apa saja yang Anda lakukan untuk memasarkan bisnis ini?

Saya memasarkan produk disini melalui sosial media dan toko online lainnya. Sampai saat ini saya sudah memasarkan produk di Headtotoe ini di seluruh wilayan Indonesia dan juga di Malaysia.

Lalu bagaimana strategi Anda dalam menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk?

Kami memiliki motto dan komitmen untuk tetap memberikan kualitas produk terbaik dengan harga yang terjangkau. Kami memandang volume adalah bagian yang paling penting untuk perkembangan bisnis ini.

Apasih yang membedakan bisnis Ibu dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Kita selalu memberikan pelayanan terbaik, barang kualitas, dan harga murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Selama menjalani bisnis ini apa prestasi yang pernah Anda raih sebagai seorang enterpreneur?

Ini tahun pertama saya menjalani bisnis online, namun kita telah mensupply peralatan kecantikan kita keseluruh Indonesia. Mempunyai follower 1000 lebih yang tertarik pada produk kita dan bukan spammers, dan sekarang terpilih menjadi narasumber untuk PT.Beon Intermedia yaitu melalui Mediabisnisonline.com

Wah terimakasih Bu telah menjadikan kami salah satu prestasi bagi Ibu. Dan jika ditanya tentang pengalaman, menurut Anda, pengalaman apa yang paling berkesan bagi Anda?

Pengalaman paling berkesan bagi saya adalah saat saya mengenal dunia kecantikan lebih dalam terutama di dalam bidang makeup, langsung dari para expert dan mendapatkan teman-teman baru. Ini menjadi pengalaman terbaik dan paling berkesan bagi saya.

Bagaimana cara Anda dalam menilai ruang lingkup market bagi bisnis Anda yang ada saat ini?

Menurut saya market di Indonesia ini masih sangat luas, banyak yang dapat digali. Untuk itu, saya akan terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi.

Menurut Ibu sendiri, tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi selama menjalani bisnis ini?

Tantangan dan kendala bisnis bagi saya adalah saat supply barang yang tidak selalu ada dan saya menyadari itu dengan melakukan inventory management. Kepercayaan customer saya berhasil atasi dengan terus memposting feedback – feedback dari customers dan terus meng-encourage pembeli untuk memposting opini tentang Head to Toe dan produk yang telah dibeli.

Apa nih rencana Ibu kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Saya ingin membuat sebuah Showroom dan aktif hadir pada event – event yang diadakan di seluruh Indonesia.

Bagi Anda siapa tokoh yang paling memotivasi Anda sebagai seorang enterpreneur?

Saya sangat mengidolakan sosok Thomas A. Edison. Dan ada quote beliau yang paling berkesan bagi saya, yaitu "I haven't failed, I have just found 10.000 ways that wont work"

Apakah Ibu ingin memberikan saran untuk para enterpreneur online di luar sana?

Dalam Memulai sesuatu tidak mudah, terjatuh di tengah perjalanan itu hal yang wajar, namun teruslah berlari (perseverance) dan memberikan yang terbaik  pasti akan menghasilkan sesuatu.

Untuk yang terakhir nih Bu, apakah Ibu memiliki tips seputar bisnis online yang ingin Ibu bagi kepada para pelaku bisnis online lainnya?

Semua pemilik bisnis harus terus memberikan update mengenai online business kamu dan terus menjalin jaringan. Selalu bertindak transparent terhadap customer karena jantung dari online shop adalah kepercayaan.

Wah terimakasih Bu atas kesempatannya sudah mau berbagi cerita dan pengalaman menjalankan bisnis online ini. Semoga Ibu Sani beserta Headtotoe.asia semakin dan sukses selalu. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Menjaga Kepercayaan Setiap Pelanggan adalah Kunci Sukses Toko Online Produk Kecantikan ala Headtoto.asia.



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment