Thursday 22 May 2014

Keinginan untuk memiliki usaha sendiri dan kejeliannya melihat peluang, Ibu Antonia Haryanti(26) bersama rekannya melakukan kolaborasi untuk membangun sebuah bisnis online. Bisnis online ini lebih dikhususkan kepada segala kebutuhan Bayi. Karena Ibu Antonia melihat bahwa saat ini Ibu – ibu rumah tangga, terlebih yang juga menjadi seorang pekerja kesulitan untuk mencari kebutuhan bayi mereka. Dan kolaborasi ini diciptakan untuk memberikan solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat tersebut. Dan berikut ini cerita yang dibagikan kepada tim Mebiso. Mari simak bersama :)

Halo Bu, Bisa dijelaskan apa itu Gembilfactory sendiri?

Gembil Factory adalah toko online yang berdiri pada tahun 2014 yang bertujuan memberikan kemudahan kepada konsumen dengan menyediakan segala produk yang berkaitan dengan bayi. Kami mengutamakan kualitas dengan harga yang ekonomis. Dewasa ini banyak ibu – ibu rumah tangga yang bekerja maupun yang baru melahirkan merasa kesulitan mencari waktu untuk berbelanja perlengkapan bayi. Namun hanya dengan mengakses ke situs http://ift.tt/1o9N3l5 konsumen dapat menghemat waktu dan tenaga dalam pemenuhan kebutuhan untuk putra-putri kesayangannya.

latar belakang berdirinya bisnis ini yaitu dari keinginan untuk mempunyai bisnis sendiri dan melihat kesibukan yang dimiliki oleh kaum wanita dalam kesehariannya. Tentunya banyak waktu yang habis dihabiskan di kantor dan perjalanan, karena itu kami melihat peluang dan memberikan kemudahan untuk kebutuhan anak tercintanya. Selain itu juga dengan melalui website online pastinya mudah diakses karena saat ini smartphone sudah menjadi hal yang umum dimiliki. Para Ibu bisa mengaksesnya di sela – sela waktu dan membaca tips seputar anak dan keluarga.

Untuk saat ini produk yang paling banyak dicari adalah perlengkapan Management Asi (botol susu, steriliser, breast pump, dll), clothing dan accesories baby (socks dan shoes).

Lalu apa saja cara yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda ini?

Untuk saat ini saya menmasarkan produk melalui teman, yaitu dari mulut ke mulut, newsletter (mailchimp), media social (Instagram, twitter) dan kedepannya kami berencana akan menggunakan Google Adsense.

Bagaimana kiat Ibu dalam menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Ibu tawarkan di Gembilfactory.com ini?

Berhubung saya sendiri juga sebagai buyer dalam dunia online shop, jadi saya paham betul agar selalu memastikan produk yang berkualitas serta pelayanan dan pengiriman yang terbaik untuk konsumen. Mengenai harga jual kami selalu berprinsip untuk tidak terlalu banyak mengambil keuntungan dari selisih harga yang ada, bagi saya kepuasan pelanggan adalah keuntungan utama yang menjadi prioritas saya dalam berbisnis.

Dan sebenarnya apa sih latar belakang Ibu sendiri saat mulai masuk ke dunia enterpreneur ini?

Pada dasarnya saya terjun ke dunia enterpreneur karena kebebasan untuk berekspresi dan waktu. Selain itu juga karena ide muncul bukan karena diminta tapi muncul ketika saya melihat peluang yang ada di sekitar kita.

Berbeda dengan kita bekerja, dimana kita dituntut untuk kreatif yang mungkin bukan di passion kita, serta terbatas karena kebijakan perusahaan atau atasan. Saya pun masih bekerja di perusahaan, dengan menyempatkan/mengorbankan waktu untuk mengembangkan passion enterpeneur saya ini. Jadi bisa dibilang waktu merupakan hal yang sudah saya korbankan untuk bisa menjadi seperti sekarang ini.

Lalu apa yang membedakan bisnis Ibu ini dengan bisnis lain yang memiliki konsep yang sama?

Ketika konsumen akan memesan produk sebagai hadiah, konsumen dapat memilih sendiri produk apa saja yang akan diberikan, lalu Gembil Factory akan mengirimkan langsung ke alamat yang dituju dengan packaging yang sesuai. Tidak hanya dengan plastik polos seperti kebanyakan baby online shop.

Jika bicara prestasi dan pengalaman, prestasi dan pengalaman apa yang sudah pernah Anda dapatkan saat menjalankan bisnis ini?

Untuk saat ini belum ada prestasi, karena Gembil Factory ini baru di buka bulan Maret 2014. Tetapi saya optimis Gembil Factory akan berprestasi di bisnis online.

Dan untuk pengalaman berkesan sendiri, hampir setiap pulang kerja saya dan rekan saya menghabiskan waktu untuk mengembangkan Gembil Factory. Jadi ini menjadi bisnis kolaborasi saya dengan rekan saya.

Apa tantangan yang Anda pernah hadapi saat mulai membangun bisnis ini?

Tantangan dan kendala mungkin terlihat dari waktu yang saya miliki. Ini dikarenakan saya masih bekerja sebagai karyawan swasta. Jadi untuk mengatur waktu adalah hal yang paling sulit saat ini.

Dan bagaimana Ibu menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Lingkup bisnis online sebetulnya sangat luas. Namun untuk baby online shop memang baru berkembang dan belum semua ibu rumah tangga yang menggunakan online shop sebagai pilihan untuk melakukan transaksi. Gembil Factory hadir.

Jika begitu apa rencana Ibu kedepannya untuk mengembangkan Gembil Factory sendiri?

Kedepannya bisnis online kami tidak hanya berfokus kepada produk baby saja tapi juga kepada anggota keluarga lain.

Nah adakah yang menjadi motivator Ibu dalam membangun bisnis ini?

Ada mbak. Motivasi saya adalah kedua orang tua saya. Dan saya juga memiliki quote yang menurut saya paling berkesan, yaitu "jangan pantang menyerah dan selalu berkreativitas untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen".

Adakah saran yang ingin Ibu berikan untuk para enterpreneur lain di luar sana?

Jangan mudah menyerah dan jangan melihat keuntungan dari materi saja, tetapi lebih melihat keuntungan dengan mendapatkan kepuasaan/kepercayaan pelanggan. Dengan begitu roda bisnis Anda akan berputar dengan sendirinya.

Benar sekali Bu, keuntungan bukan hanya sekedar masalah materi tapi bisa juga dari kepercayaan pelanggan. Nah, untuk yang terakhir nih Bu. Adakah tips yang ingin Ibu sampaikan kepada para pembaca seputar bisnis online ini?

Saya coba bagikan beberapa tips seputar bisnis online, yaitu sebuah toko online harus memiliki website yang mudah diakses (tidak lambat), nama yang menarik dan mudah untuk di eja, segmentasi yang jelas, dan yang paling penting komunikasi yang bersahaja dan baik. Karena pada dasarnya melakukan transaksi online, adalah transaksi yang di landasi oleh kepercayaan.

Wah terimakasih Bu untuk waktunya berbagi cerita yang inspiratif kepada kami dan pembaca Mebiso. Semoga Ibu dan Gembil Factory semakin dan sukses selalu. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Kolaborasi Menciptakan Solusi untuk para Ibu Rumah Tangga yang Bekerja dari Gembilfactory.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment