Wednesday, 7 May 2014

Siapa yang setuju jika pelanggan adalah nyawa dari suatu bisnis? Pelanggan menjadi bagian terpenting dari proses tumbuhnya bisnis Anda. Ini sebabnya ada banyak pemilik bisnis yang memang mendedikasikan dirinya untuk memberikan kepuasan dan terus menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Memberikan apa yang pelanggan inginkan memang tidak mudah. Kita harus tahu apa yang mereka inginkan dari bisnis kita. Dan untuk mengetahui ini kita butuh waktu yang tidak sebentar, karena proses memahami setiap karakter pelanggan. Lalu apa saja yang sebenarnya pasti diinginkan oleh pelanggan?

1. "Memahami saya"

Jika ada ingin bertanya kepada pelanggannya, apa yang paling mereka inginkan saat mereka mendatangi suatu bisnis atau usaha, maka pelanggan pasti menginginkan bisnis tersebut sepenuhnya memahami mereka sebagai pelanggan. Pelanggan ingin pemilik bisnis atau usaha mampu memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Ini lebih dari sekedar survei yang mereka terima. Yang mereka inginkan adalah adanya pembuktian dari survey yang sudah mereka berikan. Ada yang bilang, jika ingin pelanggan setia tetap berada pada lingkaran nyaman mereka yaitu bisnis Anda, maka cobalah untuk menjadi seperti mereka. Anda akan tahu apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan.

2. "Sertakan saya"

Pelanggan akan merasa diri mereka dihargai dan merasa selalu diharapkan ketika pemilik bisnis menyertakan pelanggannya. Kegiatan menyertakan pelanggan ini memang bertujuan untuk mendekatkan diri pemilik bisnis dengan pelanggannya. Siapa yang ingin jika pelanggan mereka hanya datang sekali dan enggan untuk kembali. Pelanggan memiliki peranan penting untuk menjadikan bisnis kita tetap hidup. Mereka hanya ingin disertakan dalam setiap apa yang bisnis kita kerjakan. Tidak perlu menjadi bagian dari tim kerja bisnis Anda, mereka bisa menjadi bagian dari survey yang akan Anda lakukan. Survey ini yang nantinya digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan performa bisnis Anda. Pelanggan sangat senang ketika mereka juga dipilih dan diajak untuk membentuk suatu komunitas atau forum antar pelanggan dalam lingkaran bisnis Anda.

3. "Melindungi saya"

Ketika Anda menawarkan barang atau jasa kepada calon pelanggan Anda, maka yang mereka pertimbangkan adalah bagaimana bisnis Anda bisa melindungi mereka. Seperti halnya ketika pelanggan datang ke rumah sakit, yang mereka inginkan adalah rumah sakit yang bersih, bank yang aman dan hotel yang nyaman. Kemudahan untuk mendapatkan apa yang bisnis Anda berikan adalah apa yang mereka inginkan. Pelanggan ingin mendapatkan perlindungan untuk apa yang mereka beli, seperti garansi untuk produk, jaminan dan lain sebagainya.

4. "Berikan saya kejutan"

Satu hal lagi yang pasti diinginkan oleh pelanggan Anda. Mereka ingin Anda selalu memberi mereka kejutan untuk setiap yang Anda tawarkan. Pelanggan pastinya akan menantikan akan ada apa saja setelah mereka mendapatkan kejutan sebelumnya. Pelanggan ingin Anda memberikan mereka kejutan berupa promosi, gratis, diskon dan lain sebagainya. Mereka juga berharap akan ada bonus dari apa yang mereka beli. Dan ini bisa Anda jadikan cara untuk mempromosikan bisnis Anda juga. Terkadang pelanggan juga ingin merasakan pengalaman berbeda saat berbelanja di toko Anda ataupun toko online Anda. Anda bisa memberikan konten – konten menarik di website toko online Anda, untuk menciptakan pengalaman bagi mereka.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

3 Cara Membangun Nilai saat Mulai Menjual

5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Tips Membangun Relasi demi Kelangsungan Bisnis Anda



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 4 Hal ini yang Pasti Diinginkan Pelanggan Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment