Wednesday 26 March 2014

Di dalam dunia bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline, mendapatkan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang sangat penting. Rasa percaya yang diberikan konsumen kepada Anda tentu sangat berpengaruh terhadap hasil yang Anda peroleh. Hasil dari kepercayaan tersebut bisa membuat konsumen royal dan tidak bisa berpaling dari apa yang kita tawarkan. Oleh karena itu membangun dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen Anda adalah hal yang sangat perlu untuk diusahakan. Lalu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen?

1. Tunjukan kredibilitas Anda

Secara umum, kredibilitas dapat diartikan sebagai kualitas diri untuk dapat dipercaya. Tunjukanlah sikap yang memang menunjukan Anda pantas mendapatkan kepercayaan dari konsumen Anda. Mulai dari cara Anda memperlakukan mereka, misal Anda selalu tepat janji, baik saat membuat janji temu, atau saat mengantarkan produk ke konsumen Anda. Kuasailah pengetahuan mengenai produk Anda dengan baik, dan gunakan pengetahuan tersebut untuk membantu konsumen Anda dalam memecahkan masalah mereka. Rekomendasikan produk Anda untuk membantu mereka secara tulus.

2. Pastikan produk Anda berkualitas

Jangan mencoba untuk membohongi konsumen Anda dalam hal kualitas. Karena jika pada akhirnya mereka menemukan celah dari kurangnya kualitas produk maka itu akan membuat celah customer untuk meninggalkan Anda. Carilah produk yang berkualitas, karena kepuasan pelanggan adalah tanggung jawab Anda. Jangan pernah membuat konsumen Anda kecewa dengan memberikan produk dengan kualitas rendah. Jika mereka kecewa, kepercayaan mereka kepada Anda akan pudar. Jika Anda telah memiliki produk yang berkualitas, tugas Anda akan menjadi sedikit lebih ringan. Anda hanya cukup meyakinkan mereka, dan kualitas produk yang nantinya akan berbicara.

3. Berikan bukti nyata

Berikan bukti jika produk Anda memang berhasil. Jika Anda pelaku MLM, maka tentu Anda memiliki 2 produk. Produk Anda dan juga peluang bisnis yang Anda tawarkan. Tunjukan bukti jika produk Anda bermanfaat. Anda dapat memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk Anda. Begitu juga dengan tawaran bisnisnya. Anda dapat tunjukan ada berapa banyak orang yang telah berhasil menjalan tawaran bisnis Anda, siapa saja mereka, berasal dari latar belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan penghasilan yang telah Anda dapat dari bisnis yang Anda tawarkan tersebut.

4. Biarkan prospek menguji Anda

Terkadang tentu Anda menjumpai prospek yang banyak melontarkan pertanyaan kepada Anda. Bersabarlah. Biarkan mereka menguji kemampuan Anda. Ingat, semakin banyak ujian yang Anda hadapi, tentu akan membuat Anda menjadi semakin ahli. Dan yang terpenting ketika prospek Anda selesai memberikan ujian kepada Anda, biasanya mereka sungguh percaya kepada Anda. Seiring berjalannya waktu, mungkin Anda juga akan mendapatkan komplain dari pelanggan Anda. Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah tersebut.

5. Bangun komunikasi yang baik

Lancarnya proses komunikasi Anda dan calon konsumen berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah dalam bisnis online kita dapat mulai membangun komunikasi dengan. Jangan mereject keluhan mereka.

Baca juga:

5 Kiat Membangun Kepercayaan Pelanggan

5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online

4 Key Factor untuk Mendatangkan dan Mempertahankan Pelanggan Anda



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 5 Tips Mendapatkan Kepercayaan Konsumen



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment