Monday 17 March 2014

Ada seorang yang mengatakan, mencapai sebuah ide dan mimpi dalam bisnis itu bukan hal yang mudah. Akan ada banyak lika liku yang harus dihadapi hingga akhirnya bisnis itu bisa sukses. Itu memang benar, banya enterpreneur atau pengusaha yang susah payah menemukan ide bisnis apa yang ingin mereka capai, hingga akhirnya mereka harus berjuang mencapainya. Namun ada cara yang mudah dalam permulaan menemukan dan mencapai ide bisnis yang kita miliki. Apa saja itu, ini dia ulasannya:

1. Tentukan impian Anda

Setiap orang yang baru ingin memulai sebuah bisnis, tentu akan memiliki banyak ide dan mimpi. Tentang bisnis apa yang akan dibuat? Kapan mendirikannya? Siapa saja partnernya? dan darimana modalnya? Itu semua merupakan bayang – bayang yang selalu dimiliki oleh setiap calon pengusaha. Untuk ide bisnis saja, bisa lebih dari satu, seperti ingin berbisnis pakaian, makanan, alat elektronik, jasa dan lain sebagainya. Inilah yang akan membuat siapa saja bingung dalam menentukan ide bisnis mana yang akan digunakan nantinya. Nah, untuk itu kita harus menentukan impian yang mana yang benar – benar ingin kita capai. Setelah menentukan, tidak perlu menunggu lama, pastikan dengan suatu pembuktian atau action.

2. Tulis Goals

Setelah menentukan mimpi mana yang akan Anda capai, segeralah buat goals dan target. Sebuah usaha tanpa adanya goals dan target tidak akan berpengaruh apapun terhadap selanjutnya. Sekecil apapun goals yang ingin dicapai, itu haru ditulis dan segera dikerjakan. Dibangun dengan target yang jelas, sebuah goals akan tercapai dengan hasil yang memuaskan.

3. Melakukan sebuah penelitian

Nah, kali ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu melakukan sebuah penelitian. Internet merupakan suatu media yang dapat Anda gunakan untuk meneliti apa yang Anda butuhkan. Anda bisa memberikan beberapa daftar pertanyaan seputar penelitian yang Anda adakan, seperti:

a. Apakah ada produk atau layanan yang serupa dengan yang ingin Anda ciptakan?

b. Apakah ada pasar untuk ide Anda?

c. Setertarik apa kira – kira terhadap produk yang Anda miliki?

d. Siapa saja pelanggan Anda?

e. dan sebagainya.

4. Lupakan sejenak tentang passion

Ada banyak orang yang percaya jika passion adalah segalanya dalam sebuah pencapaian ide. Memang benar, jika kita memiliki minat dan bakat atas sesuatu, dan ketika kita tekun dalam mengembangkannya, itu akan membantu kita mencapai sukses. Lalu bagaimana dengan mereka yang belum menemukan minat dan bakat mereka? Apa mereka tidak bisa mencapai sukses seperti yang lain? Itu tidak benar, semua orang berhak mencapai sukses. Dan untuk kita yang belum tahu apa passion kita, cobalah untuk melupakan itu sejenak. Cobalah melakukan apa yang Anda bisa dan Anda mudah menggapainya. Ketika Anda sudah masuk kedalamnya, Anda akan menemukan titik dimana itu adalah hal yang Anda suka dan paling Anda bisa. Ini bahkan akan mengalahkan passion yang sebelumnya sibuk Anda cari.

5.  Katakan tidak pada menyerah

Jika kalian bertanya kepada enterpreneur sukses manapun, saran terbaik yang akan mereka sampaikan adalah Jangan pernah menyerah dalam mencapai kesuksesan. Karena itu memang benar. Jika kita tahu, enterpreneur sukses itu bukan mencapai sukses dengan mudah, bukan hanya dengan waktu yang singkat. Mereka sudah mengalami jatuh bangun, senang sedih dan lainnya dalam pencapaian kesuksesan. Dan ini bisa menjadi pelajaran bagi kita yang baru ingin memulai sebuah bisnis. Jika satu ide gagal, jangan menyerah. Jangan pernah memaksa diri untuk berganti mencari ide lainnya. Kita bisa mengkoreksi apa yang salah, ide ataukah cara kita dalam mencapai ide tersebut. Cobalah untuk tetap semangat dan tidak pantang menyerah jika mengalami kegagalan. Jatuh itu biasa, bangun itu jauh lebih luar biasa.

 Semangat mencoba ;-)

Baca juga:

7 Ide Bisnis untuk Seorang Pensiunan

10 Ide Bisnis Rumahan yang Patut Anda Coba

[Infografis] 6 Cara untuk Mengukur Seberapa Hebat Ide Startup Anda



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Menemukan Ide Bisnis dengan Cara yang Sederhana



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment