Saturday 22 March 2014

Penting halnya sebagai pemilik bisnis kita menjaga kepercayaan dari para pelanggan kita. Ini demi kelangsungan bisnis dengan lebih baik. Begitu juga dengan toko online, yang jelas memiliki banyak perbedaan dengan toko fisik yang biasanya kita temui. Selain dari produk yang tidak bisa kita lihat dan sentuh secara langsung, proses pembayaran yang juga harus transfer, membuat sebagian besar calon pelanggan dan pelanggan online ragu dan kurang yakin dengan toko online tertentu. Namun kita harus tetap dan mampu menjaga dan memberikan kesan terbaik kepada pelanggan dan calon pelanggan online kita. Berikut ini saya bagikan 5 tips menjaga kepercayaan dari pelanggan online:

1. Mudah dihubungi

Salah satu cara dan media komunikasi toko online dengan pelanggan mereka adalah melalui media online, seperti telepon, email, BBM, sms dan lain sebagainya. Ketika Anda memutuskan untuk mendirikan bisnis online, itu artinya Anda juga harus berkomitmen akan menjaga kepercayaan pelanggan melalui komunikasi yang terjadi. Pelanggan harus bisa dengan mudah menghubungi Anda. Jika ada pelanggan yang ingin bertanya mengenai produk atau konfirmasi pembayaran, jangan biarkan mereka menunggu balasan Anda terlalu lama. Jika memang ada suatu kendala yang membuat Anda lama membalas atau bahkan sulit dihubungi, cepat jelaskan kepada pelanggan Anda, mengapa hal itu terjadi. Ini adalah salah satu cara menjaga kepercayaan pelanggan online Anda.

2. Sediakan informasi yang pelanggan butuhkan

Apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan adalah kunci kesuksesan dari sebuah bisnis. Kita harus mampu membaca dan mengetahui apa saja kira – kira informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan kita. Pelanggan online tidak bisa melihat produk yang mereka inginkan secara langsung bukan? Ini sebabnya kita butuh untuk memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada mereka mengenai produk yang kita jual.

3. Cantumkan testimonial pelanggan

Testimonial pelanggan adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk terus menjaga kepercayaan pelanggan dan juga menarik calon pelanggan. Dari testimonial yang diberikan, kita dapat mengetahui apa pelanggan sudah merasa puas dan senang dengan produk dan layanan yang kita berikan, atau belum? Darisana kita bisa mengkoreksi apa yang membuat pelanggan senang atau tidak dengan toko online kita. Dan dengan testimonial, kita dapat menarik perhatian dari calon pelanggan yang mengunjungi website kita. Mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari testimonial suatu toko online, sebelum mereka memutuskan untuk membeli produknya.

4. Siap menerima pengembalian barang

Cara keempat adalah dengan bersedia menanggung kasalahan yang kita lakukan atau yang pelanggan dapatkan dari produk kita, seperti produk rusak, produk terlambat datang atau bahkan produk salah. Ini tidak jarang terjadi pada toko online. Seperti halnya produk rusak, mungkin saja memang bukan salah kita dalam membuat, namun bisa saja ada kejadian yang membuat produk tersebut rusak diperjalanan, dan kita harus memberikan dan meyakinkan pelanggan jika kita bersedia menggantinya. Ini dinilai sebagai cara yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan terhadap suatu toko online.

5. Tunjukkan kepedulian Anda

Dalam menjaga kepercayaan dan keakraban kita dengan pelanggan toko online kita, bisa dilakukan dengan cara menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap pelanggan. Salah satu caranya yaitu melakukan survey atau sekedar melakukan interview sederhana. Kita bisa mulai dengan menanyakan apa mereka puas dengan produk dan layanan yang kita berikan? Apakah produk yang kira – kira mereka harapkan ada dari toko kita? Kita juga bisa menawarkan pelanggan kita untuk ikut dalam acara yang misalnya kita adakan. Coba tunjukkan betapa pedulinya Anda terhadap pelanggan toko online Anda. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan terus diharapkan untuk berbelanja di toko online Anda.

Selamat mencoba ;-)

Baca juga:

10 Rahasia Bagaimana Brand Ternama Bisa Mudah Meraih Kepercayaan Pelanggan

3 Langkah Melatih Kemampuan Komunikasi Persuasif untuk Marketing Bisnis Anda

7 Persiapan Membangun Website Toko Online



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 5 Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment