Wednesday 23 July 2014

entrepreneur2Masih ragu-ragu Anda bisa menjadi seorang entrepreneur atau tidak? Sebenarnya ada dua pendapat yang mengatakan bahwa pengusaha itu bukan dilahirkan, tetapi dibentuk. Ada pula yang mengatakan sebaliknya.

Kedua pendapat tersebut tak ada yang benar atau salah sepenuhnya. Yang jelas kita, manusia dibekali akal untuk melakukan proses belajar,termasuk belajar menjadi seorang pengusaha. Ada baiknya jika kita mengenali dulu beberapa sikap dan sifat yang bisa menunjang profesi pengusaha.

Kreativitas. Kemampuan berkreasi adalah salah satu elemen yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha. Tony Hsieh, CEO Zappos mengatakan bahwa acara TV favoritnya dulu adalah MacGyver. Generasi kelahiran tahun 70-80an mungkin ingat serial aksi asal AS ini, di mana bintang utamanya punya segudang ide untuk ‘mengakali’ berbagai masalah dan menyelesaikannya.

Menurut Tony kreativitas penting karena sebagai pengusaha ada kalanya kita tak bisa menemukan apa yang kita butuhkan, tapi harus membuat segalanya berjalan. “It’s not about having enough resources, but being resourceful with what you do have,” katanya.

Lebih suka melancarkan aksi ketimbang berlama-lama pada perencanaan. Barbara Corcoran, co-star acara TV Shark Tank dan penulis, mengatakan dirinya tak suka dengn pengusaha yang punya business plan yang indah. Daripada menghabiskan waktu terlalu banyak dengan perencanaan, sebaiknya lakukan saja sambil berjalan. Yang terpenting adalah segera beraksi.

Menurutnya mereka yang bersekolah jurusan bisnis cenderung terlalu menganalisa situasi daripada beraksi. Padahal, manusia berpengalaman, memiliki kemampuan mengatasi masalah yang aktif dan resourceful dan itu semua lebih hebat daripada buku pelajaran.

Terobsesi dengan cash flow. Likuiditas dan cash flow menjadi sangat penting bagi operasional sebuah bisnis. Selain mengejar target penjualan, hari-hari pengusaha pasti disibukkan dengan berbagai upaya agar cash flow lancar sehingga bisnis berjalan lancar setiap hari.

Merasa tak aman. Corcoran mengakui bahwa dirinya lebih suka berinvestasi pada perusahaan yang owner-nya merasa insecure setengah mati. Mengapa? Dengan perasaan seperti itu biasanya pengusaha akan berupaya keras agar bisnisnya sukses.

Tak bisa diam. Pengusaha memiliki energi besar untuk memenuhi kegiatan sehari-harinya. Mereka sangat bersemangat dan berkeinginan kuat untuk menggarap bisnisnya. Biasanya, pengusaha yang sudah sukses mengelola satu usaha, nantinya ia akan memiliki banyak usaha lainnya.

Adakah sikap dan sifat di atas yang Anda miliki?

(Entrepreneur)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : 5 Tanda Anda Seorang Entrepreneur

Baca selengkapnya di --> 5 Tanda Anda Seorang Entrepreneur



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment