Thursday 24 July 2014

business-plan3

Jika Anda sudah paham mengapa bisnis plan perlu untuk dibuat dan Anda telah menghabiskan waktu melakukan pekerjaan rumah yaitu mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat bisnis plan, ini waktunya menyingsingkan lengan baju dan menuliskan semua di atas kertas. Artikel kali ini akan menjelaskan tujuh bagian penting untuk membuat bisnis plan: Apa yang harus Anda cantumkan, dan tidak seharusnya dicantumkan,  bagaimana bekerja dengan angka dan bagaimana tambahan sumber daya bisa berubah menjadi masalah.

Ringkasan Bisnis Plan

Dalam keseluruhan rencana bisnis yang akan dibuat tentunya dapat ditarik dalam satu garis besar. Ringkasan bisnis plan dapat dibuat sesuai dengan susunan daftar isi. Ringkasan juga harus memberitahu pembaca apa yang Anda inginkan melalui rencana bisnis tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan! Pastikan ringkasan ditulis dalam alur yang jelas dan menyampaikan tujuan Anda dengan baik pula.

Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis pada bisnis plan biasanya dimulai dengan deskripsi singkat tentang industri. Saat menjelaskan industri yang sedang dijalankan, sebaiknya Anda membahas tentang apa yang sedang terjadi pada industri tersebut saat ini, pandangan Anda dan juga berbagai  kemungkinan yang akan terjadi di masa datang. Utarakan dengan bahasa yang baik dan jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai berbagai segmentasi pasar dalam industri tersebut yang nantinya akan meliputi penjelasan mengenai berbagai produk baru dan perkembangannya, baik yang menguntungkan atau merugikan bisnis Anda.

Strategi Pasar

Strategi pasar ini adalah hasil dari analisis secara teliti pada pasar dan tingkah lakuknya. Sebuah analisis pasar membuat pengusaha menjadi lebih akrab dengan semua aspek dari pasar sehingga dapat lebih mudah menentukan target pasar dan perusahaan dapat diposisikan untuk menyiapkan produk dan jasa sesuai dengan target market.

Analisis Kompetitor

Tujuan dari analisis kompetitor ini adalah salah satu cara untuk menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing dalam market Anda. Strategi yang baik akan memberikan keuntungan, dan juga memberikan hambatan kepada pesaing yang ingin berusaha masuk ke dalam market Anda. Segala kelemahan kompetitor pun bisa Anda teliti dan manfaatkan dengan mengembangkan produk serta layanan Anda.

Desain dan Pengembangan Rencana

Tujuan dari desain dan pengembangan rencana dalam bisnis plan adalah untuk menyajikan deskripsi produk dan pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan, grafik perkembangan produksi, pemasaran dan perusahaan itu sendiri, dan membuat anggaran pengembangan yang akan memungkinkan perusahaan mencapai tujuan kepada investor atau calon investor Anda.

Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dirancang untuk menggambarkan bagaimana fungsi operasional dan manajemen bisnis secara berkelanjutan. Rencana operasional akan menyorot berbagai hal yang berhubungan dengan logistik dari bisnis seperti berbagai tanggung jawab manajemen team, tugas yang diberikan pada tiap divisi dalam perusahaan, dan modal serta biaya yang dibutuhkan terkait operasional bisnis.

Faktor Keuangan

Data keuangan selalu berada pada halaman belakang sebuah bisnis plan, namun bukan berarti perihal keuangan tidak lebih penting daripada hal-hal yang dijelaskan pada bagian sebelumnya. Buat data keuangan dan penjelasannya dengan jelas dan terperinci sehingga pembaca mudah mengerti maksudnya dan mungkin saja tertarik untuk berinvestasi pada bisnis Anda!

business-plan-image1

 

Itulah tadi paparan singkat cara membuat bisnis plan. Tentunya penjelasan di atas sudah menjelaskan dengan seksama mengenai pentingnya bisnis plan bagi setiap bisnis baru. Dan hendaknya bisnis plan ini sifatnya fleksibel dan selalu dapat diperbarui karena bisnis yang berjalan pasti akan mengalami perubahan. Dengan membuat business plan,tentunya Anda bisa menjadikannya sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan dan produk serta jasa yang ditawarkan. Namun untuk menunjang kegiatan ini secara visual, Anda bisa membuat website perusahaan dengan mencantumkan profil perusahaan yang kurang lebih isinya sama dengan bisnis plan. Selamat mencoba!



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Tips untuk Membuat Bisnis Plan Sederhana dan Bagus

Baca selengkapnya di --> Tips untuk Membuat Bisnis Plan Sederhana dan Bagus



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment