Friday 25 July 2014

Bukan hal yang aneh ketika sebuah bisnis akan mengamati dan melakukan banyak analisa terhadap bisnisnya yang telah ia bandingkan dengan pesaingnya. Begitupun dengan Anda yang akan terus melakukan banyak hal untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggan lebih dari pesaing Anda bisa berikan. Bagi sebagian bisnis ini membutuhkan waktu yang lama, namun untuk bisnis online tentu bukanlah hal yang sulit lagi. Ada banyak tools dan teknik yang tetap beretika dalam mengamati perkembangan bisnis online pesaing Anda. Dan berikut ini penjelasannya:

1. Ambil kata kunci yang mereka gunakan

Setiap bisnis online tentu sudah tidak asing lagi menggunakan kata kunci atau keyword untuk promosi bisnis mereka. Salah satu alasannya karena dengan menggunakan kata kunci, pencarian di mesin pencari Google akan lebih mudah menemukan bisnis kita. Nah, salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengamati bagaimana pesaing kita adalah melalui kata kunci yang mereka gunakan. Dan berikut ini adalah artikel yang akan membahas tentang bagaimana kita mengintip kata kunci dari pesaing kita.

2. Periksa waktu buka situs mereka

Selain mengamati kata kunci yang mereka gunakan, kita juga bisa melihat waktu buka situs mereka. Anda bisa mengamati apakah akses dari website pesaing Anda lebih cepat atau lebih lambat dari website bisnis Anda. Ini penting karena dapat digunakan untuk bahan koreksi bagi website Anda. Anda bisa mengeceknya di Google PageSpeed Insights. Disini Anda bisa memasukkan alamat URL pesaing Anda, dan Google akan menampilkan bagaimana kualitas kecepatan dan pengalaman yang diberikan pesaing Anda kepada pelanggannya, baik melalui perangkat mobile ataupun PC.

3. Tentukan jumlah mereka pada halaman Google

Setelah Anda mengamati bagaimana kualitas kecepatan dari website pesaing Anda, Anda bisa melanjutkan dengan mengamati apakah website pesaing Anda merupakan situs yang baik di Google. Karena semakin baik situs website, mereka akan memiliki halaman indeks yang banyak di Google. Anda bisa melihatnya di Google, dengan melakukan seacrh yaitu site:namadomainpesaing.com. Setelah keluar hasilnya, Anda dapat melihat berapa banyak jumlah halaman yang terindeks oleh Google. Ini akan menjadi bahan koreksi lagi bagi website bisnis Anda. Ini juga akan membantu Anda mengamati SEO dari pesaing Anda.

4. Menganalisis keakuratan kode mereka

Ada banyak hal yang bisa diamati dari sebuah halaman website, salah satunya yaitu penggunaan kode atau script yang membangun website Anda dan pesaing Anda. Jika Anda ingin, Anda bisa mengetahui script atau kode apa yang digunakan oleh pesaing Anda. Validator.w3.org, bisa Anda gunakan untuk melihat script atau kode yang digunakan. Disini juga akan menampilkan error apabila dalam website tersebut terdapat kode yang salah atau error. Sehingga Anda bisa tahu apakah website pesaing Anda lebih baik atau tidak dari website Anda.

5. Kaji penggunaan Twitter mereka

Jika Anda masih penasaran, cara berikut ini akan memudahkan Anda dalam mengamati grafik atau aktifitas pesaing Anda. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui sosial media, seperti Twitter. Karena hampir setiap bisnis sudah memiliki akun Twitter bisnis mereka. Dan kita juga bisa melihat apa saja aktifitas mereka melalui Topsy.com. Disini Anda bisa mencari dengan menggunakan account Twitter, nama domain, ataupun kata kunci lainnya. Dengan tools ini kita bisa membandingkan antara aktifitas Twitter kita dengan pesaing kita.

6. Analisa iklan mereka

Berbisnis online tidak akan lepas dari yang namanya iklan. Setiap bisnis online tentu akan memanfaatkan iklan untuk media promosi mereka. Dan Anda juga bisa mengamati pesaing online Anda dari iklan yang mereka buat. Moat.com adalah solusi yang dapat Anda gunakan. Tools ini akan membantu Anda menemukan apa saja iklan yang pernah dibuat oleh pesaing Anda. Anda bisa mengamati dan mempelajari apa yang mereka kerjakan hingga mendapat banyak pelanggan lebih dari Anda.

7. Temukan halaman mereka yang paling kuat

Jika Anda ingin tahu apa yang membuat banyak orang tertarik dan melihat website pesaing Anda, Anda bisa melihat apa yang ada di dalam halaman mereka yang paling kuat. Melalui tools Ahrefs.com, Anda bisa melihat bagaimana traffic pesaing Anda, dan juga melihat halaman apa saja yang membuat website mereka banyak dikunjungi. Ini bisa menjadi analisa Anda untuk perbaikan website Anda.

8. Cari tahu layanan apa yang mereka gunakan

Apakah Anda pernah berfikir, layanan apa yang digunakan oleh pesaing Anda, hingga mereka mampu menampilkan website dan menjual produk terbaiknya kepada pelanggan? Anda bisa saja melihat apa saja layanan yang digunakan oleh pesaing Anda. Melalui tools Builtwith.com, Anda bisa melihat informasi mengenai layanan, widget hingga afiliasi apa yang mereka miliki. Lagi – lagi ini bisa menjadi bahan koreksi dan perbaikan bagi Anda yang ingin lebih dari pesaing Anda.

9. Pelajari apa perubahan situs yang mereka lakukan

Website adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis online. Anda dan pesaing Anda tentu akan banyak menjual melalui website yang kalian miliki. Baik dari tampilan, kemudahan, kenyamanan dan pengalaman pelanggan yang dapat diambil dari website tersebut. Dan pesaing Anda juga pasti akan banyak melakukan perubahan pada website mereka untuk bisa lebih menjual. Andapun bisa mengamati perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh pesaing Anda melalui tools ini. Ini akan membantu Anda memberikan inspirasi apakah Anda harus merubah, atau sudah puas dengan tampilan website yang saat ini.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

5 Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis Lewat Optimasi SEO

4 Kesalahan yang Biasa Dilakukan oleh Perusahaan untuk Sebuah Kampanye Sosial Media

10 Cara Membangun Relasi Online yang Positif



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 9 Teknik dan Etika untuk Mengamati Pesaing Online Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment