Wednesday 23 July 2014

Menjadi seorang karyawan ternyata tidak membuat Ibu Eling Dwi Prastiwi(30) berhenti untuk mengeluarkan karya dan ide mendirikan bisnis. Berkat kerja keras dan usaha yang ia lakukan selama ini, akhirnya Ibu 3 anak ini sukses membangun dan mengembangkan bisnisnya ini yaitu Butikperhiasan.com. Wanita lulusan STM Telekomunikasi ini berhasil membuktikan bahwa keputusannya untuk resign dari pekerjaannya terdahulu dan memilih menjadi seorang enterpreneur ini membawa hasil yang memuaskan. Lalu bagaimana kisah bisnis Ibu Eling dan Butikperhiasannya ini? Berikut ini adalah liputan kami mengenai usaha Butikperhiasan.com.

Selamat sore Ibu Eling, bisa diceritakan Bu bagaimana Ibu mulai masuk ke dunia enterpreneur ini?

Sebelumnya saya bekerja kantoran, sejak resign saya sudah beberapakali mencoba usaha, salah satunya menjadi reseller tas import yang saya pasarkan secara online. Saya juga pernah menjadi member MLM, banyak ilmu yang saya dapatkan dari sini terutama bagaimana mengatasi permasalahan menyangkut usaha yang kita tekuni dan bagaimana untuk terus membangun semangat untuk menjalankan usaha kita.

Jika bisa diceritakan, pengorbanan terbesar apa yang pernah Anda lakukan untuk mengembangkan usaha ini?

Pengorbanan terbesar, saya kira tidak ada, bahkan saya sangat beruntung bisa menghasilkan uang, dengan tetap dekat dengan keluarga. Waktu bekerja yang fleksibel tanpa harus terikat waktu seperti halnya bekerja kantoran.

Bisa dijelaskan tentang bisnis Anda ini?

Saya memilih Butikperhiasan.com karena namanya mudah sekali diingat oleh calon customer dan memudahkan pencarian di Google. Produk yang kami jual adalah aksesoris dan perhiasan lapis emas, perak dan bahan – bahan lain, batu – batuan mulia serta berbagai jenis mutiara. Dengan harga terjangkau tapi dengan kualitas yang baik. Barang – barang ini kami dapatkan dari pengrajin perhiasan lokal dan ada beberapa jenis juga yang diimport dari luar negeri.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis Ibu ini?

Pada tahun 2010 saya diajak kerjasama oleh rekan supplier untuk memasarkan produk – produknya, awalnya melalui BBGrup, lalu FB, dan selanjutnya saya membuat web Butikperhiasan.com ini.

Lalu bagaimana cara Anda memasarkan produk Anda ini?

Saya memasarkan produk – produk saya 100% secara online. Saat ini pemasarannya ke seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua.

Bagaimana Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Saya selalu memperhatikan atau melakukan riset kecil – kecilan pada customer saya, barang – barang apa saja yang diminati dan saya selalu update model – model terbaru yang sedang ngetrend pada saat tertentu. Sehingga produk – produk yang saya jual selalu uptodate mengikuti keinginan pasar.

Produk apa saja nih Bu yang paling banyak diminati oleh pelanggan – pelanggan Ibu?

Saat ini yang diinginkan oleh customer adalah aksesoris dan perhiasan karakter hello kitty dengan bahan emas xuping.

Sentuhan seperti apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Saya selalu mengutamakan kepuasan konsumen, dan apabila ada produk saya yang sudah sold saya selalu tawarkan model – model lain yang mendekati apa yang diinginkan oleh customer saya. Gambar – gambar model baru tersebut saya kirim melalui BBM atau WhatsApp. Sebisa mungkin saya kedepankan personal touch kepada masing – masing customer. Tidak heran saya, banyak sekali menjaring pelanggan – pelanggan yang berkali – kali melakukan repeat order pada kami.

Nah, bisa diceritakan Bu apa saja prestasi yang sudah pernah Ibu raih selama menjalani bisnis ini?

Alhamdulillah omset sudah puluhan juta dalam sebulan.

Lalu pengalaman paling berkesan apa yang pernah Anda alami selama menjalankan bisnis ini?

Pengalaman yang berkesan adalah ketika para pelanggan merasa puas dan percaya pada toko online kami, itu membuat saya semangat terus menjalankan usaha ini.

Selanjutnya, Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Pangsa pasar aksesoris dan perhiasan lapis emas ini masih sangat terbuka luas, mengingat gaya hidup wanita masa kini yg sangat mengutamakan penampilan. Aksesoris dan perhiasan lapis emas ini dapat menjawab kebutuhan akan fashion wanita tetapi dengan harga yg terjangkau, Dan satu hal lagi pemain bisnis online dibidang ini masih sedikit serta peminat aksesoris dan perhiasan lapis emas ini trendnya akan terus meningkat.

Tantangan dan kendala seperti apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangannya adalah banyaknya barang yang sudah kosong dari supplier, terutama perhiasan import dan untuk restock tidak dapat ditentukan kapan waktunya. Untuk mensiasatinya saya coba memberi masukan kepada pengrajin local agar bisa memproduksi model – model seperti aksesoris import.

Lalu apa rencana Ibu kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Semoga kedepannya saya bisa memasarkan produk – produk saya sampai luar negeri. Dan semoga bisa membuka toko atau outlet untuk bisa memasarkannya secara offline juga.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda atau apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Tokoh yang menjadi motivasi saya adalah Mbah Putri saya sendiri. Beliau adalah wanita mandiri dan entrepreneur yang hebat pada jamannya. Quote yang saya yakini adalah untuk bisa sukses seorang pengusaha sejati harus melewati 10x kegagalan dulu, walaupun kita tentunya tidak berharap untuk gagal sampai 10x. Tetapi quote tersebut membuat saya tidak menyerah untuk menjadi womenpreneur sukses.

Saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur kepada para pebisnis di luar sana?

Terus tekun jalani bisnis Anda, walaupun bisnis Anda masih kecil, jalani dengan serius dan profesional.

Lalu untuk yang terakhir, apakah Ibu memiliki tips bisnis online yang ingin dibagikan kepada para pembaca?

Walaupun kita tidak bertatap muka langsung dengan customer tetapi sikap sabar dan keramahtamahan dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan customer sangat diutamakan.  Hal tersebut yang membuat pelanggan percaya pada toko online kita. Rajin – rajinlah update barang – barang baru di toko Anda, dan jangan lupa untuk mempromosikan web Anda melalui jejaring sosial maupun sesekali buatlah iklan di mesin pencari di internet seperti GoAds.

Wah, terimakasih Bu atas waktunya sudah berkenan bercerita dan membagikan tips bisnis onliennya kepada para pembaca. Semoga Ibu dan bisnis Ibu semakin dan selalu sukses. :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Butikperhiasan.com, Contoh Kesuksesan Bisnis Online yang Mengutamakan Pelayanan Terhadap Customer



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment