Tuesday 22 July 2014

Unsur Dan Langkah Penting Dalam Desain Rumah Minimalis – Rumah dengan konsep minimalis kini memang tengah digemari, terutama oleh masyarakat urban. Konsep minimalis menawarkan solusi yang sangat tepat bagi orang yang mengedepankan gaya sekaligus fungsi dari sebuah rumah. Selain itu, konsep minimalis juga menjadi pilihan tepat untuk rumah dengan space terbatas. Untuk membuat rumah dengan desain sederhana namun tampak elegan, Anda perlu memperhatikan unsur-unsur penting dalam konsep tersebut. Anda memang memerlukan bantuan arsitek atau ahli teknik sipil dalam menentukan dan merancang struktur rumah. Namun untuk menentukan desain rumah minimalis, Anda bisa melakukannya sendiri.

Unsur-unsur dalam rumah minimalis

Setiap desain rumah memiliki ciri khasnya sendiri, termasuk dalam konsep minimalis. Ada beberapa unsur penting yang harus dipenuhi agar sebuah rumah bisa disebut sebagai rumah minimalis. Desain minimalis sendiri bisa dibuat sederhana, mewah maupun modern, tergantung keinginan Anda dan bagaimana Anda menata serta memilih furniture pengisi rumah. Namun seperti apapun rumah minimalis idaman yang Anda inginkan, unsur-unsur dalam desain rumah minimalis berikut ini harus Anda penuhi.

Sesuai namanya, bentuk rumah Anda perlu tampak sederhana tanpa terlalu banyak detail yang mencolok. Agar rumah yang spacenya sangat terbatas tak tampak semakin sempit, rumah juga harus tampak bersih dan rapi. Jangan pilih bentuk rumah atau bentuk ruang tertentu dengan bentuk yang berlebihan, supaya nuansa minimalis tetap terjaga. Meski demikian, bentuk rumah juga perlu disesuaikan dengan keinginan Anda dan keluarga, karena setiap orang memiliki preferensi yang berbeda. Anda bisa saja menggunakan bentuk yang unik dan berbeda, namun tidak berlebihan.

Dalam desain rumah minimalis, penggunaan batu alam menjadi salah satu kunci yang bisa memunculkan kesan tersebut. Tekstur dari batuan alami tersebut bisa memperkuat kesan minimalis dalam rumah Anda. Agar ruangan tampak luas dan lenggang, model jendela yang disarankan dalam  hunian minimalis adalah model kaca polos tanpa penyekat apapun di bagian tengah. Ruangan bisa tampak lebih luas dengan jendela besar yang membebaskan Anda untuk menikmati pemandangan di luar rumah. Ornamen dinding juga perlu lebih ditonjolkan daripada atap. Jika Anda ingin membuat rumah minimalis yang tampak modern, Anda bisa menggunakan dinding alumunium.

Langkah dalam membuat hunian minimalis

Selain unsur-unsur penting dalam desain rumah minimalis, hal lain yang perlu diketahui adalah langkah-langkah pembuatan dan penataannya. Langkah pertama adalah untuk mengumpulkan data tentang bentuk, ukuran dan keadaan tanah dimana Anda akan membangun rumah impian Anda. Pastikan juga kebutuhan ruang untuk Anda dan keluarga, agar bisa disesuaikan dengan ukuran rumah secara keseluruhan. Bila lahan tempat membangun rumah memang tidak terlalu luas, Anda bisa membuat rumah minimalis dengan dua lantai sebagai solusi.

Setelah berkonsultasi pada arsitek tentang struktur rumah, Anda bisa mencoba menuangkan ide penataan rumah minimalis dengan software seperti Sketch Up dan Autocad. Dengan demikian, Anda bisa melihat gambaran ide dengan lebih nyata dan melihat kekurangannya. Anda bisa membuat sketsa rancangan dan detail-detail penting dalam hunian minimalis. Dengan pembuatan sketsa dan detail ukuran rumah, bisa dilihat apakah rancangan Anda sudah tampak sesuai. Jika belum, Anda bisa memberi beberapa perbaikan dalam sketsa rumah Anda.

Dalam pembuatan rumah, anggaran tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Perkiraan atau rencana anggaran pembangunan rumah bisa menjadi lebih mudah dengan sketsa yang telah Anda buat sebelumnya.Anda bisa memperkirakan material bangunan yang perlu digunakan dan rundown pembangunan rumah. Setelah selesai dengan rancangan desain rumah minimalis impian Anda, Anda bisa memulai rencana pembangunan rumah baik dengan atau tanpa bantuan pemborong.

336 280 Unsur Dan Langkah Penting Dalam Desain Rumah Minimalis


Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Unsur Dan Langkah Penting Dalam Desain Rumah Minimalis

Baca selengkapnya di --> Unsur Dan Langkah Penting Dalam Desain Rumah Minimalis



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment