Monday 21 July 2014

Punya bisnis tapi tidak punya logo itu seperti bikin mercusuar tapi lupa pasang lampu. Logo dewasa ini menjadi penting sebagai sarana penanda bisnis Anda. Aspek yang perlu diperhatikan di dalam logo selain bentuk dan komposisi adalah warna. Ya, warna!

Warna penting untuk merepresentasikan semangat dari brand Anda. Warna tertentu terbukti bisa menimbulkan reaksi emosional tertentu pula. Beda warna beda reaksinya. Para perancang logo bisa menggunakan keterkaitan antara warna dan reaksi ini sebagai pertimbangan rancangan.

Para psikolog telah lama melakukan studi yang menunjukkan bagaimana konsumen dipengaruhi oleh warna serta menemukan korelasi kuat antara warna dan respon emosional. Memilih warna yang tepat menjadi hal yang krusial untuk menentukan bagaimana brand Anda ingin terlihat.

Sebagai contoh, restoran seperti McDonalds, Pizza Hut, KFC, Wendy’s dan Popeyes menggunakan warna merah untuk merangsang rasa lapar. Sedangkan Chanel, Prada, Michael Kors dan merek-merek premium lainnya cenderung menggunakan warna perak, hitam, putih dan emas dalam logo mereka untuk menekankan citra kemewahan.

Warna hijau banyak disematkan pada logo brand yang berhubungan dengan pertumbuhan/perkembangan, kesehatan atau kedamaian. Brand yang logonya dominan menggunakan warna ini misalnya Android, Tropicana Slim, Whole Foods.

Warna violet banyak digunakan sebagai logo pada brand-brand yang ingin mengedepankan nilai-nilai kreatifitas, imajinatif dan kearifan kepada konsumennya. Pengguna warna ini misalnya Yahoo!, Lynx, Taco Bell dan Orkut.

Ikatan emosional seperti apa yang Anda inginkan dari konsumen ketika melihat logo brand Anda? Berikut ini Logo Company memberikan panduan berupa infografik hubungan antara warna dan semangat yang ingin digambarkannya. Namun harap tetap diingat sekali lagi bahwa warna bukan satu-satunya pertimbangan dalam membuat logo.

color emotion gudie

 

(Sumber: Huffington Post dan Logo Company)

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Bikin Logo, Jangan Asal Pilih Warna

Baca selengkapnya di --> Bikin Logo, Jangan Asal Pilih Warna



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment