Saturday 12 July 2014

Mandi. Mungkin bagi kita-kita sudah tidak asing dengan kata yang terdiri dari 5 huruf itu. Soalnya itu merupakan rutinitas kita sehari-hari. Hehe. Mandi setiap hari ternyata tak hanya sekedar untuk menyegarkan badan, namun ternyata mandi ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Untuk perawatan tubuh, mandi memegang peranan penting.
Apa jadinya jika Anda tidak mandi seharian? Tubuh tidak hanya terasa lengket dan gatal, tetapi juga badan terasa lesu dan tidak bergairah. Bau agak aneh (hehe) tidak hanya keluar dari tubuh kita yang kotor, namun kulit tubuh kita juga mulai mengkerut, sebagai tanda bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air.
Menurut penelitian terbaru, mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga, memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa, penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengan jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.
Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani ujian olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Sebaiknya mandi minimal 2 kali setiap harinya.
index
Ada beberapa petunjuk mandi asyik yang menyehatkan, diantaranya berikut ini :
1. Mengeluarkan Racun. Mandi air hangat sekitar 32-35˚Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin/racun. Mandi air hangat juga membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.
2. Stress. Jika Anda benar-benar mengalami stress, mandi air dingin adalah jawaban yang tepat. Temperature yang dianjurkan sekitar 12-18 ˚Celsius. Mandi air dingin sangat baik untuk meredakan ketegangan, karena mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.
3. Flu dan sakit kepala. Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembukan flu dan sakit kepala dan juga dapat menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air hangat secukupnya pada bak mandi hingga menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.
Insomnia. Merendam kaki dengan air dingin sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalahtidur. Masukkan kaki sampai kaki merasadingin. Pengobataninijugabergunabagi kaki lelah, perdarahan hidung dan sembelit dan flu.
Agar memberi khasiat, mandi harus dilakukakan dengan benar. Bila dilakukakan secara teratur akan membantu melancarkan sirkulasi darah, tubuh pun menjadi segar bugar dan bercahaya.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : MANFAAT MANDI SETIAP HARI

Baca selengkapnya di --> MANFAAT MANDI SETIAP HARI



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment