Thursday 3 July 2014

bosfbTerungkapnya eksperimen diam-diam Facebook terhadap sebagian besar para penggunanya membuat banyak pihak mengecam raksasa jejaring sosial. COO Facebook Sherly Sandberg pun akhirnya merespon gelombang kecaman yang datang tersebut dengan meminta maaf.

Sandberg mengungkapkan permintaan maafnya ketika mengisi sebuah sesi acara yang diadakan oleh Federasi Kamar Dagang dan Industri India pada hari Rabu (2/7). Lebih spesifik, Sandberg meminta maaf karena perusahaannya salah dalam mengomunikasikan tentang eksperimen itu bukan karena eksperimen itu sendiri.

“Ini adalah sebagian kecil dari riset perusahaan untuk menguji produk yang berbeda. Eksperimen ini tidak dikomunikasikan dengan baik,” ujar Sandberg seperti dikutip Wall Street Journal. “Dan untuk itu kami memohon maaf. Kami tak pernah bermaksud membuat kalian kesal,” imbuhnya.

Brian Blau, analis teknologi di Gartner, menilai bahwa percobaan Facebook tersebut bukan perbuatan ilegal, namun mereka bertindak tidak etis terhadap para pengguna.

Terlepas dari masalah legal atau tidak, tetap saja percobaan psikologis diam-diam dengan memanipulasi news feed untuk melihat emosi para pengguna membuat mereka kesal.

Eksekutif Facebook ini juga menjawab pertanyaan wartawan India tentang apakah Facebook bisa mengendalikan emosi atau bahkan berupaya untuk memengaruhi pemilihan umum di negara tersebut.

“Saya ingin memperjelas bahwa Facebook tak bisa mengendalikan emosi pengguna dan tak akan pernah mencobanya,” ujarnya.

Permintaan maaf dari Facebook sendiri baru terjadi beberapa hari setelah insiden terungkapnya eksperimen diam-diam yang dilakukan Facebook pada tahun 2012 melalui sebuah jurnal studi yang dirilis secara publik.

Sebelumnya, permintaan maaf terkait ini disampaikan langsung oleh Adam D.I Kramer, salah satu peneliti dalam eksperimen tersebut, melalui postingan Facebook.

Time menilai eksperimen tersebut memberikan gagasan bahwa Facebook memiliki kekuatan besar untuk memodelkan emosi para penggunanya melalui algoritma. Gagasan ini menakutkan dan tidak mudah hilang dengan permintaan maaf yang setengah hati.

Bagaimana menurut Anda?

(Berbagai sumber)

 

 

Related


Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Bos Facebook Minta Maaf Soal Eksperimen Diam-diam

Baca selengkapnya di --> Bos Facebook Minta Maaf Soal Eksperimen Diam-diam



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment