Thursday 3 July 2014

Membuat server chat sendiri, salah satunya solusi untuk menghemat cost IT. Dengan membuat server chat sendiri, kita bisa mengunakannya untuk telepon, video chat, tanpa terhubung internet karena kebutuhannya untuk komunikasi dengan teman atau karyawan dalam satu gedung/kantor saja. Dan pada artikel ini, kita akan membuat server chat dengan menggunakan software eJabberd. eJabberd ini menggunakan protocol XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) yaitu sebuah standard komunikasi real-time berbasis text,  suara maupun video dengan teknologi open XML. Jadi nantinya kita bisa memakainya untuk chating, voice call, hingga video call.

Disini kita menggunakan mesin Ubuntu 14.04 32-bit sebagai OS-nya. Dan silahkan masukkan command breikut untuk proses instalasinya:

1. Install eJabberd

2. Setup admin user

(command password di atas bisa diganti dengan password sendiri)

3. Menambahkan hak akses user admin

Secara default, hostname yang digunakan eJabberd yaitu localhost, namun nanti bisa diganti sesuai keinginan. Di sini, kita akan memberikan hak akses (permission) dari user Admin yang kita buat sebelumnya sebagai administrator dari engine eJabberd tersebut menjadi "admin@localhost". SIlahkan edit file berikut /etc/ejabberd/ejabberd.cfg dan cari script berikut:

dari script di atas, kita bisa mengedit menjadi seperti berikut:

Setelah selesai di edit sesuai keinginan, save file tersebut dan restart service eIabberd-nya:

4. Administrasi server eJabberd

Setelah setup account server eJabberd telah selesai di lakukan, kini mari kita akses halaman admin eJabberdnya dengan menggunakan user dan password yang telah kita buat sebelumnya. http://ipserverejabberd:5280/admin. Setelah login nanti akan tampil halaman berikut:

a

Mari kita tambahkan user account chat baru pada, administrator eJabberd tersebut pada menu Virtual Hosts -> localhost -> Users.

b

5. Setting XMPP Client

Server XMPP eJabberd telah selesai dibuat dan usernya juga. Saatnya kita coba membuat xmpp client-nya pada setiap komputer user yang accountnya telah dibuat. Pada artikel ini, kita akan menggunakan aplikasi Jitsi untuk xmpp clientnya, meskipun cukup banyak juga xmpp client yang bisa digunakan. Namun kita gunakan Jitsi, karena tersedia dalam multi platform OS baik di Windows, Linux, maupun Mac.

Buka Jitsi-nya. Klik menu Options – add new account. Pilih networknya XMPP lalu masukkan user dan password setiap account yang kita buat sebelumnya.

c

Klik perintah Advance maka akan muncul opsi tambahan sebagai berikut:

d

Centang bagian Override server default option, kemudian isi bagian server dengan alamat server eJabberd nya. Kalo udah klik NEXT.

f

Dan terakhir klik Sign in. Namun jika muncul pop up konfirmasi security keamanan, klik "Continue anyway".

Baca juga:

5 Langkah Mudah Pasang Livechat di Website Anda

Pasang Live Chat di Website Drupal Anda dengan WGChat

Pentingnya Aturan Chatting dengan Customer Toko Online Anda



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Mudahnya Membuat Server Chat Sendiri



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment