Thursday 26 June 2014

Kejelian melihat peluang dan membaca kebutuhan pasar menuntun Bapak Gunadi Sinatrio(29) untuk membangun sebuah bisnis online di bidang produksi pakaian batik bola. Keunikan batik yang ditonjolkan tidak hanya membawa bisnis ini dikenal di seluruh wilayah Indonesia, namun juga sampai ke negeri Italy. Pria lulusan S1 Teknik Sipil ini terus berusaha untuk mengembangkan setiap produksi pakaian batik bola yang ia desain dan produksi sendiri. Lalu bagaimana kisahnya? Berikut ini kami berikan penjelasannya:

Selamat sore Bapak Gunadi, Sebelumnya bisa diceritakan terlebih dahulu apa itu Batikbolags.com?

Untuk arti nama sendiri yaitu Batik Bola GS, yaitu GS yang diambil dari nama saya, Gunadi Sinatrio. Dan ini mengandung artibatik bola desain Gunasi Sinatrio. Untuk Wear GS itu merupakan arti dari Wear Gunadi Sinatrio (Pakai karya batik dari desain dan produksi Gunasi Sinatrio).

Untuk produksi sendiri kami awalnya hanya menggunakan metode manual, yaitu printing (sablon), namun sekarang sudah mulai menggunakan teknologi machine printing (menggunakan mesin tekstil).

Kami menyediakan 2 macam batik yang bisa dipilih oleh customer, yang pertama untuk batik bola GS, kami hanya menyediakan kemeja dan kain batik dengan motif klub bola. Namun untuk Wear GS, kami memproduksi seragam batik dengan motif dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan klien. Untuk seragam ini biasanya digunakan untuk perkantoran, sekolah ataupun komunitas. Kalau bicara produk populer pasti bicara batik bola. Batik yang paling banyak diminati adalah batik MU, Liverpool, Intermilan dan Juventus. Ini menjadi idola dan favorit di Batik Bola GS ini.

Apa sebenarnya latar belakang Bapak mendirikan bisnis ini?

Awalnya karena saya melihat maraknya penjualan batik dengan motif klub bola. Dari situ saya tertarik untuk mengikuti jejak mereka namun dengan modifikasi sedikit. Saya modifikasi desain batiknya supaya terlihat lebih elegant dan bukan seperti batik murahan. Untuk mengimbangi kualitas dan hargapun saya akan melihat kondisi pasar, saya sesuaikan harga dengan harga yang ada di pasar tersebut. Agar produk saya bisa tetap bersaing. Barang lebih bagus dengan harga sama.

Lalu bagaimana Anda memasarkan produk batik bola ini?

Sejauh ini saya pasarkan dengan online 90%, sisanya secara offline. Penjualan sudah sampai luar negeri namun saya tidak tahu persis negara mana saja karena reseller lagi yang memasarkan produk saya sampai kesana.

Nah, dari Bapak sendiri nih. Apa latar belakang Bapak masuk ke dunia enterpreneur ini?

Saya belajar mengenai wirausaha ketika ikut daftar sebagai distributor sebuah perusahaan MLM asal negeri Tiongkok. Disitu pikiran saya dibuka mengenai dunia wirausaha. Setelah beberapa tahun belajar disitu, saya mulai mencoba wirausaha di bidang lain salah satunya adalah batik yang masih saya tekuni sampai saat ini.

Saya lebih memilih menjadi wirausaha semata-mata karena kebebasan yang ditawarkan. Bebas memilih waktu kerja, bebas menentukan besar penghasilan yang ingin didapat dan bebas bekerja sesuai bidang yang diinginkan.

Dalam menjalankan dan membangun bisnis ini, adakah pengorbanan yang dirasa paling besar Anda keluarkan?

Pengorbanan terbesar adalah mengorbankan impian orang tua yang menginginkan anaknya bekerja di sebuah perusahaan besar dan meraih karir di perusahaan tersebut. Bagi saya ini yang menjadi pengorbanan terbesar bagi saya selama menjalani bisnis ini.

Nah, sejauh ini adakah prestasi dan pengalaman berkesan yang sudah pernah Bapak raih dari bisnis ini?

Jika prestasi terbaik bagi saya adalah saat diliput oleh Kompas TV sebagai narasumber Ide Bisnis. Dan untuk pengalaman berkesan adalah saat saya bisa membawa produk saya yaitu Batik AC Milan dan Intermilan ke kota Milan, Italy untuk difoto di depan stadion San Siro/Giuseppe Meazza.

Wah, sudah sampai ke luar negeri ya Pak, hebat sekali. Lalu bagaimana Anda menghadapi tantangan dan kendala dari bisnis ini?

Banyak tantangan dan kendala. Salah satunya adalah kekurangan modal untuk produksi. Saya mengatasinya dengan mencari Investor.

Lalu apa nih rencana Bapak kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Yang lebih tertarik utk saya kembangkan adalah bisnis Wear GS, karena pasarnya jauh lebih besar. Kedepannya saya ingin bisa membuka outlet Wear GS lebih banyak lagi di berbagai macam kota.

Adakah inspirator atau quote yang membuat Anda bersemangat dalam menjalankan bisnis ini?

Untuk quote yang memotivasi bagi saya adalah "Bekerjalah seakan engkau akan hidup selamanya dan beribadahlah seakan engkau akan mati esok".

Selanjutnya apakah Bapak memiliki saran yang ingin disampaikan kepada para pembaca dan juga pebisnis di luar sana?

Dunia wirausaha adalah dunia yang penuh akan misteri. Tidak ada salahnya untuk Anda merasa hijau terus sehingga Anda mau untuk belajar menerima ilmu dari siapapun. Jangan menjadi seperti gelas yang sudah penuh air, karena jika ada air (ilmu) masuk maka isi air tersebut akan tumpah lagi sehingga menjadi percuma.

Nah, yang terakhir nih Pak. Apakah Bapak berkenan untuk membagikan tips bisnis online bagi para pelaku bisnis online lain di luar sana? Jika ada apa itu?

Bisnis Online adalah bisnis yang memerlukan modal uang lebih sedikit (tidak perlu sewa tempat) namun, bisnis Online lebih berat karena Anda harus membangun integritas agar konsumen Anda percaya dan mau membeli produk Anda (Tanpa harus tatap muka). Saran saya walaupun bisnis anda berbasis Online, coba luangkan waktu sedikit untuk Anda offline (bazaar, pameran, buka stand) dan bertemu dengan calon pembeli. Hal itu akan lebih meningkatkan integritas untuk calon konsumen berikutnya.

Wah, terimakasih banyak Bapak Gunadi untuk waktu dan kesempatannya berbagi cerita seputar bisnisnya bersama Mebiso.com. Semoga Batik Bola GS dan Wear GS selalu dan semakin sukses :)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Batik Bola GS Membawa Gunadi Sinatrio Sukses Sampai ke Negeri Italy



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment