Friday 27 June 2014

Kiat memilih hostel perlu diketahui para petualang, traveler dan back packer karena mereka memang lebih familiar dengan hostel. Bagi Anda yang ingin bepergian tapi anggaran terbatas, selain mencoba tips mencari tiket murah yang pernah dishare sebelumnya, penginapan tipe hostel bisa menjadi salah satu alternatif pilihan karena akomodasi ini dianggap lebih murah daripada menginap di hotel. Walau tidak sebanyak ketersediaan hostel di luar negeri, jumlah hostel di Indonesia yang tersebar di beberapa tujuan wisata seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Pulau Bali, berjumlah lebih dari 80 hostel.

Semakin banyaknya orang melakukan traveling dalam jangka waktu yang lama membuat hostel tidak pernah sepi dari kunjungan back packer. Harga yang lebih murah dibandingkan hotel tentu saja menimbulkan konsekuensi, diantaranya, fasilitas yang diberikan tidak sebaik jika Anda menginap di hotel. Memilih menginap di hostel tidak berarti Anda tidak bisa menikmati perjalanan. Jika Anda cermat dalam memilih dan mengetahui informasi penting yang terkait dengan hostel, perjalanan Anda akan tetap terasa menyenangkan.

Kamar dorm di hostel Six Degrees, Jakarta /image:hostels.com/

Kamar dorm di hostel Six Degrees, Jakarta /image:hostels.com/

Anda ingin mencoba menginap di sebuah hostel? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hostel :
-Harga
Jangan hanya memilih harga yang paling murah, yang lebih penting adalah membandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan.

-Sarapan
Jika sarapan adalah waktu makan yang penting untuk Anda, cek apakah hostel tersebut menyediakan sarapan gratis atau tidak, menu apa yang disediakan, serta rentang waktu hostel menyediakan sarapan. Apabila waktu sarapan di suatu hostel tidak sesuai dengan jadwal Anda, mungkin Anda bisa memilih hostel yang lain.

-Waktu check out
Waktu check out bisa mempengaruhi jadwal dan rencana perjalanan Anda. Sebaiknya tidak memilih hostel yang menerapkan waktu check out sebelum jam 10 pagi. Waktu check out ideal adalah pukul 11.00-12.00.

-Fasilitas loker gratis
Untuk hostel yang menawarkan dorm atau pod, loker menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Berbeda dengan tipe private room, hostel dengan tipe dorm dan pod (satu kamar bersama-sama), membuat Anda berada satu ruangan dengan orang yang tidak dikenal. Untuk alasan keamanan, fasilitas loker pribadi yang terkunci sangat dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang berharga pada saat Anda keluar meninggalkan hostel.

-Lokasi
Lokasi hostel yang harus dipertimbangkan: dekat dengan transportasi umum atau dekat dengan keramaian. Dekat dengan transportasi umum membuat Anda dapat menghemat energi dan biaya selama perjalanan. Akan lebih baik lagi jika lingkungan hostel dekat dengan keramaian, tapi tetap terasa nyaman.

-Kebersihan
Foto-foto hostel yang Anda lihat di internet bisa membantu dalam menilai lingkungan hostel. Untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya Anda juga membaca review hostel dari pengunjung sebelumnya. Jika Anda membaca kolom komentar, masalah yang paling sering dikeluhkan adalah masalah kebersihan. Pastikan Anda memilih hostel yang terjaga kebersihannya.

Hostel tipe dorm (asrama) mengharuskan Anda berada dalam satu kamar dengan orang-orang asing. Jika Anda ingin mencoba untuk menginap di hostel dorm untuk pertama kalinya, ada beberapa etika menginap yang perlu diperhatikan:
-Menjaga privasi orang lain
Walau berada di satu kamar, tidak semua tamu ingin saling mengenal dekat satu sama lain. Anda boleh saja beramah tamah, tapi perhatikan yang mana yang terbuka dengan Anda dan yang mana yang tidak ingin diganggu.

-Menjaga kebersihan
Beberapa hostel tidak mengizinkan tamu untuk membawa makanan atau minuman ke dalam kamar. Adanya peraturan ini dikarenakan tamu seringkali ceroboh dalam menjaga kebersihan.

-Jangan berisik
Jaga suara Anda saat malam hari di dalam kamar. Jika Anda ingin berbicara di telepon atau ingin mengobrol dengan teman, sebaiknya keluar dari kamar untuk berbicara di lobi atau teras hostel. Hindari juga membawa kantong plastik ke dalam kamar, jika tidak bisa dihindari, pastikan Anda tidak mengganggu tamu lainnya.

-Matikan lampu
Saat jam tidur tiba (sekitar jam 10-11 malam), seseorang akan mematikan lampu utama di kamar. Jika Anda masih belum ingin tidur, Anda bisa menggunakan lampu baca yang biasanya disediakan hostel di tiap tempat tidur. Ketika Anda harus bangun pagi-pagi sekali saat yang lain masih tertidur, gunakan saja senter atau alat penerang lain seperti head lamp.

Demikian ulasan mengenai kiat memilih hostel dan etika menginap di hostel dorm. Semoga bermanfaat bagi back packer pemula dan siapa saja yang ingin mencoba menginap di hostel.

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Kiat Memilih Hostel

Baca selengkapnya di --> Kiat Memilih Hostel



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment