Wednesday 25 June 2014

Jika sedang merencanakan sebuah perjalanan, Anda perlu tahu cara mendapatkan tiket pesawat murah. Tidak ada yang menyangkal kalau tiket pesawat adalah salah satu pos terbesar dalam setiap anggaran traveling, apalagi jika Anda pergi ke lokasi tujuan yang jauh. Bisa jadi uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli tiket mencapai hingga setengah dari total biaya.

Anda ingin tahu trik mencari tiket murah? Berikut beberapa trik yang diolah Admin dari beberapa sumber:

1.Cari tiket pesawat di saat yang tepat
Sebagian besar maskapai penerbangan menerapkan harga lebih murah untuk pembelian tiket pesawat yang lebih awal. Biasanya, harga murah dikeluarkan tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jadi, belilah tiket lebih awal tapi juga jangan membeli untuk jangka waktu terlalu lama seperti untuk liburan tahun depan, kecuali memang ada promo khusus.
Sebagai contoh, Anda dapat menghemat sekitar 20% untuk tiket penerbangan ke Belanda jika memesan tiket kurang lebih 17 minggu sebelumnya dan Anda dapat menghemat hingga sekitar 45% dari biaya penerbangan ke Hongkong jika tiket dipesan 19 minggu sebelumnya. Menurut situs farecompare.com, pada umumnya maskapai memiliki 10 harga yang berbeda untuk satu penerbangan.

image:dokumen pribadi

image:dokumen pribadi

2. Berlangganan email newsletter maskapai
Untuk mendapatkan tiket murah, Anda harus membeli tiket promo. Kuncinya adalah bisa mengakses informasi tiket promo dimana setiap maskapai memiliki waktu promo yang berbeda.

Maskapai internasional seperti Qatar Airlines seringkali mengadakan promo di bulan Januari, April dan Desember; sedangkan AirAsia tidak mempunyai jadwal promo yang pasti. Walau tidak ada jadwal promo, biasanya tetap ada penawaran promo pada saat momen tertentu, misalnya perayaan ulang tahun maskapai dan sebagainya. Cara yang paling mudah untuk mengetahui kapan suatu maskapai memiliki promo adalah dengan berlangganan email newsletter dan mem-follow sosial media mereka. Dengan trik ini, Anda tidak akan ketinggalan info promo dari maskapai favorit Anda.

3. Manfaatkan situs pencari harga tiket pesawat
Anda bisa membandingkan beberapa harga dan memilih harga yang sesuai lewat situs pencari tiket pesawat seperti traveloka, utiket, skycanner, dan kayak karena situs ini akan menampilkan harga dari berbagai maskapai. Tapi situs ini lebih sering hanya mencantumkan harga tiket normal, bukan harga promo. Karena itu, untuk mendapatkan harga promo, sebaiknya Anda tetap berlangganan newsletter beberapa maskapai.

4. Hindari musim liburan (peak season)
Jika memungkinkan, untuk mendapatkan tiket murah, jangan bepergian di waktu-waktu peak season. Di Indonesia, peak season terjadi saat long weekend ataupun saat musim liburan sekolah tiba. Peak season di tiap negara bisa berbeda. Contohnya, di Australia, peak season berlangsung di saat musim panas:bulan Desember hingga Januari. Di Jepang, peak season terjadi di bulan April, saat bunga sakura bermekaran. Sedangkan di negara-negara Eropa, peak season biasanya berlangsung di musim panas, dari Mei hingga akhir Agustus.

5. Berangkat di tengah minggu
Berdasarkan data di situs farecompare.com, disebutkan bahwa harga maskapai paling rendah adalah di hari Rabu, harga paling tinggi di hari Jumat dan Minggu, sedangkan harga rata-rata di hari Selasa dan Sabtu. Karena itulah, buat Anda yang ingin bepergian murah, pergilah di hari Rabu atau tengah Minggu.

6. Berangkat pagi hari, pulang malam hari
Ada fakta lain yang menarik. Jika suatu maskapai memiliki lebih dari 3 jadwal penerbangan dalam satu hari, pada umumnya harga tiket paling murah ada pada dua jadwal yaitu jadwal penerbangan pertama dan penerbangan terakhir. Harga tiket paling pagi dan harga tiket paling malam biasanya lebih murah karena banyak orang yang menghindari bangun dini hari untuk berangkat ke airport dan enggan sampai di rumah tengah malam. Sedangkan harga termahal biasanya pada harga tiket dengan jadwal penerbangan antara 8-10 pagi, atau jam 3-6 sore.

7.Tiket ke tujuan baru
Jika sebuah maskapai membuka jalur penerbangan ke destinasi baru, dan destinasi baru ini juga merupakan kota tujuan Anda, jangan ragu untuk mencoba karena umumnya maskapai yang bersangkutan akan memberikan harga diskon untuk menarik minat orang.

Semoga info mengenai cara mendapatkan tiket pesawat murah ini bisa bermanfaat sekaligus membantu Anda menghemat biaya perjalanan ya.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Baca selengkapnya di --> Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment