Thursday 26 June 2014

mailbox-post-798x310

Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa email adalah salah satu channel marketing yang menghasilkan konversi tertinggi. Tapi, bagaimana caranya meningkatkan daftar email dan juga meningkatkan konversi agar semakin banyak orang yang mengklik konten email anda?

Berikut ini adalah formula sederhana tentang bagaimana  meningkatkan konversi melalui email. Kurang lebih beginilah rumusnya.

Copy-of-Untitled-design1-730x730

Tapi mungkinkah sesederhana itu?

Pada dasarnya, semuanya dimulai dengan konten. Orang-orang akan menemukan situs anda karena konten anda yang luar biasa bagus. Mereka akan terus kembali untuk melihat konten anda. Konten anda yang luar biasa ini akan menjadi fondasi dari apa yang akan anda kirimkan melalui email, yang mana ini akan menjadi alasan mereka akan berlangganan email anda atau tidak. Semuanya dimulai dengan konten yang luar biasa.

Setelah anda memiliki konten, langkah selanjutnya adalah meminta email. Orang-orang yang mengagumi konten anda merasa senang jika anda bisa sering mengirimkan konten langsung ke inbox di email mereka. Tapi pastikan dulu bahwa anda memiliki tombol CTA (Call To Action) sejelas mungkin agar mereka mau dan merasa tertarik untuk berlangganan konten melalui email dari anda.

6 strategi kunci bagaimana meningkatkan jumlah subscription email anda.

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah email dan menciptakan tombol CTA yang sangat jelas dan menarik untuk mendorong orang agar mereka mau ikut berlangganan email. Inilah beberapa caranya.

1. Jadikan homepage situs anda seperti suatu form yang bisa menangkap email orang yang datang

Di bawah ini adalah contoh dari situs blog.buffer.com dimana homepage situs mereka menghasilkan pageview kedua terbanyak setiap bulannya. Setidaknya selalu menjadi lima teratas setiap bulannya.

blog-homepage-730x745

Gambar di atas berasal dari data di Google Analytics. Anda bisa melihat bahwa ada 35.000 visitor unik setiap bulannya mengunjungi homepage. Jelas ini adalah peluang untuk menawarkan tombol CTA agar orang mau berlangganan email.

Jika anda ingin meningkatkan daftar email, anda harus menampilkan form pendaftaran email yang jelas seperti gambar di bawah.

Screen-Shot-2014-06-05-at-7.05.34-AM-730x457

2. Tempatkan tombol CTA yang tidak mungkin terlewatkan orang: Popup, slideup, menu, popover

Berbicara tentang cara meningkatkan daftar email tidak terlepas dengan suatu rekomendasi untuk meng-install suatu popup. Alasannya: sederhana dan didukung oleh data yang bagus, seperti contoh beberapa kasus di bawah ini.

Itu adalah kasus dalam memanfaatkan popup untuk meningkatkan daftar email beserta variasi-variasinya.

Tapi, tentu saja tidak semua orang yang menyukai popup karena popup bisa muncul dengan tiba-tiba, mengganggu dan terkadang mengambil alih kebebasan anda ketika sedang browsing. Seperti yang dikatakan Hunter Boyle dari Aweber:

Setiap kali saya presentasi, saya selalu bertanya siapa saja yang benci dengan kehadiran popover, dan 2/3 orang mengatakan ya. Sedangkan 1/3 merasa tidak keberatan karena mereka merasakan manfaatnya.

Untungnya, ada banyak pilihan dalam menggunakan popup, sesuai dengan cara anda mengimplementasikannya.

Ada bentuk popup yang mengambil alih kebebasan anda saat browsing, seperti contoh di bawah ini dari Duct Tape Marketing. (Popup ini adalah plugin yang terkenal dari SumoMe)

Screen-Shot-2014-06-05-at-6.58.23-AM-730x481

Ada metode top-bar yang menarik perhatian orang yang muncul di bagian atas dari setiap halaman. Ini adalah contoh dari Kaiser the Sage, menggunakan plugin popup dari Many Contacts.

kaiser-sage

Ada metode email-on-scroll, yang mana form pendaftaran email muncul ketika anda scrolling ke bawah pada suatu halaman. Ini adalah demo bagaimana bentuk popup "slideup" itu.

getdrip

3.Masukkan banyak tombol CTA untuk memberikan kesempatan agar orang mau mendaftar

Ada banyak form pendaftaran email, seperti popover, form pendaftaran di bagian atas postingan blog, dan juga ada di bawah. Pada dasarnya, desain bisa mempengaruhi orang dalam melihat suatu situs dan ini bisa meningkatkan potensi berlangganan dengan cara menampilkan form pendaftaran email yang berbeda-beda di keseluruhan situs anda.

Berikut ini adalah contoh dari blog Buffer dimana mereka menaruh beberapa tombol CTA . Dalam blog ini, mereka terus menghantam visitor dengan form pendaftaran email agar mereka terpacu untuk mendaftar. Jika anda scrolling ke bawah situs ini, anda akan melihat bahwa ada banyak tombol CTA yang berbeda yang meminta anda untuk segera mengisinya dengan alamat email anda.

buffer-blog

Mungkin anda pikir ini adalah hal yang berlebihan, tapi coba tanya ke audience anda dulu untuk memastikan apakah anda berlebihan atau tidak. Semua bergantung dari anda sendiri.

Ini adalah daftar beberapa posisi untuk menaruh form pendaftaran email di blog anda.

  • Di menu bagian atas
  • Di bagian header situs anda
  • Sidebar
  • Dalam konten blog
  • Di bagian footer
  • Popup/popover
  • Di bio anda

4. Punya sesuatu yang berharga? Berikan saja!

Calon subscriber anda – walaupun jika mereka berbeda dalam hal demografis, industri, dan target audience – mereka masih manusia. Mereka suka sesuatu yang gratis.

Menyisipkan sesuatu yang berharga pada form pendaftaran email anda adalah cara yang menarik untuk meminta orang mendaftar. Pada dasarnya, anda memberikan sesuatu secara cuma-cuma untuk mendapatkan alamat email. Lalu, apa saja sesuatu yang berharga itu?

  • Ebook
  • Cheat sheet
  • Email series
  • Video
  • Konten blog yang private
  • Early access pada fitur terbaru

Hubspot adalah salah satu pemimpin dalam industri ini. Dalam artikel tentang meningkatkan daftar email, Ginny Soskey membagikan dua cara pandang Hubspot dalam memberikan sesuatu yang berharga ke calon subscriber:

Kami menyarankan dengan memulai dari dua jenis penawaran gratis. Konten edukasi seperti ebook, dan menawarkan orang untuk memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan demo atau konsultasi gratis dengan tim sales anda. Dengan menawarkan dua jenis tawaran ini di website anda, anda bisa menangkap lead yang potensial dan mengkonversikan mereka menjadi customer anda.

5. Manfaatkan link subscription

Tidak sedikit orang yang mendaftar email di tempat lain, artinya bukan di situs sumber email tersebut. Bergantung dari software email anda, anda bisa membuat landing page yang bisa diarahkan untuk mendapatkan subscriber. Anda bisa mendapatkan link itu dan men-share –nya dalam jumlah yang besar seperti di sosial media.

Beginilah cara melakukannya dengan MailChimp:

Pergi ke Lists, lalu pilih list yang anda inginkan, klik Signup Forms, klik General Forms, dan link pendaftaran akan muncul.

signup-form-730x320

Setelah anda mendapatkan link ini, gunakan link ini seperti apa yang dilakukan oleh Ryan Hoover dimana ia menawarkan orang untuk mendaftarkan email mereka dalam perbincangan di Twitter.

twitter-email-card

Hasilnya: 60 sampai 80 persen orang akan berkonversi.

6. Manfaatkan social proof

Akankah anda lebih tertarik untuk bergabung dalam langganan  email jika anda tahu bahwa ada 8.000 orang lebih yang telah mendaftar?

Ini dinamakan social proof. Itulah kenapa anda pasti sering melihat di banyak situs jumlah daftar email yang mereka miliki atau jumlah email yang telah bergabung dalam situs tersebut.

Convince and Convert

convince-convert

Farnam Street

farnam-street

OK Dork

OK-dork

Studi kasus: Bagaimana situs-situs terbaik mendapatkan email visitor

Sekarang anda sudah tahu berbagai macam cara meningkatkan jumlah email, nah berikut ini adalah beberapa situs yang cerdas menerapkan CTA atau form pendaftaran email di situs mereka.

James Clear – 70.000 subscriber

JAMES-clear-730x261

Gambar di atas adalah artikel dari situs James Clear. Sebelum anda membaca artikelnya, anda telah disuguhkan dengan tiga tombol CTA untuk mendaftar ke newsletter-nya. Sudah jelas bukan? Email adalah prioritas bagi James Clear.

  • Di homepage-nya ada CTA untuk ikut berlangganan email
  • Di halaman blog-nya juga ada CTA
  • Dan di bagian footer pun ada CTA

Tapi satu hal yang mungkin anda tidak sadari ketika berkunjung ke website ini adalah tombol social sharing. Ia membuang tombol ini. Jadi untuk berbagi artikel ini, cara yang memungkinkan harus dengan email.

Help Scout – 60.000 subscribers

help-scout-730x468

Help Scout adalah salah satu situs terbaik dalam menempatkan form pendaftaran email di homepage dari blog mereka. Gambar di  atas adalah landing page mereka. Ketika anda browsing ke bagian blog, form pendaftaran email pindah ke sidebar.

Di halaman utama juga ada ebook gratis yang berbasis web. Jadi anda bisa melihat keseluruhan ebook hanya dengan satu klik. Dan di penghujung ebook ada form pendaftaran email.

Andrew Chen

andrew-chen-730x670

Andrew Chen adalah salah satu expert dalam menerapkan homepage sebagai form untuk mendaftarkan email. Homepage-nya ini mempunyai trik kecil. Ketika anda pertama kali datang ke situs ini, form pendaftaran email akan di­-highlight secara otomatis, jadi anda bisa langsung mengetik alamat email anda tanpa mengkliknya terlebih dahulu.

Anda pasti merasakan sedikit perbedaan pada pendekatan social proof­-nya. Ia tidak hanya menampilkan jumlah orang yang telah berlangganan email, tapi juga menampilkan rekomendasi dari majalah Wired, New York Times, Fortune, dan 500 startup beserta testimonial.

Michael Hyatt – 115.000 subscriber

Salah satu rahasia sukses Michael Hyatt dalam membantun daftar email yang besar adalah dengan memberikan ebook gratis. Tombol CTA untuk men-download ebook gratis adalah cara yang luar biasa cerdas.

hyatt-730x322

Anda bisa melihat bahwa ia menjelaskan manfaat yang didapat jika anda ingin mendapatkan ebook tersebut. Ini merupakan CTA yang bagus dan sangat menarik.

Social Media Examiner – 250.000

sme-giveaway-730x466

Sama seperti Hubspot, Social Media Examiner sangat ahli dalam memberikan ebook gratis. Homepage mereka berisikan form pendafataran email yang besar. Dan ada lagi, ketika anda scrolling ke bawah pada suatu postingan blog, anda akan melihat CTA lagi di bagian bawah, lalu popup akan muncul yang kembali menawarkan anda agar bergabung dalam email mereka.

So, metode email yang mana yang akan anda gunakan?

Apa yang anda manfaatkan untuk menarik orang agar mereka mau berlangganan email dengan anda?

Sumber: blog.buffer.com

Baca Juga:

Cara meningkatkan Daftar Email Anda Hingga 5 Digit dan Bahkan Lebih

15 Cara untuk Membangun dan Meng-engage Email List Anda

5 Kasus Growth Hack Yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress | rfid blocking wallet sleeves


sumber : Panduan Dari Para Expert Tentang Bagaimana Meningkatkan Daftar Email Pada Bisnis Anda

Baca selengkapnya di --> Panduan Dari Para Expert Tentang Bagaimana Meningkatkan Daftar Email Pada Bisnis Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment