Wednesday 15 January 2014

Apakah Anda pernah melihat di dalam sebuah blog terdapat bagian yang berisi related post? Apa yang ada di dalamnya? Untuk apa sebenarnya sebuah blog diberi related post? Hal ini adalah salah satu cara untuk mengurangi apa yang dinamakan bounce rate. Bila sebuah blog memiliki bounce rate yang tinggi, itu artinya pengunjung yang datang hanya membuka satu artikel lalu meninggalkan blog tersebut. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi pada blog Anda bukan? Maka dari itu, salah satu solusinya yaitu dengan memasang sebuah related post yang berisi link artikel – artikel Anda lainnya. Dengan begitu, ketika pengunjung membaca salah satu artikel Anda, maka mereka akan melihat jika ada artikel – artikel lainnya dalam bagian related post. Dan itu akan membuat pengunjung menjadi tertarik untuk membaca artikel Anda lainnya. Nah, untuk Anda yang menggunakan WordPress untuk media blog. Berikut ini 6 plugin related post yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda:

1. NRelate Related Post

Plugin nRelate adalah salah satu plugin related post di WordPress. NRelate akan menampilkan semua postingan yang terkait dengan artikel Anda. Ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap blog Anda, karena pengunjung bukan hanya akan membaca satu artikel Anda, namun juga artikel terkait lainnya.

Instalasi plugin ini sangat sederhana, dan ini merupakan kelebihan yang dimiliki NRelate. Anda tidak perlu mendaftar di situs nRelate. Anda¬ bisa mengatur tampilan related post dengan mudah sesuai dengan keinginan. Setelah diaktifkan, server NRelate akan segera menganalisa konten website Anda dan menghubungkannya dengan artikel serupa. Namun ada juga kekurangan dari plugin ini, yaitu membutuhkan waktu yang lama untuk memproses semua postingan sebelum bisa menampilkan related post di dalam halaman postingan. Karena pengaturan default plugin NRelate tidak SEO friendly.

2. MikroKid Related Post

Bagi Anda yang memiliki kontrol penuh untuk mengatur tampilan blog Anda, maka ini adalah pilihan yang tepat. Karena disini Anda bisa mengatur related post yang ada dihalaman konten secara manual. Anda bisa menambahkan related post yang benar – benar sesuai dengan setiap konten yang Anda butuhkan. Disini artikel Anda juga bisa melakukan sebuah hubungan timbal balik dalam linknya. Bagaimana bisa? Ketika Anda membuat sebuah link dari artikel A ke artikel B, maka secara otomatis artikel B akan membuat link ke artikel A.

3. Yet Another Related Post Plugin (YARP)

Sampai saat ini pengguna WordPress masih menggandrungi penggunaan plugin ini. YARP menggunakan algoritma yang built-in untuk menembukan artikel terkait di dalam blog Anda. Anda bisa membuat related post dalam bentuk text atau gambar thumbnail, karena plugin ini memiliki sistem template yang cukup besar. Namun Anda perlu mengontrol cache, status throttle dan lain sebagainya, hal ini dikarenakan plugin ini memakan resource yang sangat besar.

4. Contextual Related Post

Sama seperti plugin YARP, plugin ini akan menampilkan related post di halaman artikel atau postingan Anda. Plugin ini bisa meningkatkan relevansi antara konten Anda dengan related post yang ditampilkan. Plugin ini juga bisa menampilkan related post dalam bentuk text dan gambar thumbnail. Plugin ini bekerja luar biasa ketika menampilkan related posts dalam bentuk text karena benar-benar menampilkan link halaman lain yang memang sangat terkait dengan konten Anda. Jika Anda memiliih related post dalam bentuk gambar, plugin ini bisa menampilkan gambar yang ada pada halaman terkait atau bisa disetting menggunakan gambar default. Dan sama halnya dengan plugin YARP, plugin ini akan memakan resource yang sangat besar. Sehingga akan sangat lambat bila traffic blog Anda sangat tinggi.

5. Plugin Outbrain

Plugin Outbrain merupakan plugin yang terbilang mudah dalam menjalankan fungsinya. Disini Anda bisa memilih postingan terkait untuk konten Anda secara manual. Anda dapat memilih postingan yang cocok dengan kriteria Anda. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mendaftar dan melakukan konfigurasi Outbrain agar menampilkan artikel terkait hanya dari situs Anda. Outbrain menampilkan related posts jauh lebih cepat dibandingkan plugin lainnya. Melalui dashboard Outbrain, Anda juga bisa melihat postingan yang sering diklik sehingga Anda tahu postingan mana yang memiliki performa yang baik di dalam blog Anda.

6. WP-Thumbie

Plugin related post yang satu ini akan menampilkan daftar postingan terkait yang berupa text dan gambar secara thumbnail. Pada related post yang satu ini, pengunjung blog Anda akan menjumpai sebuah gambar, judul dan beberapa kalimat pembuka pada artikel Anda. Anda bisa menggunakan plugin ini tanpa harus memodifikasi postingan yang ada. Karena WP-Thumbie akan secara otomatis mengekstrak gambar pertama dari postingan Anda dan langsung mengubah ukuran gambar pada postingan Anda. Anda dapat mengatur jumlah postingan yang akan ditampilkan dalam related post Anda.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> 6 Plugin Related Post untuk WordPress Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment