Thursday 30 January 2014

Eko Sugiono (39) merupakan salah satu enterpreneur asal kota Pahlawan, Surabaya yang sukses membangun dan memiliki banyak bisnis. Memiliki banyak pengalaman dalam berdagang, kini Bapak Eko membuka sebuah pelatihan untuk para enterpreneur yang ingin go online. Mulai dari seorang agen koran, hingga jasa pengiriman mobil sudah pernah menjadi sebuah profesi bagi Bapak Eko ini. Berikut ini adalah wawancara tim Mebiso dengan Bapak Eko Sugiono:

Halo Pak Eko, apa latar belakang pendidikan Anda?

Jika bicara soal latar belakang pendidikan, saya adalah mantan mahasiswa di ITATS (Institut Teknologi Aditama Surabaya).

Bisa diceritakan Pak, bagaimana Anda bisa terjun ke dunia enterpreneur ini?

Keluarga saya berlatar bekalang pedagang, sejak kecil saya sudah belajar berdagang. Mulai jadi agen koran, buka kios rokok, bikin kue lalu dititipkan di kios – kios, jual bakso, sampai saya coba memasarkan barang – barang di bis kota. Itu saya lalukan sampai lulus SMA.

Wah ternyata pengalaman Bapak berdagang sudah cukup banyak ya. Lalu bagaimana ceritanya hingga Bapak sampai pada bisnis yang saat ini ada?

Setelah Lulus SMA saya coba buka usaha pengetikan komputer di daerah ketintang dekat Kampus IKIP SURABAYA (Sekarang UNESA), kemudian berkembang ke jual beli komputersecond, HP Second dan Service Komputer sekalian. Dalam waktu dua tahun Alhamdulillah berkembang menjadi 4 cabang, 3 di ketintang dan 1 di Lidah wetan. Di tahus Ke 5 karena suatu hal bisnis saya dengan sangat terpaksa harus di tutup, dan vakum beberapa bulan.

Kemudian saya mencoba membuka usaha baru di bidang jasa terapi kesehatan, didaerah Ketintang dan bekerja sama dengan beberapa koperasi pegawai negeri untuk buka stan di kios koperasi untuk melayani anggota dari koperasi tersebut. Dan Alhamdulillah setelah berjalan 3 tahun harus di tutup juga. Waktu terus berjalan dan banyak usaha baru yang saya buka dan ada beberapa pula yang harus ditutup.

Menurut Pak Eko sendiri, apa yang harus dimiliki oleh seorang enterprenuer untuk mampu hidup di masa yang penuh persaingan ini?

Yang perlu di lakukan untuk menjadi seorang enterpreneur menurut saya adalah punya keyakinan yang kuat bahwa jalan yang kita tempuh adalah benar dan apapun yang  terjadi harus tetap fokus pada tujuan yang akan dicapai. Itu yang membuat saya Terus belajar dan bergabung di beberapa komunitas pengusaha untuk meningkatkan kemampuan dan melejitkan usaha agar semakin cepat.

Pak Eko dikenal memiliki banyak bisnis dibidang online. Apa saja itu dan bisa diceritakan mengenai bisnis tersebut?

Diawali dengan jasa pembuatan website, kemudian berkembang terus di bisnis toko online dengan menjual berbagai macam produk dan jasa. Antara lain tas seminar, mesin  digital printing, karangan bunga papan, alat pemancung hidung, suplemen, jasa pengiriman mobil dan masih ada lagi beberapa produk lain. Hingga akhirnya pada Tahun 2010, Saya putuskan untuk menambah unit usaha di bidang pelatihan, mulai pelatihan membuat website berbasis CMS, hingga pelatikemahan toko online dengan membuka lembaga SPO (sekolah pengusaha online) dengan target market para pengusaha yang ingin ekspansi usahanya lewat online maka kami siap mendampingi hingga produknya bisa dijual lewat internet.

Dan Alhamdulillah sampai sekarang terus berkembang, dan membuka satu lembaga lagi ABOI (akademi bisnis online indonesia) dengan sekmentasi para pelajar atau mahasiswa

yang mau membuka usaha atau memulai usaha maka kami arahkan ke bisnis online.

Sebuah lembaga pelatihan? Wah, hebat sekali pak, lalu apa saja yang bisa membuat lembaga pelatihan yang Anda miliki bisa berkembang?

Dalam bisinis pelatihan ini yang membuat saya yakin bisa berkembang terus adalah dalam segi support, baik sebelum ataupun sesudah pelatihan. Kami berkomitmen membimbing
para peserta yang ikut dalam pelatihan kami sampai bisa dan itu tidak terbatas waktu. Itulah yang membuat kami berbeda dengan lembaga sejenis dengan kami.

Prestasi apa yang sudah bapak dan bisnis bapak ini torehkan?

Prestasi terbaik yang kami peroleh selama menjalankan bisnis ini adalah hampir 80 % peserta yang mengikuti pelahitan kami merasakan manfaat yang positif, sisanya tidak memperoleh hal sama dikarena tidak menjalankan step2 yang sudah kami sampaikan. Data tersebut kami peroleh dari setiap gathering alumni kami.

Lalu pengalaman berkesan yang seperti apa yang pernah bapak alami selama menjalani bisnis ini?

Pengalaman paling berkesan yang bisa saya rasakan adalah dimana ketika ternyata dengan ilmu yang saya sharingkan ini bisa membuat hal berbeda dari kehidupan seseorang, yang pada suatu hari secara pribadi bertanya pada saya apakah bisnis online ini bisa mencukupi keluarga saya? maka saya jawab dengan tegas bisa, dan saya yakinkan bahwa hal ini tdk mustahil untuk dilakukan. Dan Alhamdulillah sekarang beliaunya banyak membuka toko online dan mendapatkan hasil yang cukup dan keluar dari tempat beliau bekerja dan sekarang menekuni bisnis online.

Menurut Pak Eko sendiri, bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya? Dan bagaimana Anda menilai tantangan dalam bisnis Anda ini?

Bisnis yang saya kembangkan saat ini secara market masih sangat terbuka luas. Perkembangannya, kedepan semua orang akan go online, maka dengan tekad dan keyakinan yang tinggi kami akan terus mengembangkan bisnis ini. Untuk menghadipi tantangan2 dan kendala dilapangan maka kami akan terus meningkatkan kemampuan kami hinga mampu berkompetisi dengan lembaga – lembaga sejenis, dan akan menerapkan strategi – strategi baru yang tentunya sesuai dengan karakter pasar saat ini. Tidak lupa kami akan menjalin kerjasama dengan lembaga lain atau perusahaan lain yang saling berkaitan sehingga bisa mempercepat laju bisnis kami misalnya dengan jagoanstore dan jagoan hosting.

Siapa yang menjadi tokoh yang paling memotivasi diri Anda dalam mengembangkan usaha Anda ini?

Apa yang saya jalani saat ini tidak lepas dari orang – orang sekeling saya yang sangat mendukung dalam semua hal yang saya lakukan. Kedua orang tua saya yang selalu menyayangi dan berdoa untuk saya, anak dan istri saya yang selalu menghibur dan mendampingi saya, sahabat – sahabat saya, guru – guru saya antara lain Bpk. tung Desem waringin, Bpk.Ongky Hojanto, Bpk. Agus Piranha Mas, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Mereka semua yang berada dibalik diri saya saat ini.

Yang terakhir nih Pak, saran apa yang dapat Anda bagikan kepada sesama enterpreneur dengan pembaca diluar sana?

Dalam Dunia enterpreneur yang kita butuhkan sebuah keyakinan, fokus, dan konsisten. Yakinlah bahwa setiap moment yang kita jalani menghasilkan sebuah keajaiban.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Dari seorang Agen Koran, Eko Sugiono Sukses Mendirikan Pelatihan Enterpreneur Online



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment