Wednesday 15 January 2014

Simbang.co.id merupakan salah satu toko online yang menjual alat – alat dan keperluan untuk kantor. Tahun 2008, Bapak Zulfikar (28) mencoba untuk merintis usaha ini. Dan tim dari mediabisnisonlinepun berhasil mewawancarai Beliau. Berikut ini adalah hasil dari wawancara kami bersama Bapak Zulfikar:

Hallo Bapak Zulfikar, untuk memulai wawancara ini bisa diceritakan mengenai latar belakang pendidikan Bapak?

Untuk latar belakang pendidikan terkahir saya adalah lulusan SMA mba.

Lalu sejak kapan Bapak Zulfikar berfikir untuk menjadi seorang enterpreneur?

Saya kepikiran untuk menjadi enterpreneur sejak Tahun 2008.

Bisa diceritakan sedikit mengenai bisnis Anda? Jenis produk yang ditawarkan, ide awal pendiriannya dan bagaimana Anda memulainya?

Saat ini kami bergerak sebagai supplier komputer, ATK dan PT. Dari awal saya adalah seorang pedagang jual beli toner bekas. Setelah menjalani pekerjaan tersebut selama 2 tahun, saya melihat transaksi salah satu supplier dan saya berfikir, kenapa saya tidak mencoba menjadi seperti dia saja. Hingga pada akhirnya pada Tahun 2008, saya dengan modal yang minim hasil dari tabungan saya selama 2 tahun, yang jumlahnya pada saat itu hanya Rp 3.500.000,-. Saya membuat sebuah CV dan berkat bantuan teman dan keluarga, akhirnya sekarang CV tersebut berubah menjadi sebuah PT.

Lalu selama menjalani bisnis sebagai supplier, pengorbanan terbesar apa yang sudah Anda berikan untuk bisnis Anda ini?

Untuk pengorbanan terbesar, saya kira waktu, pikiran dan keluarga menjadi hal yang paling banyak dikorbankan dalam menjalani bisnis ini.

Untuk bisnis ini, sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lainnya yang memiliki konsep yang serupa?

Disini kami mencoba memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lain yaitu, dari segi pelayanan yang sangat maksimal dan produk yang dijamin keasliannya. Jadi pelanggan tidak perlu khawatir akan produk yang dibeli di tempat kami.

Selama kurang lebih 6 tahun menjadi seorang enterpreneur, lalu prestasi terbaik apa yang pernah diraih oleh bisnis Anda? dan pengalaman paling berkesan apa yang Anda dapatkan selama menjalankan bisnis?

Saat ini kami sudah mampu mendapatkan kerjasama dengan sebuah instansi pemerintahan. Dan kami sudah mendapatkan banyak kepercayaan dari pelanggan tetap kami. Itu adalah suatu hal yang sangat berharga bagi kami.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Kami melihat, jika kebutuhan sebuah kantor sama dengan kebutuhan akan bahan pokok bagi setiap orang. Yang harus selalu dipenuhi. Dan itu akan terjadi secara terus menerus tanpa henti.

Untuk kendala yang sering dialami selama menjalankan bisnis ini seperti apa menurut Bapak Zulfikar?

Kendala yang sering saya alami dalam menjalankan bisnis ini salah satunya yaitu produk indent, yaitu Pesanan untuk barang sering ditempatkan melalui agen lokal atau asing dari pemasok asing di bawah kondisi tertentu penjualan, penerimaan yang oleh pemasok atau agen merupakan kontrak penjualan.

Lalu untuk kedepannya Bapak Zulfikar memiliki rencana yang seperti apa untuk bisnis Anda ini?

Untuk kedepannya saya berencana untuk mencari investor lebih banyak lagi. Ini untuk mendukung proses bisnis saya.

Menurut Bapak Zulfikar, siapa tokoh yang bisa menjadi motivasi bagi Bapak dalam menjalankan bisnis ini?

Bagi saya, sampai saat ini tokoh yang membuat saya termotivasi adalah pemilik atau CEO dari Sinar Mas, yaitu Bapak Eka Tjipta Widjaja.

Untuk yang terakhir ini Pak, saran terbaik apa yang bisa Anda berikan seputar dunia enterpreneur ini?

Untuk saran, saya hanya bisa memberikan sebuah saran yaitu dimana ada keinginan, disitu ada sebuah peluang. Dan yakinlah suatu saat pasti akan terjadi pada diri Anda.

Wah, benar sekali itu Pak. Terima kasih untuk kesempatan berbagi cerita bersama kami. Semoga Simbacang.co.id selalu dan terus sukses. ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Kisah Bapak Zulfikar, Owner Toko Online Peralatan Kantor Simbacang.co.id



Share Artikel ini! »»

3 comments: