Friday 24 January 2014

Fendy (24) adalah owner dari sebuah toko online jam tangan yaitu Agenjamtangan.com. Diusianya yang masih muda, beliau sudah berani memilih untuk menjadi seorang enterpreneur. Persaingan yang sangat ketat dipasaranpun tidak mengurungkan niatnya untuk terus mengembangkan usaha ini dan tentunya memberikan yang terbaik untuk customer setianya. Mediabisnisonline.com sudah berhasil mewawancarai beliau. Dan berikut ini adalah ulasannya:

Halo Mas Fendy, apa latar belakang pendidikan Mas Fendy?

Kebetulan saya sendiri lulusan Sistem Informasi, di Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Bisa diceritakan tentang awal mula Mas Fendy masuk ke dunia enterpreneur?

Awal mula saya masuk ke dunia enterpreneur yaitu sekitar Tahun 2011. Saya yang awalnya hobi mengoleksi jam tangan, hingga akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha yang tidak jauh dari hobi saya.

Lalu bisnis Mas Fendy ini menawarkan produk apa saja? Dan ide pendiriannya sendiri dari mana?

Saya menjual jam tangan original, seperti Alenxandre Christie dan Expedition dari awal Tahun 2011. Ide pendiriannya sendiri berawal dari hobi saya yang suka mengoleksi jam tangan, sehingga saya berfikir kenapa saya tidak berjualan jam tangan saja?

Setelah itu, pada mula berjualan saya hanya memberikan stock jam tangan beberapa model saja. Karena untuk jam tangan original harganya lumayan mahal.

Selama menjadi seorang enterpreneur, pengorbanan terbesar apa yang sudah pernah Mas Fendy lakukan untuk usaha ini?

Menurut saya pengorbanan terbesar ada pada saat awal mula berjualan online. Sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan, karena sulitnya mendapatkan kepercayaan pelanggan pada saat awal berjualan online. Tetapi saya terus berjuang dan mempromosikan website saya melalui sosial media. Dan hingga pada akhirnya saya mendapatkan respon yang baik dan pelanggan baru tiap harinya. Mungkin bisa dibilang pengorbanan yang terbesar adalah sebuah kesabaran.

Setelah mengalami banyak lila – liku di bidang ini, prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda?

Jika ditanya prestasi, salah satu prestasi terbaik yang saya raih adalah bertambahnya omset penjualan setiap bulannya. Dan sampai saat ini agenjamtangan.com mendapatkan respon yang baik dari customer, karena pelayanan kita ke customer yang selalu memuaskan.

Pengalaman apa yang paling berkesan menurut Anda selama menjalani bisnis ini?

Pengalaman paling berkesan selama menjalankan bisnis adalah banyak mendapatkan customer dengan berbagai ragam sifat yang berbeda. Melayani keinginan pelanggan yang berbeda – beda sudah menjadi pengalaman paling berkesan bagi saya.

Lalu menurut Mas Fendy, tantangan dan kendala apa yang pernah atau sedang Anda hadapi saat ini? Dan bagaimana Anda mengatasinya?

Saya melihat penjual jam tangan saat ini sudah sangat banyak di pasaran. Sehingga yang menjadi kendala yaitu pelanggan yang sudah mulai berkurang, karena mereka beralih ke penjual lain dengan harga yang lebih murah. Dan untuk mengatasinya, saya memikirkan dua hal yang paling penting, yaitu dari segi harga dan dari segi pelayanan terhadap customer yang ramah dan respon yang cepat.

Untuk Agenjamtangan.com kedepannya sudah ada rencana yang seperti apa untuk mengembangkan usahanya?

Rencana kedepan saya untuk mengambangkan usaha ini adalah dengan membuka toko fisik atau toko offline. Sehingga customer yang berbelanja online tidak ragu – ragu dalam berbelanja dan bertransaksi dengan kami.

Menurut Mas Fendy, siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda untuk menjalankan usaha ini?

Tokoh yang menjadi motivasi saya adalah ayah saya sendiri. Beliau bukanlah seorang yang berpendidikan tinggi. Beliau hanya tamatan SD, namun beliau mampu menjadi seorang pedagang yang mulai merintis karirnya dari 0 dengan penuh kesabaran. Sehingga sayapun menjadi termotivasi untuk selalu berusaha dan selalu bersabar dalam menjalani bisnis ini.

Wah hebat sekali mas, lalu saran terbaik apa nih yang bisa Mas Fendy berikan untuk para pembaca dan enterpreneur diluar sana?

Saran saya adalah jadilah seorang yang memiliki komitment didalam hidup dengan penuh kesabaran dan ketekunan.  Dan juga jangan lupa selalu memberikan pelayanan yang ramah terhadap customer, karena hal tersebut merupakan salah satu kunci dalam bisnis online.

Terima kasih Mas Fendy sudah mau berbagi cerita mengenai perjalanan bisnisnya bersama kami. Semoga Agenjamtangan.com bisa terus dan selalu sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Agenjamtangan.com: Berkomitmen dengan Penuh Kesabaran dan Ketekunan



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment