Saturday 18 January 2014

Pasrfumasli.com merupakan salah satu bisnis online yang menjual berbagai macam produk parfum. Bapak Kikie Suwito (33), mendirikan sebuah toko online yakni Parfumasli.com pada tahun 2005. Dan hingga kini Parfumasli.com sudah memiliki banyak pelanggan. Nah, berikut ini hasil wawancara tim mebiso dengan owner dari Parfumasli.com:

Hai Bapak Kikie, Bisa diceritakan mengenai latar belakang pendidikan Anda?

Saya merupakan seorang sarjana Ekonomi mbak.

Lalu sejak kapan Bapak Kikie menjadi seorang enterpreneur? Bisa diceritakan awal mula Anda mendirikan bisnis ini?

Awal bisnis saya bermula saat saya kerja di PT. Multi Wangi Alami pada Tahun 2005. Perusahaan ini bergerak di bidang parfum dan kosmetik. Saya bekerja sebagai sales representative segmen perfumery (toko parfum). Kemudian pada Tahun 2008, saya di mendapat tawaran untuk membuat sebuah website, saya langsung mau karena memang cita – cita saya ingin membuka sebuah toko. Dan puji Tuhan tiap tahun omzet dari website naik terus.

Bisa diceritakan sedikit mengenai bisnis Bapak saat ini? Produk apa yang Bapak tawarkan?

Produk yang saya tawarkan adalah berbagai macam parfum. Saat ini saya sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan – perusahaan parfum yang ada di Indonesia.

Lalu sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain dengan konsep yang serupa?

Di Parfumasli.com, saya melayanin service COD, karena peminat COD cukup banyak. Saat ini produk yang saya jual sudah banyak tiruannya. Jadi dengan ada sistem COD customer lebih yakin. COD sendiri sampai saat ini masih kami layani khusus untuk daerah Jakarta, dengan biaya yang sangat terjangkau.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya (jika perlu)? 

Untuk market di bisnis parfum cukup besar, karena jaman sekarang untuk menunjang suatu penampilan agar lebih percaya diri, adalah dengan menggunakan parfum. Jadi bisa dibilang kebutuhan akan parfum merupakan suatu keharusan.

Lalu tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan bisnis saya adalah banyaknya pemain baru yang bermunculan dan beberapa pedagang parfum refill dan KW(palsu). Untuk pelayanan dan packing harus lebih di perhatikan, sehingga customer tetap percaya pada kami.

Untuk Bapak Kikie, rencana ke depan apa yang akan Bapak lakukan untuk mengembangkan bisnis?

Kedepannya saya sedang merencanakan untuk membuka toko fisik atau toko offline, untuk menunjang bisnis online saya. Semoga tahun ini saya mendapatkan sebuah tempat yang bagus untuk toko offline saya.

Siapa tokoh yang jadi motivasi Anda dan  apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai seorang enterpreneur?
Tokoh yang jadi motivasi saya adalah owner PT. Multi Wangi, karena beliau adalah orang yang biasa – biasa aja atau sederhana, pendidikan pun biasa. Tapi dia bisa membangun bisnisnya dengan sangat baik.

Untuk yang terkahir nih Bapak Kikie, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?
Saran saya buat enterprenuer baru adalah tetap fokus pada bidang yang ingin kamu jalanin, tekun, dan terakhir promosi.

Wah terima kasih untuk wawancara singkatnya Pak Kikie. Semoga Parfumasli.com semakin dan selalu sukses :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Parfumasli.com, Produk Minyak Wangi Lokal dengan Kualitas Internasional



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment