Sunday 12 January 2014

Maharku.com merupakan salah satu toko online di Indonesia yang meneyediakan keperluan pernikahan, khususnya untuk mahar. Ibu Duhita Swastihayu (32), mendirikan maharku.com sejak sekitar 4 tahun yang lalu. Berikut ini adalah kisah perjalanan maharku.com yang sudah berhasil di liput oleh tim mebiso :

Hallo Ibu Duhita, bisa diceritakan tentang latar belakang pendidikan Ibu?

Saya adalah lulusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

Lalu Ibu Duhita sendiri, sudah sejak kapan memulai untuk terjun ke dunia wirausaha seperti ini?

Saya sudah masuk ke dunia enterpreneur sejak tahun 2008.

Untuk produk yang Ibu tawarkan, bisa diceritakan tentang bisnis Anda saat ini? Produk apa saja yang ditawarkan?

Jenis produk yang ditawarkan adalah jasa menghias mahar uang untuk pernikahan. Idenya berawal ketika saya hamil anak pertama, saya memilih untuk bekerja dari rumah sambil mengasuh (calon) bayi saya, karena saya tinggal jauh dari orang tua dan sanak saudara. Ide pendirian www.maharku.com berasal dari kekecewaan saya saat dulu memesan hias mahar. Hasilnya jauh dari harapan. Saat itu saya sungguh kecewa dan berpikir "Kalau cuma seperti ini, saya juga bisa buat sendiri". Sayangnya waktu itu saya masih bekerja di Badan Dunia PBB (UNESCO Office), dengan load pekerjaan yang tidak memungkinkan saya untuk membuat sendiri mahar saya. Tahun 2008, saat usia kehamilan saya sudah tua, saya memutuskan untuk rehat bekerja dan memulai bisnis online dari rumah.

Kesulitan apa yang Ibu Duhita Alamai selama menjalani bisnis ini?

Kesulitan yang saya alami, mungkin karena saat ini saya mengurus bisnis sambil mengasuh 2 orang anak. Hal itu membuat saya kesulitan membagi waktu antara mengerjakan usaha ini dengan mengasuh kedua anak saya.

Lalu, sentuhan apa yang ada di dalam bisnis Ibu Duhita, yang membuat berbeda dengan bisnis lainnya dengan konsep yang serupa?

Sentuhan yang membuat bisnis ini berbeda dengan bisnis lain yang konsepnya sama yaitu, pelanggan bisa memesan mahar sesuai dengan keinginan mereka. Bahkan pelanggan bisa ikut memantau pengerjaan mahar mereka. Jadi, kami menjamin kepuasan pelanggan atas mahar yang dipesannya.

Prestasi apa saya yang pernah diraih bisnis Anda? dan pengalaman apa saja yang paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Untuk prestasi saya rasa belum pernah. Namun saya sudah beberapa kali masuk acara di televisi, yaitu Metro Tv, Trans 7, B Channel. Dan untuk pengalaman paling berkesan yaitu saya harus menyelesaikan mahar di waktu yang bersamaan dengan saya mengurus kedua anak saya. Saya pernah mengerjakan pesanan mahar sambil menemani anak yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Wah sangat berat juga ya bu, lalu rencana apa yang ingin dilakukan kedepannya untuk maharku.com?

Saya ingin melakukan kerjasama dengan sebuah wedding organizer agar lebih mudah dalam pemasarannya. Dan saya juga ingin mengikuti sebuah pameran wedding.

Menurut Ibu Duhita, siapa yang menjadi motivasi Anda dan Quote apa yang paling berkesan bagi Anda?

Menurut saya, motivasi saya berasal dari kedua anak saya. Dan menurut saya untuk quotenya sendiri, yaitu selalu melakukan yang terbaik.

Untuk yang terakhir, saran terbaik apa yang dapat anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Saya hanya bisa memberikan saran yaitu kita harus memberikan yang terbaik bagi customer kita. Itu kunci untuk menjaga bisnis kita agar tetap berjalan dengan baik.

Wah, terima kasih untuk Ibu Duhita yang sudah mau berbagi cerita bersama kami. Semoga maharku.com semakin dan selalu sukses :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara singkat bersama Ibu Duhita Swastihayu, Owner Maharku.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment