Friday 24 January 2014

Planetsuplemen.com merupakan sebuah toko online yang menjual suplemen kesehatan. Sebagai owner, Rudy Djonni (32) tidak membangun bisnis ini dengan mudah. Bermula sebagai seorang karyawan swasta hingga memilih berkarir sebagai seorang enterpreneur. Mediabisnisonline.com berkesempatan untuk mewawancarai pengusaha sukses yang satu ini. Berikut ini adalah hasil wawancara kami bersama beliau:

Halo Pak Rudy, bisa diceritakan tentang latar belakang pendidikan Bapak sendiri?

Saya merupakan sarjana Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Lalu bagaimana Bapak bisa masuk ke dunia enterpreneur yang jelas sangat bertolak belakang dengan latar belakang Bapak?

Awal masuk dunia enterpreneur, sebelumnya saya adalah seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan sekuritas (saham). Saya sudah bekerja selama 13 tahun tapi pendapatan hanya naik 5-10 % setiap tahunnya, sedangkan inflasi melebihi 10% setiap tahun. Tahun 2008 saya mengalami kebangkrutan, semua uang tabungan (kurang lebih hampir 400 juta) habis di pasar saham, karena kejatuhan pasar modal.

Alhasil saya berpikir keras, bagaimana untuk bisa survive sedangkan bila hanya mengandalkan gaji setiap bulannya tidak cukup, karena saya mempunyai istri dan seorang anak yang harus dibiayai. Oleh sebab itu, saya mencoba memasuki dunia asuransi sebagai agen, namun hanya berjalan satu tahun. Saya berfikir jika saya tidak mendapatkan soul di dunia asuransi. Lalu saya mendaftarkan diri ke sebuah club fitnes. Saya rutin menjalani fitnes dan saya mengkonsumsi suplemen fitnes. Lalu dalam pikiran saya muncul ide, kenapa saya harus membeli kalau saya bisa menjadi penjualnya? Kemudian saya mendekati orang yang menjual suplemen tersebut. Lalu saya bertanya ke beliau boleh tidak saya jadi resellernya? Jadi saya berpikir bagaimana bisa menjual tanpa modal. Kemudian beliau bilang boleh, Beliau memberi saya discount 30% dari pricelist, beliau hanya ambil point penjualan.

Saya kemudian menawarkan produk tersebut ke teman – teman fitnes saya, dengan memberikan mereka discount 20%. Saya mendapatkan keuntungan sebesar 10%. Saya juga sempat berjualan di forum Kaskus. Lalu saya berpikir, kalau cuma 1 merek suplemen sepertinya tidak variatif dan tidak ada nilai jual. Kemudian saya mencoba mencari suplemen fitnes merek lain. Saya terus mencari supplier – suplier suplemen lain. Singkat cerita saya bertemu dengan para supplier merek lain. Bahkan saya sempat beberapa kali ke Singapura untuk membeli suplemen fitnes di sana. Saya pergi pagi hari (beli tiket pesawat yang murah) dan pulang malam hari. Karena pada saat itu suplemen fitnes di Singapura lebih murah daripada di Jakarta, sekitar 30%. Saya hand carry kurang lebih 90 kg setiap kali pulang dari Singapura. Dengan perasaan khawatir bila saya ditangkap di bandara Soekarno Hatta, karena membawa suplemen fitnes terlalu banyak.

Wah sangat menarik ya Pak, awal mula ketika Bapak mulai terjun menjadi seorang enterpreneur ini. Lalu bisa diceritakan sedikit tentang usaha Bapak ini. Sejak kapan berdiri dan produk apa saja yang ditawarkan?

Saya membuka website planetsuplemen.com tahun 2009 sampai sekarang. Kami menawarkan suplemen, asesoris fitnes, terlengkap dan terupdate website kami se Indonesia. Dengan harga yang sangat kompetitif bahkan bisa dikatakan termurah jika dibandingkan dengan merk lain.

Dengan website, kami lebih dipercaya ketimbang berjualan di kaskus ataupun blog. Dan puji Tuhan customer kami sudah tersebar sampai ke seluruh Indonesia dan banyak dari customer kami berbelanja secara online. Mereka sangat percaya kepada website Planetsuplemen.

Menurut Bapak Rudy, pengorbanan terbesar apa yang pernah Bapak lakukan untuk menjalani bisnis ini?

Menurut saya pengorbanan terbesar saya terjadi pada Tahun 2011. Saya memutuskan resign dari kantor dan fokus berbisnis di website. Saya bersyukur penghasilan saya jauh lebih besar dari bekerja di kantor.

Lalu kesan apa yang paling indah bagi Bapak selama menekuni bisnis ini?

Pada awal mula berjualan suplemen, saya sendiri yang mengantarkan. Bahkan saya bersedia menempuh jarak 1 sampai 2 jam perjalanan hanya untuk untung 10 ribu rupiah. Ini demi mencari customer baru. Itu yang menjadi kesan paling indah selain harus handcary 90 kg suplemen fitnes dari Singapura.

Lalu sentuhan apa yang membuat bisnis ini berbeda dengan bisnis yang memiliki konsep serupa dengan Planetsuplemen.com?

Sentuhan yang membedakan produk saya dengan web lain berbeda adalah kami sangat update. Baik itu dari segi status barang available atau sold out atau new arrival. Maupun dari segi banner promo dan respon kami sangat cepat kepada customer. Dan kami selalu memberikan sesuatu bonus kepada customer kami, setiap kali mereka bertransaksi dan itu yang tidak di berikan oleh orang lain.

Lalu rencana kedepan apa yang ingin Pak Rudy lakukan untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana kedepan untuk mengembangkan bisnis yaitu dengan membuka store suplemen seperti GNC di Amerika. Dimana saat ini belum ada store seperti itu di Indonesia.

Menurut Pak Rudy Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Bapak sebagai enterpreneur itu yang seperti apa?

Quote yang paling berkesan menurut saya yaitu gantungkan impianmu setinggi langit. Bangun dan berusaha sebaik mungkin untuk meraih impianmu. Dan tidak lupa berdoa, karena Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan (inilah yang selalu memberikan kekuatan dan penghiburan saat saya jatuh, karena saya percaya Tuhan menyertai saya)

Wah benar sekali itu Pak, lalu saran terbaik apa yang bisa Bapak berikan untuk enterpreneur dan pembaca lainnya?

Sedikit saran yang bisa saya berikan kepada enerprenurship lain yaitu pastikan Anda memiliki soul dalam usaha Anda. Seakan – akan seperti Anda tidak bekerja, tapi Anda menikmati dan seperti "bermain". Maka saat anda jatuh bangun, Anda tidak akan kecewa dan putus asa, tapi Anda akan terus berjuang menghidupi bisnis Anda. Karena saya sangat menikmati apa yang saya kerjakan saat ini. Saya memiliki soul dan bahkan saya seperti tidak bekerja, karena saya benar – benar menikmati apa yang saya kerjakan saat ini.

Wah terima kasih Pak Rudy sudah mau berbagi cerita bersama kami. Semoga Planetsuplemen bisa selalu dan terus sukses ;-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Wawancara singkat bersama Rudy Djonni, owner Planetsuplemen.com



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment