Tuesday 14 January 2014

Penggunaan wordpress saat ini sudah menjadi pilihan dalam membuat sebuah website dengan mudah. Bukan hanya dirasa mudah dalam mengoperasikannya, namun juga memiliki banyak pilihan template yang disediakan secara gratis. Salah satun kemudahan yang ditawarkan yaitu penggunaan Content Management System (CMS). CMS merupakan alternatif yang menjadi daya tarik tersendiri karena kemudahannya, terlebih untuk sebuah toko online.

Namun, seringnya sebuah CMS terkena hack akan membuat Anda sangat kualahan. Dan tentu saja hal itu akan membuat bisnis Anda menjadi terganggu. Sangat penting bagi Anda untuk selalu memastikan keamanan themes dan plugin yang Anda gunakan, terlebih di wordpress.

Bagaimana mencegah yang sebaiknya dilakukan sejak dini?

1. Pastikan themes/plugin yang Anda gunakan tidak mengandung celah keamanan.

Themes atau plugin kerap sekali mengandung celah keamanan. Anda perlu sangat selektf dalam memilihnya. Anda bisa mengakses http://ift.tt/KOyZdk, itu akan membantu Anda dalam memilih themes dan plugin yang akan digunakan. Jangan pilih themes atau plugin yang telah dicantumkan dalam website tersebut.

2. Pastikan plugin yang Anda gunakan tidak yang membawa badware

Dalam beberapa kasus, domain Anda mengirimkan email spam. Bahkan bisa juga meredirect Anda ke dalam website tertentu yang berbahaya. Tentunya hal ini akan mengurangi trust pengunjung Anda. Sebelum Anda menggunakan plugin/themes/module tertentu, cari review lengkapnya dengan melihat komentar penggunanya di internet.

3. Gunakan framework pada themes Anda

Terbukti beberapa website yang menggunakan framework tersendiri pada themesnya lebih jarang terkena masalah. Memang biasanya penggunaan framework juga disertai biaya lisensi framework. Namun rasanya hal itu "worth it" bagi website penting Anda. Yang terpenting adalah website Anda dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami masalah.

4. Gunakan tools bantuan yang dapat memberi Anda laporan

Banyak sekali penyedia website yang menyediakan bantuan untuk pengecekan. Yang paling utama adalah Google Webmaster Tool yang wajib Anda miliki. Anda bisa memantau website Anda sekaligus melihat rating website Anda yang bisa Anda optimalisasikan untuk menambah SEO (Search Engine Optimation). Gunakan pula website pengecekan lain seperti, secure http://ift.tt/HaC85F.

5. Berkenalan secara akrab dengan website Anda

Ini hal penting yang biasanya diabaikan. Kemudahan yang Anda dapatkan dengan menggunakan CMS bukan berarti membuat Anda dapat berpangku tangan dan "tidak mau tahu" teknis website Anda. Selalu explore pengetahuan Anda. Misal update baru, nama-nama file website Anda. Hal ini penting, karena tidak jarang hacker memasukkan backdoor dengan file baru. Jadi Anda akan tahu file mana yang bukan file Anda. Hal ini akan lebih baik jika Anda juga memiliki skill programming meskipun hanya dasar.

Pencegahan akan lebih mudah daripada pengobatan. Jangan sampai kemudahan CMS akan menjadi kerepotan Anda dikemudian hari. Anda perlu tahu tentang apa saja yang harus dilakukan untuk melindungi website Anda dari segala ancaman hacker. Good Luck :-)



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate


sumber : Media Bisnis Online Indonesia

Baca selengkapnya di --> Pentingnya Memastikan Keamanan Themes dan Plugin Pada WordPress Anda



Share Artikel ini! »»

0 comments:

Post a Comment